TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah, bisa dari Ponsel!

Bisa menggunakan aplikasi, Ma

3 Juni 2022

5 Cara Mengatur Keuangan Mudah, bisa dari Ponsel
Pexels/Karolina Grabowska

Kemudahan teknologi memberikan hidup yang lebih berkualitas. Mengatur keuangan seperti seorang profesional bisa dilakukan dari sentuhan tangan saja. 

Semua orang bisa saja mendapatkan dan dengan mudah menghabiskan uang. Sayangnya, tidak banyak yang bisa mengelola uang dengan baik dan bijak. 

Efek buruknya bisa berkepanjangan, mulai dari sulit menabung hingga terseok-seok saat sudah menikah dan berbagi hidup dalam berumah tangga. 

Untuk itu, penting sekali untuk memiliki perencanaan keuangan yang matang. Dirangkum Popmama.com, inilah beberapa cara yang bisa Mama lakukan. 

1. Menggunakan jasa manajemen keuangan

1. Menggunakan jasa manajemen keuangan
Freepik.com/tirachardz

Keuangan yang baik bisa diwujudkan siapa saja asal mengetahui bagaimana caranya. Bagi orang yang merasa sulit mengatur keuangan sendiri, maka ia bisa meminta bantuan dari manajemen keuangan. 

Tugasnya adalah merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi setiap aktivitas finansial pribadi. Tujuannya, agar kliennya bisa memiliki siklus keuangan yang sehat dan baik supaya aman secara finansial. 

Saat ini sudah banyak jasa manajemen keuangan baik dari perusahaan atau perorangan. Yang pasti, Mama harus memastikan bahwa sosok manajemen tersebut terpercaya dan profesional. 

Editors' Picks

2. Mencari sumber informasi terpercaya

2. Mencari sumber informasi terpercaya
Freepik/ArthurHidden

Meski literasi masyarakat Indonesia tentang finansial masih cukup rendah, namun Mama tidak boleh menjadi salah satu orang di dalamnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi yang valid dan terpercaya tentang keuangan. 

Mama bisa mengikuti kelas, seminar, membaca buku, atau mencari artikel dan jurnal terkait tentang kebutuhan finansial yang sedang ingin diketahui. 

Dari sana, barulah Mama bisa dengan lebih mudah mengelola keuangan bulanan dan bisa lebih mantap menuju finansial yang stabil. 

3. Mengunduh aplikasi pengelola finansial

3. Mengunduh aplikasi pengelola finansial
Pexels/Andrea Piacquadio

Dengan adanya perkembangan teknologi, kini tidak sulit mencari aplikasi yang bisa membantu Mama mengelola keuangan dengan lebih mudah dan ringkas. 

Bahkan, beberapa aplikasi ini menyediakan fitur gratis yang berguna untuk setiap harinya. Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang menyediakan berbagai fitur yang aplikatif. 

Aplikasi ini juga memungkinkan Mama untuk mencatat keuangan agar perencanaan finansial tertata rapi. Tak perlu repot, Mama bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran dari ponsel saja!

4. Melakukan konsultasi dengan pihak profesional

4. Melakukan konsultasi pihak profesional
Freepik/wayhomestudio

Ada kalanya Mama hanya perlu sedikit masukan untuk membuat semua rencana berjalan dengan maksimal. Tak ingin punya manajemen keuangan? Tenang, Mama masih bisa berkonsultasi dengan financial planner. 

Di aplikasi tersebut, ada fitur konsultasi langsung dengan certified financial planner. Melalui fitur Live Chat, Mama bisa membenahi salah kaprah yang selama ini telah dilakukan dan mendapat pencerahan dengan sumber yang bisa dipercaya. 

Selain itu, di aplikasi tersebut juga ada berbagai online course dan e-book yang bisa mengedukasi tentang finansial. Tak takut salah info lagi, Ma. 

5. Mengecek kesehatan keuangan

5. Mengecek kesehatan keuangan
Freepik/rawpixel.com

Tak hanya kesehatan fisik saja, namun kesehatan finansial juga perlu dicek. Di aplikasi ini, ada layanan Financial Check-Up yang bisa melihat apakah kesehatan keuangan Mama dalam keadaan yang baik atau tidak. 

Di sana, ada sistem otomatis yang memberikan laporan mengenai kesehatan keuangan. Jika memang ada masalah, hal tersebut bisa dikonsultasikan dengan perencana keuangan. 

Itu dia beberapa cara yang bisa coba dilakukan untuk membuat Mama lebih matang dalam finansial. Selamat mencoba!

Baca juga: 


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk