Lebih Tinggi Probiotik, Ini 6 Manfaat Konsumsi Kefir

Bentuknya memang mirip dengan yoghurt, Ma

8 Februari 2021

Lebih Tinggi Probiotik, Ini 6 Manfaat Konsumsi Kefir
Freepik/Racool_studio

Saat ini, banyak minuman probiotik yang banyak dicari karena dianggap bisa membantu melawan Covid-19, salah satunya kefir. Popmama.com punya manfaat mengonsumsi kefir. 

Minuman kefir berasal dari susu yang difermentasi. Memang mirip dengan yoghurt, namun kandungannya dianggap lebih bermanfaat dibanding turunan susu lainnya. 

Dalam satu cangkir kefir, diklaim mengandung kurang lebih 12 gr protein, 15 gr karbohidrat, 2 gr lemak, dan 130 kalori. Selain itu, ia juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium. 

Lalu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Mari cari tahu!

1. Bisa dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa

1. Bisa dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa
Freepik/azerbaijan_stockers

Ada beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi dan turunannya karena alergi. Keadaan ini dinamakan intoleransi laktosa. 

Jika mengonsumsinya, efeknya bisa mulas dan berujung diare. 

Namun kefir yang berasal dari susu sapi ini aman bagi para penderita intoleransi laktosa. Probiotik yang ada di dalam susu kefir mencerna laktosa sehingga kandungannya lebih sedikit dibanding susu biasa. 

2. Mengandung lebih banyak probiotik dibanding yoghurt

2. Mengandung lebih banyak probiotik dibanding yoghurt
Freepik/Racool_studio

Selama ini yoghurt dianggap sebagai sumber terbaik mendapatkan probiotik. Namun kehadiran susu kefir menyingkirkan posisinya. 

Kefir diyakini mengandung lebih banyak probiotik dibanding yoghurt. Bahkan, probiotiknya dianggap lebih berkualitas dibanding yoghurt. 

Saat ini, sumber probiotik sering diburu banyak orang karena dianggap bisa menjaga imun dan membantu penyembuhan infeksi Covid-19. 

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan tulang

3. Menjaga kesehatan tulang
Freepik/sompong_tom

Kefir dibuat dari susu full fat yang mengandung tinggi kalsium dan juga vitamin K2. Kandungan ini bisa mengurangi risiko patah tulang sampai 81%. 

Kamu bisa rutin mengonsumsi kefir untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Namun harus tetap diimbangi dengan gerak dan olahraga secara rutin, ya!

4. Mengurangi keluhan pencernaan

4. Mengurangi keluhan pencernaan
Freepik/cookie_studio

Untuk kamu yang sering bermasalah dengan pencernaan, mungkin bisa mencoba mengonsumsi susu kefir. Kandungan probiotik di dalamnya bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus. 

Susu kefir juga mengandung antioksidan dan anti radang. Inilah yang bisa membantu pemulihan kondisi saluran cerna yang selama ini terganggu. 

5. Mencegah infeksi

5. Mencegah infeksi
Freepik/prostooleh

Infeksi bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah bakteri. Nah, susu kefir bisa mengurangi kemungkinan kamu terkena infeksi. 

Ini dikarenakan kandungan probiotiknya mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Beberapa bakterinya adalah Salmonella, Helicobacter pylori, dan E. coli

6. Efek samping mengonsumsi kefir

6. Efek samping mengonsumsi kefir
freepik/kamranaydinov
Ilustrasi minum susu

Beberapa kelompok sebaiknya tidak mengonsumsi susu kefir, mereka adalah ibu hamil dan menyusui. Ini dikarenakan, keamanan dari minuman tersebut belum diuji klinis.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang mengalami efek samping setelah minum susu kefir. Gejala di antaranya adalah sembelit, perut kembung, dan kram perut. 

Itulah beberapa manfaat dari susu kefir yang bisa kamu coba. Namun jangan berlebihan mengonsumsinya karena malah bisa menimbulkan masalah baru. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.