Flashback, 15 Drama Korea yang Pernah Ditayangkan di TV Nasional

Jadi bisa bernostalgia, Ma.

22 Juni 2020

Flashback, 15 Drama Korea Pernah Ditayangkan TV Nasional
btscelebs.com

Drama The World of the Married menjadi viral di Indonesia dikarenakan alur ceritanya yang sangat relate dengan kehidupan rumah tangga di negeri ini.

Hal ini tentu membuat Trans TV mengambil kesempatan bagus untuk menayangkan drama ini di channel TV-nya.

Namun, sebelum drama The World of the Married ini, sudah banyak drama korea yang di tayangkan pada TV indonesia karena kepopulerannya di tanah air. Berikut adalah beberapa drama korea yang sebelumnya telah tayang di TV Indonesia menurut Popmama.com:

1. Jewel in the Palace atau Dae Janggeum

1. Jewel in the Palace atau Dae Janggeum
yesasia.com

Dae Janggeum adalah serial drama tahun 2003 yang diproduksi oleh saluran TV MBC Korea Selatan dan tayang di televisi Indonesia tahun 2005.

Drama Jewel in the Palace banyak menceritakan mengenai tokoh sejarah dalam Catatan Sejarah Dinasti Joseon, cerita ini juga berpusat pada Jang-geum yang merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea yang dibintangi Lee Young Ae.  

2. Winter sonata

2. Winter sonata
donga.com

Cerita di dalam drama ini berpusat pada Joon-sang (diperankan oleh aktor Bae Yong Joon), putra seorang musikus terkenal yang pindah ke Chuncheon, sebuah kota kecil di Korea Selatan.

Karena alur cerita yang menarik, drama ini pun memiliki minat penonton sangat tinggi yang membuatnya ditayangkan di televisi Indonesia sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 2002, 2012, dan 2016. 

3. Sassy Girl Chung Hyang

3. Sassy Girl Chung Hyang
dramabeans.com

Drama ini merupakan adaptasi modern dari kisah klasik-nyata seorang gadis bernama Chun Hyang yang hidup pada periode Dinasti Joseon. Pada masa itu, wanita tidak memiliki kebebasan untuk menyatakan pilihan pribadinya.

Namun Chun Hyang malah berani menolak pinangan penguasa saat itu, Byun Hak Doo, untuk dijadikan selir dan memilih untuk dipenjarakan demi Lee Mong Ryong. Drama Sassy Girl Chung Hyang sempat ditayangkan di ANTV pada tahun 2012.

4. Full House

4. Full House
asiawiki.com

Pecinta drama Korea di Tanah Air pasti sudah tidak asing dengan drama yang satu ini. Serial televisi Korea Selatan tahun 2004 ini memang sangat melekat di hati pemirsanya. 

Drama yang memiliki 16 episode ini tayang pertama kali di Indosiar pada tahun 2005. Salah satu favorit kamu kan, Ma?

5. Boys Before Flowers

5. Boys Before Flowers
soulbeats.com

Siapa yang tak mengenal drama ini? drama yang menceritakan tentang empat cowok tajir dan kece bertemu dengan 1 cewek yang hidupnya sangat sederhana ini, berhasil bikin kaum hawa yang menontonnya tergila-gila.

Boys Before Flowers adalah Drama Korea yang diadaptasi dari manga Jepang Hana Yori Dango. Boys Before Flowers sendiri mulai ditayangkan tanggal 5 Januari 2009 di KBS2TV dan tayang di Indonesia pada tahun 2010 dan 2015.

6. Endless Love

6. Endless Love
korea.net

Drama ini berhasil menjadi favorit para ibu rumah tangga di tahun 2000-an. Drama Endless Love menyajikan konflik percintaan tak terduga antara saudara kandung yang membuat banyak penontonnya menjadi geregetan.

Editors' Picks

7. Dream high

7. Dream high
mydramalist.com

Drama yang diperankan oleh Suzy,Taecyeon, IU, Wooyoung, Eunjung dan Kim Soo-hyun ini sangat populer di kalangan remaja.

Drama yang menceritakan perjuangan remaja dalam meraih cita-cita sebagai idol, tayang di Indonesia pada tahun 2012. 

8. The Heirs

8. The Heirs
asianwiki.com

Drama yang menceritakan tentang masa muda kalangan elite Korea ini berhasil digandrungi oleh pecinta drakor.

Original soundtrack pada drama ini juga dikemas sangat baik dan bagus. Pecinta Lee Min Ho dapat menyaksikan drama ini di tahun 2016 dan 2017.

9. Queen Seon Deok

9. Queen Seon Deok
asianwiki.com

Drama ini menjadi populer sebab menceritakan kisah ratu penguasa kerajaan pertama dalam 5000 sejarah Korea padahal pada saat itu, hanya laki-laki yang bisa menjadi raja. Queen Seon Deok tayang di salah satu televisi Indonesia pada tahun 2009.

10. Secret Garden

10. Secret Garden
mydramalist.com

Cerita dalam drama ini dikemas dengan sangat menarik, serial ini dibintangi oleh Ha Ji-won and Hyun Bin yang mengalami penukaran tubuh dan jiwa. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan sinetron di Indonesia kan, Ma?

11. Coffee Prince

11. Coffee Prince
aminoapps.com

Drama yang berkisah tentang Go Eun Chan yang bekerja untuk melunasi hutang-hutangnya di sebuah kafe ini tayang perdana di ANTV pada tahun 2012. 

12. You're Beautiful

12. You're Beautiful
soompi.com

You're beautiful merupakan salah satu drama paling populer dan banyak digemari penonton pada tahun 2009.

Drama yang memiliki gaya komedi ringan ini menampilkan kehidupan dunia K-Pop pada masanya.

13. My love from the star

13. My love from the star
soompi.com

Salah satu drama yang menceritakan percintaan antara alien dan manusia membuat drama ini menjadi sangat hits pada masanya, My Love from the Star sempat ditayangkan oleh RCTI pada tahun 2014.

14. Pinocchio

14. Pinocchio
aminoapps.com

Drama Pinocchio bercerita tentang para jurnalis di sebuah perusahaan penyiaran yang sedang mencari fakta untuk membuktikan kebenaran.

Cho Dai Po yang diperankan oleh Lee Jong Suk adalah seorang reporter berita lokal dan pernah menjadi seorang sopir taksi. Drama ini tayang pada tahun 2015.

15. Naughty kiss

15. Naughty kiss
btscelebs.com

Siapa yang tidak tahu drama yang satu ini? drama romantis bercampur komedi ini berhasil membuat banyak penggemarnya jatuh hati. 

Drama yang tayang di Indosiar pada tahun 2011 ini menceritakan tentang pahit dan manisnya percintaan remaja di bangku SMA.

Diantara 15 drama korea ini, mana sajakah favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.