Jungkook BTS Ulang Tahun, ARMY Indonesia Adopsi 4.000 Penyu

Ungkapan cinta dari ARMY Indonesia dengan gerakan peduli alam

1 September 2021

Jungkook BTS Ulang Tahun, ARMY Indonesia Adopsi 4.000 Penyu
twitter.com/forhacin

Jeon Jungkook, salah satu member BTS berulang tahun di tanggal 1 September. Para fansnya yaitu ARMY merayakan dengan berbagai cara. 

Saat seorang idola berulang tahun, biasanya para fansnya akan memberikan hadiah. Tidak kepada sang idol, namun ada juga yang membuat gerakan inspiratif. 

Salah satunya yang dilakukan oleh ARMY Indonesia. Mereka merayakan ulang tahun member termuda di BTS itu dengan mengadopsi ribuan tukik atau anak penyu. 

Seperti apa proyek ulang tahun Jungkook BTS yang diadakan oleh Army Indonesia? Yuk, cek bersama Popmama.com

1. Proyek utama: Melepas liar 4.000 tukik ke laut

1. Proyek utama Melepas liar 4.000 tukik ke laut
twitter.com/forhacin

Dimulai dari tanggal 29 Agustus 2021, BTS ARMY Indonesia mengadakan proyek berkelanjutan dengan melepas liarkan 4.000 tukik ke laut. Tidak serta merta 4.000, melainkan akan dilepaskan secara bertahap. 

Proyek ini diinisiasi untuk merayakan ulang tahun Jeon Jungkook pada September 2021. Atas nama Jungkook, proyek ini menjadi hadiah terbesar dari ARMY Indonesia untuk JK dan juga untuk alam.

2. Dipilih tukik karena alasan tersendiri

2. Dipilih tukik karena alasan tersendiri
twitter.com/forhacin

Dari seluruh hewan dan tanaman yang harus dilindungi, tukik jadi pilihan mereka. Hal ini dikarenakan penyu merupakan hewan yang terancam punah. 

Menurut WWF, penyu sudah ada di Bumi sejak 200 tahun lalu dan telah menjadi salah satu pemegang peran penting dalam keseimbangan alam di lautan. 

Meski sudah banyak penangkaran yang dibentuk untuk melindungi penyu, namun hewan ini masih masuk dalam status hampir punah menurut WWF. 

3. Diadakan di Sulawesi Selatan

3. Diadakan Sulawesi Selatan
twitter.com/forhacin

BTS ARMY Indonesia memilih bekerja sama dengan Konservasi Putra Pesisir yang berada di Pantai Lowita, Pinrang, Sulawesi Selatan. 

Ditengok dari foto dan video kegiatannya, telah dilepaskan 40 tukik sebagai simbol dan akan terus dilepaskan secara bertahap selama beberapa hari ke depan.

Editors' Picks

4. ARMY berharap, kegiatan ini bisa menjadi inspirasi

4. ARMY berharap, kegiatan ini bisa menjadi inspirasi
twitter.com/forhacin

Ditengok dari akun Twitter @forhacin, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi sesama untuk peduli akan penyu yang sedang terancam punah. 

Mereka juga berharap, semoga hal baik seperti ini bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat baik, seperti yang Jungkook lakukan untuk para ARMY. 

5. Hal ini diapresiasi dengan baik

5. Hal ini diapresiasi baik
twitter.com/forhacin

Salah satu perwakilan dari pihak konservasi mengungkapkan apresiasinya atas proyek yang menginspirasi ini. 

"Terima kasih pada teman-teman ARMY Indonesia yang sudah peduli dengan kelestarian penyu. Selamat ulang tahun Jeon Jungkook, terima kasih sudah menginspirasi semua penggemarnya untuk ikut sama-sama peduli dengan alam," demikian ditengok dari video yang diunggah BTS ARMY Indonesia. 

6. Diharapkan, tukik ini bisa bertahan hidup dengan lama

6. Diharapkan, tukik ini bisa bertahan hidup lama
twitter.com/forhacin

Dengan tagar #PenyuJungkook, mereka berharap penyu yang dilepaskan ke laut bisa bertahan dalam waktu yang lama. Meski pada kenyataannya, dari 1.000 penyu yang dilepaskan ke lautan, hanya sekitar 10 ekor saja yang bisa bertahan hidup dalam jangka waktu bertahun-tahun. 

Sebuah fakta menarik, meski penyu sudah bertahun-tahun hidup di laut, ia akan kembali dan bertelur di tempat mereka berasal. 

7. Ini bukan kali pertama mereka menggelar proyek seperti ini

7. Ini bukan kali pertama mereka menggelar proyek seperti ini
twitter.com/forhacin

BTS ARMY Indonesia memang rutin menggelar proyek yang menginspirasi sesama. Untuk ulang tahun Jungkook, ini bukanlah yang pertama. 

Di mana sebelumnya, tepatnya di tahun 2020 lalu, telah digelar juga penanaman 8.000 bibit mangrove di hari ulang tahun Jungkook. 

8. Meski kemungkinan kecil untuk bisa dinotice, namun ARMY senang bisa saling menginspirasi

8. Meski kemungkinan kecil bisa dinotice, namun ARMY senang bisa saling menginspirasi
twitter.com/forhacin

Tentu ini bukanlah proyek satu-satunya yang menginspirasi. Ada banyak proyek lain yang juga digelar di belahan dunia lainnya. Namun ARMY Indonesia tidak terlalu memusingkan hal itu. 

Mereka senang bisa menyumbangkan ribuan tukik atas nama Jungkook dan berharap proyek ini bisa memberikan inspirasi sehingga membawa kebaikan yang lebih besar di kemudian hari. 

Selamat ulang tahun Golden Maknae, Jeon Jungkook. BTS ARMY Indonesia, kalian keren!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.