Mengintip 7 Fasilitas di Olimpiade Tokyo 2020 yang Futuristik

Salah satu pemain dari tim rugby AS membagikan pengalamannya di TikTok

1 Agustus 2021

Mengintip 7 Fasilitas Olimpiade Tokyo 2020 Futuristik
olympics.com

Saat ini, Olimpiade Tokyo 2020 masih berlangsung. Selain pertandingan, yang membuat penasaran adalah fasilitas dan keadaan di Olympic Village yang menarik. 

Di tengah pandemi, akhirnya Jepang memberanikan diri menjadi tuan rumah Olimpiade yang telah tertunda setahun lamanya.

Tak main-main, sang tuan rumah benar-benar memaksimalkan fasilitas untuk keamanan dan kenyamanan para atlet dan timnya. 

Seorang pemain rugby dari tim AS pun membagikan pengalamannya selama tinggal di Olympic Village, Tokyo, Jepang. Apa saja fasilitasnya? Popmama.com akan membagikannya untuk kamu.

1. Tempat tidur dari kardus yang ramah lingkungan

1. Tempat tidur dari kardus ramah lingkungan
TikTok.com/codymelphy

Salah satu hal yang menarik perhatian adalah tempat tidur yang terbuat dari kardus. Banyak teori di internet yang mengatakan bahwa kasur ini didesain agar tidak bisa melakukan hubungan seksual di atasnya. 

Namun kenyataannya, kasur kardus ini cukup kuat untuk diisi sampai 6 orang, seperti sebuah postingan TikTok milik salah satu atlet Israel. Tindakannya tidak dibenarkan dan ia telah meminta maaf karena merusak tempat tidur. Tapi banyak orang jadi tahu betapa kuatnya tempat tidur tersebut. 

Dilansir dari Euronews.com, Jepang membuat tempat tidur ini karena ingin lebih ramah lingkungan. Setelah acara selesai, tempat tidur ini bisa didaur ulang sepenuhnya. 

2. Mobil otomatis tanpa pengemudi

2. Mobil otomatis tanpa pengemudi
TikTok.com/codymelphy

Bukan Jepang jika tidak punya teknologi yang terdepan. Di momen ini, Jepang pun memamerkan teknologi canggih yang bisa digunakan semua orang yang tinggal di dalam Olympic Village, yaitu mobil tanpa kemudi. 

Dari Forbes.com, mobil autopilot ini merupakan produk dari Toyota, merek otomotif kebanggaan Negeri Sakura. Mobil ini akan membawa para atlet, staf, sampai jurnalis yang hendak bepergian dari satu venue ke venue lainnya. 

Editors' Picks

3. Papan informasi kapasitas orang di setiap ruangan

3. Papan informasi kapasitas orang setiap ruangan
TikTok.com/codymelphy

Sehubungan dengan pandemi yang masih berlangsung, tentu protokol kesehatan tak main-main diterapkan di Olympic Village. Terbukti dari adanya papan informasi digital yang menunjukkan kapasitas dari ruangan yang ada di sana. 

Postingan TikTok milik atlet Rugby AS, Cody Melphy pun menunjukkan betapa kerennya papan tersebut. Dengan begitu, para atlet bisa memutuskan hendak masuk atau tidak ke ruangan yang ingin ditujunya. 

4. Ruang santai bagi para atlet

4. Ruang santai bagi para atlet
TikTok.com/codymelphy

Pandemi tidak menutup kesenangan para atlet yang turut bertanding. Di Olympic Village, tersedia pusat hiburan yang bisa digunakan siapa saja. Di sana, para atlet dari berbagai negara bisa saling bertemu dan mengobrol, bahkan bermain bersama. 

Tak hanya disediakan tenis meja, namun ada juga permainan seperti PS dan sejenisnya. Jika sedang tidak bertanding, mereka bisa datang ke sini dan menonton Olimpiade dari layar kaca. 

5. Tempat makan yang buka selama 24 jam

5. Tempat makan buka selama 24 jam
TikTok.com/codymelphy

Menurut Cody, setidaknya ada 1.000 atlet yang turut serta dalam olimpiade tahun ini. Mereka semua bisa datang ke tempat makan yang selalu buka 24 jam, setiap hari. 

Mengerti perbedaan lidah para atlet yang datang dari negara yang berbeda, mereka menyediakan berbagai menu. Beberapa pilihannya adalah pizza, pasta, vegetarian, menu lokal, dan lainnya. 

Wah, menarik banget, ya!

6. Vending machine gratis di mana saja

6. Vending machine gratis mana saja
TikTok.com/codymelphy

Fasilitas lainnya yang bisa dinikmati para penghuni Olympic Village adalah kartu pass yang bisa digunakan mengambil minuman. Tersedia beberapa spot vending machine yang isinya bisa diambil hanya dengan menempelkan kartu. 

Jika diperhatikan, kartu pass setiap orang di dalam sana pun tidak terbuat dari plastik melainkan dari kayu. Ramah lingkungan sekali.

7. Pemandangan yang memukau

7. Pemandangan memukau
TikTok.com/codymelphy

Cody adalah salah satu atlet yang termasuk beruntung. Karena kamar dormitorinya menyajikan pemandangan yang menggoda mata. 

Olympic Village berada di distrik Harumi yang menghadap ke perairan. Sehingga, jika berada di kamar yang tepat, kamu bisa mendapati pemandangan Kota Tokyo dari kejauhan, dengan latar perairan yang cantik. 

Itu dia beberapa fasilitas yang keren dan mungkin hanya bisa ditemui di Olympic Village saja. Bagaimanapun, olimpiade tahun ini masih berlangsung sampai beberapa hari ke depan. Jangan sampai ketinggalan menonton, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.