Bacaan Doa agar Dijauhkan dari Bencana dan Musibah

Demi kesehatan dan diberikan perlindungan, berikut kumpulan doa-doa yang bisa dipanjatkan

17 Januari 2021

Bacaan Doa agar Dijauhkan dari Bencana Musibah
Unsplash/Rachid Oucharia

Berdoa menjadi salah satu bentuk komunikasi yang sangat intens kepada sang Pencipta.

Momen ibadah memang harus dimanfaatkan dengan baik untuk mendekatakan diri, bahkan bisa berdoa agar dijauhkan dari berbagai bencana dan musibah. 

Selain dapat memperkuat keimanan, ketika rajin berdoa dan meminta pertolongan akan membantu proses berserah diri kepada sang Pencipta.

Tawakal atau berserah diri sepenuhnya kepada Allah memang cara yang bisa manusia lakukan. 

Doa agar terhindar dari musibah bencana alam atau malapetaka pun bisa diamalkan setiap selesai salat atau saat diberbagai kesempatan. 

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa bacaan doa agar dijauhkan dari bencana dan musibah. 

1. Doa agar terhindar dari bencana

1. Doa agar terhindar dari bencana
Unsplash/ Masjid Pogung Dalangan

Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal walbalaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a walmunkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa-ida wal mihana maa zhahara minhaa wamaa baathana mim baladinaa khaashshataw wamim buldaanil muslimiina ‘aam-mah. Innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya:

Ya Allah, hindarkanlah kami dari kesulitan ekonomi, musibah, penyakit, kekejian, kemunkaran, bencana peperangan, kesulitan-kesulitan, dan berbagai petaka, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, khususnya dari negeri kami ini dan dari negeri-negeri kaum muslim pada umumnya; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Editors' Picks

2. Doa agar dijauhkan dari berbagai musibah 

2. Doa agar dijauhkan dari berbagai musibah 
Pexels/Ali Arapoğlu

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim. 

Artinya: 

Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Doa agar diberikan perlindungan oleh Allah 

3. Doa agar diberikan perlindungan oleh Allah 
Pexels/Ahmet Polat

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya:

Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.

4. Doa tolak bala dan memohon perlindungan 

4. Doa tolak bala memohon perlindungan 
Freepik/wayhomestudio

Laa ilaaha illallaahu hawaalaina hishaaraa, muhammadur rasuulullahi quflaw wamismaaraa, laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaah, laa ilaahaillallaahu muhammadur rasuulullaahi qaulaw wafi'laa. 

Inna bathsya rabbika lasyadiiduw wallahu miw waraa-ihim muhiith, bal huwa qur-aanum majii-dun fii lauhim mahfuuzh. 

Shummum bukmun 'umyun fahum laa yarji-'un, shummum bukmun fahum laa ya'qiluun, shummum bukmun 'umyun fahum laa yatakallamuun, shumum bukmun 'umyun fahum laa yubshiruun. Washallallahu 'alaa khairi khalqihii muhammadiw wa-'alaa aalihii wa-ash-haabihii ajma-'iin, birahmatika yaa arhamaar raahimiin.

Artinya:

Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; semoga menjadi benteng di sekeliling kami, Muhammad adalah utusan Allah; semoga menjadi palang dan pakunya. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah, secara lisan maupun perbuatan.

Sesungguhnya azab Tuhanmu amatlah pedih, dan Allah Maha Meliputi segala sesuatu di sekeliling mereka. Bahkan (apa yang mereka dustakan) ini adalah Alquran yang agung yang (tertulis) di Lauh Mahfuz.

Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan kembali (ke jalan petunjuk). Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah mempunyai akal. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan mampu berbicara. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan melihat. Dan semoga Allah  selalu melimpahkan salawat kepada sebaik-baik ciptaan-Nya, Muhammad, beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang.

5. Doa agar senantiasa diberikan kesehatan 

5. Doa agar senantiasa diberikan kesehatan 
Freepik

Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu sehal wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku dan harta bendaku.

Itulah kumpulan dari beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika meminta agar dijauhkan dari bencana dan musibah. 

Semoga doa di atas bisa terus menjadi panduan ketika sedang salat serta berkomunikasi kepada sang Pencipta. Segala yang didoakan semoga bisa terkabul ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.