Ma, Ini 5 Cara Mengatasi Keinginan untuk Selalu Makan Manis

Minum air putih dan berjalan-jalan sebentar

19 Oktober 2020

Ma, Ini 5 Cara Mengatasi Keinginan Selalu Makan Manis
Freepik

Ada banyak alasan kenapa kamu selalu ingin makan manis. Mulai dari perubahan suasana hati, atau sekadar melihat iklan makanan manis saja. 

Menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan manis bukanlah hal yang mudah. Kamu yang sedang diet mungkin akan berusaha keras menghindarinya. 

Namun saat diet sudah selesai, pasti mencari cara untuk kembali menikmati makanan manis. 

Memang, gula diperlukan di dalam tubuh. Tapi jika berlebihan, maka kebaikan itu bisa jadi sumber penyakit. 

Disusun Popmama.com, ini beberapa cara menghentikan keinginan untuk makan manis. 

1. Dengarkan kebutuhan tubuh

1. Dengarkan kebutuhan tubuh
Shutterstock/Nicoleta Ionescu

Makanan manis seperti coklat dan kopi susu manis sering jadi pelarian saat seseorang mengalami sesuatu. Mulai dari perubahan suasana hati, sampai ketika dikejar tenggat waktu pekerjaan. 

Hindari langsung mengambil makanan manis saat menghadapi hal seperti itu. Tenangkan diri lebih dahulu dan cari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi pada tubuhmu. 

Apakah kamu merasa stres, sakit kepala, lapar, bosan, atau sedang butuh energi tambahan? 

Setelah mengetahuinya, barulah kamu bisa menyelesaikan masalahnya. Jika bukan benar-benar karena ingin makanan manis, kamu bisa mengatasinya dengan hal lain. 

Editors' Picks

2. Tenangkan diri dahulu

2. Tenangkan diri dahulu
Pexels/Daria Shevtsova

Dibutuhkan kesadaran yang penuh saat ingin menghentikan sesuatu. Saat sedang ingin makan menu manis, minumlah segelas air. Dengan begitu, perhatian bisa teralihkan dengan air yang masuk ke tubuh. 

Selain itu, kamu bisa menenangkan diri dengan menarik nafas sebanyak lima kali. Bisa juga dilanjutkan dengan jalan-jalan sebentar untuk menenangkan diri. 

Jika keinginan itu tetap ada, kemungkinan besar kamu merasa lapar. Tak masalah mengonsumsi camilan, hanya saja, pilih yang rendah gula dan mengandung protein untuk tenaga tambahan. 

3. Seimbangkan menu harian

3. Seimbangkan menu harian
Freepik

Memberikan asupan yang tepat pada tubuh bisa membuatnya lebih stabil dalam banyak hal. Tak hanya tenaga, namun juga keinginan untuk terus makan manis. 

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan protein, sayur, dan karbo sehat di setiap sesi makan. Jika kenyang dengan makanan bergizi, maka gula darah di tubuh bisa lebih stabil. 

Tentu menyehatkan tubuh, kan?

4. Tambah rasa pedas dalam menu harian

4. Tambah rasa pedas dalam menu harian
Pixabay/27707

Mungkin kamu sedang menjalani diet yang membuat menu makanan tidak begitu menarik dari biasanya. Dari sanalah hadir keinginan untuk makanan yang enak, yaitu camilan manis. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa menambahkan rasa pedas dari cabai atau lada dalam menu harian kamu. Rasa pedas bisa membuat sesi makan lebih bersemangat dan melupakan keinginan mengonsumsi makanan manis.

5. Tahan diri dari godaan

5. Tahan diri dari godaan
freepik.com/nadiiaaks

Salah satu kesulitan terbesar jika ingin menjaga asupan gula dalam menu harian adalah melawan godaan.

Begitu banyak godaan di setiap hari, mulai dari kotak camilan, oleh-oleh makanan manis, sampai iklan yang membuat siapa saja langsung ingin beli makanan tersebut. 

Perkuat diri dengan menahan godaan dari semua itu. 

Kamu juga bisa menolak dengan halus orang-orang yang kerap memaksa untuk mencicip makanan manis. Memang butuh kesabaran, namun jika bisa melawan diri sendiri, rasanya pasti puas sekali. 

Keinginan untuk berhenti mencicip makanan manis terus-menerus pun bisa turun dengan mengikuti beberapa cara di atas. Semoga berhasil, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.