Sering Ada di Menu Kambing, Ini 5 Manfaat Acar untuk Kesehatan

Bukan sekadar tambahan penyegar menu saja, Ma

20 Juli 2021

Sering Ada Menu Kambing, Ini 5 Manfaat Acar Kesehatan
belida.com

Acar sering jadi makanan pendamping yang mampu menyegarkan ketika menunya banyak lemak dan santan. Ternyata, acar juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. 

Sebenarnya, banyak jenis acar yang tersebar di berbagai negara. Seperti acar timun utuh di AS, atau acar sawi di Korea. Di Indonesia sendiri, acar yang cukup terkenal adalah acar timun-wortel dan acar bawang. 

Isian acar biasanya terdiri dari potongan mentimun, wortel, bawang merah, dan cabai rawit utuh. Bumbunya pun sederhana yaitu gula, garam, dan cuka. 

Nah, Popmama.com akan mengulas apa saja manfaat jika mengonsumsi acar. 

1. Sebagai sumber antioksidan

1. Sebagai sumber antioksidan
i0.wp.com

Dilansir dari Healthline.com, mengonsumsi acar bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan kamu. Antioksidan bisa ditemukan alami di buah dan sayur yang belum dimasak. 

Membiarkan sayuran dalam keadaan tidak dimasak bisa membantu menjaga nutrisi, termasuk antioksidan di dalamnya. Sedangkan acar bisa membantu menjaga antioksidan agar tetap di dalam sayur tersebut. 

Editors' Picks

2. Mampu mengontrol gula darah

2. Mampu mengontrol gula darah
Pixabay/stevepb

Kamu yang punya masalah dengan gula darah bisa memasukkan acar dalam menu harian. Menurut American Diabetic Association, cuka bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan resistensi insulin atau diabetes tipe 2. 

Hal ini bisa lebih maksimal jika sebelumnya mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. 

3. Sebagai sumber probiotik

3. Sebagai sumber probiotik
Pexels/Pixabay

Acar juga dikenal sebagai salah satu makanan dengan sumber probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh. Di mana, probiotik bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga meningkatkan imun tubuh. 

Acar yang sudah difermentasi dengan garam dan gula akan membentuk bakteri baik yang berguna sebagai probiotik. 

4. Sumber mikronutrien yang dibutuhkan tubuh

4. Sumber mikronutrien dibutuhkan tubuh
Freepik/dellbone

Acar dengan kandungan sayur dan bawang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, zat besi, potasium, dan kalsium. 

Mengonsumsi acar bisa memenuhi kebutuhan mikronutrien harian sehingga bisa membantu menghindari tubuh dari penyakit dan menjaga imun tubuh agar tetap baik. 

5. Mengembalikan keseimbangan elektrolit

5. Mengembalikan keseimbangan elektrolit
Pixabay/PhotoMIX-company

Dilansir dari medicalnewstoday.com, meski acar tinggi akan sodium, namun ia juga tinggi akan kandungan elektrolitnya. Bahkan beberapa atlet mengaku mengonsumsi air acar untuk memenuhi kebutuhan elektrolit mereka. 

Orang yang dehidrasi sangat butuh elektrolit untuk mengembalikan fungsi tubuhnya. Meski begitu, sesuatu yang berlebihan tidak baik, jadi, pastikan untuk membatasinya.

Itu dia manfaat dari acar yang bisa kamu konsumsi saat mengonsumsi beberapa jenis makanan khas Indonesia. Jangan disisihkan apalagi dibuang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.