Jangan Abai, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Organ Intim saat Menstruasi

Jaga kebersihan vagina saat menstruasi ya, Ma

28 Mei 2021

Jangan Abai, Ini Penting Jaga Kesehatan Organ Intim saat Menstruasi
Pexels/karolina-grabowska

Sejak tahun 2014 tanggal 28 Mei ditetapkan sebagai hari kebersihan menstruasi. Lalu apa sebenarnya hari kebersihan menstruasi dan seberapa penting kebersihan menstruasi untuk kesehatan?

Untuk itu, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia melakukan Webinar bertajuk ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' yang diadakan pada Kamis (27/5).

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi terkait peringatan hari kebersihan menstruasi dan cara menjaga kebersihan selama menstruasi.

1. Peringatan kebersihan menstruasi

1. Peringatan kebersihan menstruasi
Pexels/cottonbro

Menetapkan tanggal untuk memperingati hari kebersihan menstruasi adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya melakukan manajemen kebersihan menstruasi (MKM).

Karena umumnya menstruasi pertama kali dialami saat fase pubertas, dan pada saat ini remaja mungkin merasa malu untuk bertanya seputar menstruasi seperti mengetahui bagaimana cara membersihkan darah menstruasi.

Sehingga edukasi mengenai kebersihan menstruasi penting untuk dilakukan, terdapat beberapa pola hidup bersih yang bisa Mama terapkan dan ajarkan kepada anak selama masa menstruasi.

Editors' Picks

2. Risiko infeksi kesehatan meningkat saat menstruasi

2. Risiko infeksi kesehatan meningkat saat menstruasi
Pexels/polina-tankilevitch

Dalam penjelasan oleh anggota Pengurus Besar POGI, Prof Dr dr Dwiana Ocviyanti SpOG(K) MPH dikatakan bahwa risiko infeksi meningkat saat seseorang menstruasi.

Hal ini dikarenakan saat menstruasi keasaman vagina menurun akibat darah haid sehingga jumlah bakteri di vagina bertambah.

Apabila saat menstruasi Mama merasakan gejala yang tidak normal, maka perlu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

3. Membersihkan vagina saat menstruasi

3. Membersihkan vagina saat menstruasi
Pexels/sora-shimazaki

Selain itu, dr Dwiana Ocviyanti juga menjelaskan cara membersihkan vagina dengan benar yaitu hanya menggunakan air bersih yang mengalir bisa juga membersihkan pembersih anti septik kewanitaan.

"Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar. Hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan,” ungkap dr Dwiana.

Saat membersihkan vagina Mama disaankan untuk mengerikan area kewanitaan dengan tisu yang memiliki bahan lembut, jangan menggunakan celana katun dan cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina.

4. Mengenakan pembalut saat menstruasi

4. Mengenakan pembalut saat menstruasi
Pexels/polina-zimmerman

Saat menstruasi umumnya untuk menampung darah menstruasi, masyarakat mengenakan pembalut. Namun, dalam mengenakan pembalut harus diperhatikan pola hidup bersih sebagai berikut:

  • Ganti pembalut secara rutin

Saat menstruasi, pembalut disarankan untuk diganti setiap 3-4 jam sekali, terutama pada hari pertama menstruasi karena pada hari pertama darah menstruasi lebih banyak dari hari setelahnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, ya.

  • Pilih pembalut yang tepat

Dalam memilih pembalut jangan asal-asalan Ma. Pastikan pada kemasannya tercantum tulisan SNI dan periksa masa kadaluarsanya. Selain itu, pastikan pembalut memiliki daya serap tinggi, Ma.

5. Jaga kesehatan vagina saat menstruasi bagi orang yang sudah menikah

5. Jaga kesehatan vagina saat menstruasi bagi orang sudah menikah
Pexels/sora-shimazaki

Dalam menjaga kebersihan saat menstruasi dokter menyarankan kepada orang yang sudah melakukan kontak seksual maka dianjurkan untuk melakukan pap smear atau IVA secara teratur.

Itulah informasi terkait peringatan hari kebersihan menstruasi. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat mempermudah Mama dalam memahami cara menjaga kebersihan saat menstruasi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk