Waspada! Permen Coklat Bisa Bikin Ereksi Beredar Bebas di Online Shop

Bukan hanya di Singapura, ternyata juga sudah ada di online shop Indonesia

10 Maret 2019

Waspada Permen Coklat Bisa Bikin Ereksi Beredar Bebas Online Shop
Freepik

Kalau kamu saat ini sedang liburan ke Singapura atau berencana ke sana, hati-hati bila kamu menemukan permen coklat dengan label "Hickel" atau "Solomon Island Soloco Traditional Candy (Soloco)". 

Alasannya adalah karena menurut otoritas kesehatan Singapura (HSA) kedua permen coklat ini mengandung obat disfungsi ereksi yang ilegal.

Dalam pernyataan yang dipublikasi di 26 Februari lalu HSA menyebut produk-produk tersebut dijual online sebagai permen coklat. 

Hasil laboratorium telah mendeteksi kandungan permen tersebut dilengkapi  dengan dosis obat disfungsi ereksi, tadafil atau disebut tadalafil. 

Takaran tadalafil di permen coklat itu 30 kali lebih tinggi dari yang biasa diresepkan oleh dokter. Inilah yang bisa jadi berbahaya jika seseorang mengonsumsinya secara bebas.

1. Apa itu tadalafil?

1. Apa itu tadalafil
Freepik

Tadalafil adalah obat yang berfungsi untuk mengobati masalah seksual pada pria seperti impoten atau erectile dysfunction/disfungsi ereksi-ED. Tadalafil bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke penis untuk membantu pria bisa mencapai ereksi.

Tadalafil juga diresepkan untuk pria yang mengalami prostat. Obat ini digunakan untuk mengobati gejala pembesaran pada prostat atau sering disebut benign prostatic hyperplasia-BPH. 

Obat ini dapat membantu mengurangi gejala BPH seperti kesulitan dalam mengalirkan urin, aliran air kecing lemah, dan kebutuhan untuk sering buang air kecil. 

Tadalafil diperkirakan bekerja dengan mengendurkan otot dalam prostat dan kandung kemih.

Editors' Picks

2. Tadalafil tidak digunakan untuk mencegah penularan penyakit seksual

2. Tadalafil tidak digunakan mencegah penularan penyakit seksual
Freepik/peoplecreation

Tadalafil tidak bisa disalah artikan. Ini bisa mengobati masalah disfungsi ereksi tapi tidak dapat mencegah seseorang terinfeksi penyakit tertentu.

Obat ini tidak melindungi seseorang dari penyakit menular seksual seperti HIV, hepatitis B, gonorrhea, atau syphilis. 

Jika ingin melakukan aktivitas seks, maka lakukan “seks yang aman” seperti menggunakan kondom dan hanya dengan pasangan kamu saja. 

3. Efek samping mengonsumsi tadalafil berlebihan

3. Efek samping mengonsumsi tadalafil berlebihan
profile.wimiu.com

Mengonsumsi tadalafil dengan dosis yang berlebihan itu bisa berbahaya  dan memiliki efek samping serius.

Efek samping yang mungkin terjadi di antaranya adalah:

  • serangan jantung, 
  • stroke, 
  • kehilangan fungsi penglihatan 
  • Kehilangan fungsi pendengaran,

Demikian keterangan yang ditulis HSA seperti dikutip dari situs resminya, Sabtu (9/3/2019).

Menurut HSA produk permen coklat tersebut dipasarkan dengan bahasa yang membuat konsumen jadi salah persepsi dengan menggunakan kata-kata "alami" dan "terbuat dari formula tumbuhan". 

Produk juga diklaim berlebihan memiliki manfaat kesehatan untuk jantung, ginjal, diabetes, vitalitas, kesuburan, dan imunitas.

"Tadalafil adalah obat resep dokter keras untuk mengatasi disfungsi ereksi dan penggunaannya harus di bawah pengawasan tenaga medis. Bila dipakai sembarangan akan menempatkan konsumen pada risiko serius," lanjut HSA.

Kedua produk coklat tersebut akan segera dilenyapkan dan otoritas setempat sudah bekerjasama dengan para pengelola situa jual beli online di sana.

Tapi, permen Soloco Chocolate ini ternyata juga sudah bisa dibeli dari online shop di Indonesia. Hati-hati ya, konsultasikan dulu ke dokter agar lebih aman!