Kenapa Medical Check Up Harus Rutin? Ini 5 Alasannya untuk Kesehatan!

Medical Check Up memberikan manfaat untuk kesehatan jangka panjang nih, Ma!

15 Januari 2020

Kenapa Medical Check Up Harus Rutin Ini 5 Alasan Kesehatan
Freepik

Seiring berjalannya waktu, permasalahan kesehatan sudah semakin kompleks apalagi dengan penyakit-penyakit yang cukup serius. Demi menjaga kesehatan jangka panjang, maka medical check up perlu dilakukan. 

Medical check up adalah sebuah pemeriksaan kesehatan yang lakukan secara menyeluruh dengan tujuan mencari tahu kondisi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Saat melakukan medical check up secara rutin, maka riwayat kesehatan pun akan didapat dan berguna untuk kelangsungan hidup dalam jangka waktu yang panjang. 

"Permasalahan kesehatan dewasa ini makin nyata dan sangat mengancam, sehingga masyarakat harus selalu bersiap dan waspada. Secara global, World Health Organization (WHO) mengkategorikan bahwa permasalahan kesehatan sudah mencapai 68.000 jenis. Indonesia pun tak lepas dari bahaya kesehatan tersebut dan kita harus terus siaga terhadap kemunculan penyakit-penyakit baru. Para ahli memperkirakan lima penyakit baru pada manusia muncul tiap tahun, tiga di antaranya berumber dari binatang," dr. Aswin saat ditemui di acara peluncuran PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Protection Syariah dari Prudential Indonesia pada Senin (13/1/2020) di kawasan Jendral Sudirman, Jakarta. 

Perlu Mama ketahui bahwa dampak permasalahan kesehatan yang tak ditangani dengan baik memicu banyak kondisi, seperti kehilangan pekerjaan, biaya medis dan pengobatan yang tinggi, produktivitas diri sendiri serta keluarga menjadi menurun hingga mengakibatkan pensiun dini.

Terkait dengan medical check up yang perlu dilakukan secara rutin demi kesehatan, maka ada beberapa manfaat positif untuk kesehatan diri sendiri di masa depan. Penasaran apa saja manfaatnya? Tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Demi menjaga kesehatan jangka panjang perlu disimak nih, Ma! 

1. Mendeteksi berbagai masalah kesehatan sedini mungkin 

1. Mendeteksi berbagai masalah kesehatan sedini mungkin 
Freepik/Kjpargeter

Demi menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dalam waktu jangka panjang, maka ada baiknya perlu sekali melakukan medical check up. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan sedini mungkin agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Medical check up perlu dilakukan secara rutin karena membantu para medis termasuk dokter dalam mendiagnosis beragam penyakit sebelum berkembang menjadi lebih parah. 

Skrining yang dilakukan sebagai tahap awal dapat dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, riwayat penyakit dan pola gaya hidup yang dijalani sehari-hari. 

Dimulai dari skrining preventif dan berbagai tes lain tanpa disadari akan membantu dalam mendeteksi segala risiko yang terjadi terhadap pasien, maka skrining tersebut dapat mengidentifikasi sedini mungkin penyakit yang masih berada di tahap awal bahkan meningkatkan peluang dalam proses penyembuhan.  

Setidaknya medical check up dapat mencegah segala hal buruk terjadi. Bila terdeteksi gejala tersebut berlanjut ke tahapan yang lebih serius, maka pemeriksaan lanjutan pun bisa diambil dengan rekam medis dari rumah sakit.  

2. Mampu menurunkan tingkat stres yang sewaktu-waktu muncul seiring saat sedang sakit

2. Mampu menurunkan tingkat stres sewaktu-waktu muncul seiring saat sedang sakit
pixabay/Free-Photos

Rutinitas yang begitu padat seolah tanpa adanya jeda untuk beristirahat sering sekali membuat banyak orang menghiraukan kondisi tubuh. Padahal jika tubuh tidak sehat, maka nantinya akan berdampak buruk ke kerjaan. 

Tanpa disadari berbagai penyakit akibat padatnya rutinitas dapat muncul secara tiba-tiba, bahkan stres bisa menjadi pemicu sebuah penyakit tertentu. 

Dilansir dari Regency Medical Center, setiap orang seiring bertambahnya usia akan bertemu dengan stres. Peningkatan stres dan kecemasan yang dialami oleh banyak orang tentunya memiliki hubungan erat dengan sejumlah penyakit baik fisik maupun psikologis.

Sebagai seorang dokter dan internis yang mendalami epidemiologi klinis,  dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M. Epid mengatakan bahwa stres fisik dan psikis sangat berhubungan erat dengan berbagai penyakit. 

"Hal ini dikarenakan beberapa hormon yang dilepaskan saat stres psikis dapat meningkatkan kerusakan sel, sehingga dapat menimbulkan beberapa kerusakan sel seperti diabetes, hipertensi, autoimun hingga berbagai penyakit lain. Stres fisik yang diakibatkan oleh kurang istirahat, pola hidup sembarangan, jarang berolahraga bahkan kurang hiburan juga dapat memengaruhi kesehatan," jelas dr. Aswin. 

Pemeriksaan kesehatan pun secara teratur perlu dilakukan agar mampu mendeteksi segala masalah kesehatan sebelum menjadi terlalu parah.

Editors' Picks

3. Mampu menghemat segala biaya kesehatan di masa mendatang

3. Mampu menghemat segala biaya kesehatan masa mendatang
Pexels/Pixabay

Sebuah penyakit yang sudah berada di dalam tubuh dan tak teratasi dengan baik seringkali akan berkembang menjadi lebih parah. Hal inilah yang membuat biaya kesehatan untuk pengobatan menjadi lebih mahal. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Mama sekeluarga lebih baik mulai rutin menjalani  medical check up agar biaya kesehatan di masa mendatang saat sakit tak terlalu besar. Pemeriksaan kesehatan ini saat dilakukan secara rutin mampu mengurangi risiko terhadap penyakit yang berbahaya serta membantu proses penyembuhan sebagai langkah awal. 

Medical check up dapat juga membantu mengurangi risiko menjalani operasi dan pengeluaran medis atas penyakit serius lainnya.

4. Memotivasi diri sendiri dan orang sekitar dalam menjalani hidup sehat

4. Memotivasi diri sendiri orang sekitar dalam menjalani hidup sehat
Freepik/jcomp

Medical check up yang dijalani secara rutin dan bermanfaat untuk kesehatan tentu sangat menentukan dalam jangka panjang. Ketika manfaat medical check up tersebut dibagikan ke orang lain, maka tanpa disadari dapat memotivasi agar menjalani hidup sehat. 

Ketika kesehatan diperhatikan dini sejak dini dengan medical check up, maka tanpa disadari otomatis hidup sehat tanpa sadar akan semakin diperhatikan bahkan menular ke orang lain. 

Jika ada permasalahan kesehatan sejak dini usai menjalani medical check up, diri sendiri akan kembali termotivasi untuk menjalani pola hidup sehat dan cukup istirahat. 

5. Mempemudahkan diri sendiri karena memiliki data kesehatan 

5. Mempemudahkan diri sendiri karena memiliki data kesehatan 
Freepik

Medical check up dijalani secara rutin tanpa disadari dapat membantu diri sendiri dalam memperoleh data kesehatan. Apalagi data tersebut dapat menjadi sebuah bekal ketika suatu saat nanti memiliki masalah kesehatan. 

Bila ada risiko penyakit yang dapat diidentifikasi ketika tahap awal, maka masalah kesehatan itu akan lebih mudah ditangani dengan berbagai perubahan kecil termasuk  pola hidup. Tak hanya istirahat cukup saja, namun pola makan hingga rajin olahraga dan terhindar dari stres bisa berpengaruh terhadap kesehatan. 

Itulah beberapa manfaat positif yang bisa dirasakan ketika rutin melakukan medical check up. Dengan banyaknya manfaat jangka panjang, kira-kira Mama mulai tertarik untuk membuat jadwal pemeriksaan dan berkonsultasi tentang kesehatan nggak nih

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!