5 Tips untuk Mama yang Ingin Menghemat Pengeluaran

Dengan beberapa cara ini, Mama bisa berhemat

3 Februari 2020

5 Tips Mama Ingin Menghemat Pengeluaran
Freepik/rawpixel

Memiliki anak berarti memiliki lebih banyak pengeluaran. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Dengan melakukan beberapa hal berikut, Mama juga bisa berhemat dalam pengeluaran bulanan dan bisa menabung meski sedikit demi sedikit. 

Pada dasarnya, pengeluaran anak saat masih bayi jauh lebih hemat dibanding saat mereka sudah lebih besar. Ada uang jajan, uang pakaian, uang main dan uang lainnya. 

Belum lagi jika Mama memiliki anak lebih dari satu. Namun itu bukan berarti Mama tak bisa berhemat meski memiliki anak lebih dari satu. 

Disusun Popmama.com, berikut tips berhemat yang bisa dilakukan para Mama.

1. Turunkan pakaian untuk si adik

1. Turunkan pakaian si adik
Freepik

Jika Mama ingin punya anak lebih dari satu, atau sedang menunggu kehadiran si adik, jangan ragu untuk memberikan pakaian sang kakak yang masih bagus dan jarang dipakai. 

Meski hal ini tidak disetujui oleh beberapa Mama, namun bukan berarti hal ini terlarang. Selain hemat, memberikan pakaian turunan dari sang kakak juga bisa jadi bentuk less waste. 

Jika pakaian yang tak terpakai bisa jadi berguna, berarti Mama bisa mengurangi limbah pakaian yang memenuhi Bumi. Lebih penting dari itu, Mama tak perlu belanja banyak untuk persiapan si adik.

Editors' Picks

2. Pilih stroller yang bisa dipakai sampai balita

2. Pilih stroller bisa dipakai sampai balita
Unsplash/Humphrey Muleba

Ada banyak pilihan stroller yang tersedia, saat hendak membeli untuk si Kecil, pilihlah yang multifungsi. Bisa digunakan dari newborn sampai balita. 

Meski harganya tidak murah, namun ini tetap lebih hemat dibanding ganti-ganti stroller sesuai dengan umur si Kecil. 

Pilihlah stroller yang mampu menahan beban hingga 25 atau 30 kg. Dengan begitu, si Kecil bisa tetap di stroller meski sudah semakin besar dan berat. Tak perlu pusing memikirkan pengeluaran stroller yang tidak perlu, kan, Ma?

3. Selalu cek bagian diskon

3. Selalu cek bagian diskon
Freepik

Di setiap toko (baik itu toko offline atau online) hampir selalu memiliki bagian diskon. Untuk menghemat pengeluaran, pastikan untuk selalu mengecek bagian tersebut. 

Siapa tahu ada pakaian incaran Mama yang ternyata sudah masuk barisan diskon. 

Pakaian diskon tak selamanya ketinggalan gaya, tak juga berarti sudah jelek atau tidak layak. Saat ini, banyak juga pakaian yang didiskon namun tetap menarik untuk dibeli. 

4. Kreasikan mainan 

4. Kreasikan mainan 
learningexpress.com

Tak melulu harus beli mainan baru. Anak-anak akan selalu puas dengan segala sesuatu yang baru, baik itu berarti mainan lama yang dikreasikan jadi sedemikian rupa. 

Untuk menghemat pengeluaran, Mama bisa mengkreasikan mainan. Jangan langsung membuangnya jika si Kecil sudah tidak tertarik. Tinggal tambahkan beberapa hal menarik, maka mainan pun terlihat baru dan berbeda. 

Seperti contoh, Mama bisa mengajak si Kecil mengkreasikan rambut barbie. Bisa juga mengajak si Kecil mengecat ulang mobil-mobilannya. Pasti seru!

5. Buat menu makanan yang bisa dimakan siapa saja

5. Buat menu makanan bisa dimakan siapa saja
urgentcarekids.com

Daripada memasak beragam makanan yang menghabiskan tenaga dan dana, mengapa tidak masak sesuatu yang bisa dimakan semua orang? 

Pilihlah menu yang kira-kira bisa cocok untuk anak maupun Papa. Dengan begitu, Mama bisa hemat waktu dan juga hemat pengeluaran untuk memasak. 

Makanan yang bersisa juga akan lebih sedikit dibanding saat Mama memasak menu berbeda untuk Papa dan anak-anak.

Itulah 5 tips menghemat pengeluaran, uang jadi lebih irit. Mama bisa coba mulai sekarang. Tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.