Isi Waktu Luang, 10 Tontonan Film Anak di Netflix Ini Wajib Ditonton

Mengisi waktu bersama anak-anak dengan menonton film pasti menyenangkan ya, Ma!

20 Maret 2020

Isi Waktu Luang, 10 Tontonan Film Anak Netflix Ini Wajib Ditonton
IMDb.com

Menonton sebuah film tentu bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan hiburan yang menyenangkan selama berada di dalam rumah. Apalagi Mama dan si Kecil bisa meningkatkan bonding selama menonton film bersama. 

Menonton film saat ini juga sangat dimudahkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui platform streaming berbayar, seperti Netflix dan sejenisnya. 

Tidak hanya menjadi lebih santai ketika menghabiskan waktu menonton film selama di rumah saja, namun Mama dan si Kecil bisa memilih berbagai film yang sesuai dengan keinginan. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa rekomendasi film anak di Netflix, berikut rangkuman Popmama.com mengenai film-film terbaik yang bisa ditonton bersama keluarga. 

1. A Wrinkle in Time

1. A Wrinkle in Time
IMDb.com/A Wrinkle in Time

Film A Wrinkle in Time termasuk tontonan yang bisa dinikmati bersama keluarga, termasuk anak-anak. A Wringkle in Time merupakan film anak buatan Disney ini diangkat dari novel klasik karya Madeleine L'Engle.

Film ini sendiri menceritakan tentang sebuah petualangan dari seorang perempuan bernama Meg Murry yang harus menyusuri alam multi dimensi untuk menyelamatkan sang Papa. 

Perjalanan Meg ditemani oleh adiknya yang super jenius bernama Charles Wallace dan temannya bernama Calvin O'Keefe. Selama perjalanan, ketiga bertemu dengan penjelajah alam semesta. 

Petualangan Meg Murry bisa membuat anak-anak takjub dengan alur cerita dari film ini nih, Ma. 

2. Gnome Alone

2. Gnome Alone
IMDb.com/Gnome Alone

Gnome Alone termasuk salah satu film animasi Kanada-Amerika yang memiliki unsur komedi, sehingga bisa menjadi tontonan yang menyenangkan. 

Film anak ini menceritakan tetang seorang anak perempuan bernama Chloe yang baru saja pindah ke kota lain bersama sang Mama. Rumah barunya cukup gothic dan di halaman depan berjejer gnome taman yang aneh. 

Hidup Chloe berubah seketika karena harus beradaptasi dengan rumah baru, sekolah baru yang mengerikan dan kumpulan gnome taman yang begitu misterius. Keanehan pun dimulai ketika tiba-tiba saja ada Alien dari dimensi lain turun dan masuk ke rumahnya. 

Dengan menonton film ini bersama si Kecil, maka petualangan dari Chloe akan semakin menarik. 

3. Kiki’s Delivery Service

3. Kiki’s Delivery Service
IMDb.com/Kiki's Delivery Service

Kiki’s Delivery Service menceritakan seorang perempuan bernama Kiki yang mengikuti tradisi keluarga untuk menetap di suatu kota asing demi melayani keperluan penyihir kota tersebut. Kiki berteman dan menggunakan sapu terbangnya untuk menyediakan jasa pelayanan di kota tersebut.

Seorang anak laki-laki seusianya bernama Tombo menyukai Kiki. Saat mendekati pubertas, Kiki pelan-pelan mulai kehilangan kekuatan sihirnya. Kemudian dia berteman dengan perempuan yang lebih tua dan dewasa bernama Ursula.

Ursula menolong Kiki saat dia kehilangan kepercayaan dirinya. Pada suatu hari ada kecelakaan yang membuat Tombo dalam kondisi berbahaya. Kiki berusaha membangkitkan seluruh kekuatan sihirnya guna menyelamatkan temannya tersebut.

Kiki’s Delivery Service mengajarkan tentang sebuah persahabatan dan kerja keras.

4. Klaus

4. Klaus
IMDb.com/Klaus

Jika anak-anak menyukai suasana Natal, maka Mama bisa memilih film Klaus karena memiliki cerita yang seru dan sarat makna. 

Saat menonton Klaus, anak mama akan menonton cerita tentang Sinterklas yang hadir dengan sisi baru dan tak terduga. 

Pemeran utama bernama Jesper merupakan anak dari bos besar yang memiliki kehidupan mewah, sehingga membuatnya seringkali bermalas-malasan. Kondisi inilah yang membuat sang Papa menghukum Jesper dan harus menjadi seorang seorang tukang pos di sebuah wilayah terpencil bernama Smeerensburg. 

Padahal Smeerensburg dikenal menjadi kota yang penuh dengan pertikaian seolah menjadi lambang budaya mereka. Walau sempat kaget dengan kondisi kota tersebut, namun Jesper perlahan dapat menjalani kehidupan yang berbeda.  

Hidup Jesper yang mendadak berubah menjadi lebih baik, bahkan dari kota tersebut membuat Jesper menemukan cinta dan teman sejatinya.

Film berdurasi 1 jam lebih 38 menit ini memberikan banyak pesan moral untuk anak-anak, termasuk saling berbagi dan memahami bahwa kebaikan tanpa pamrih itu akan selalu menular ke orang lain. 

Editors' Picks

5. My Neighbor Totoro

5. My Neighbor Totoro
IMDb.com/My Neighbor Totoro

Film My Neighbor Totoro diproduksi pada tahun 1988. Latar film ini bertempat di negara Jepang pada masa Perang Dunia ke-2.

Petualangan di film ini diperlihatkan ketika kakak adik bernama Satsuki dan Mei harus mengikuti sang Papa yang harus pindah ke sebuah perkampungan. 

Saat mereka pindah ke rumah baru, Mei dan Satsuki secara tidak sengaja bertemu dengan makhluk yang belum pernah dilihat mereka. Selain itu, Mei bertemu makhluk bernama Totoro dengan ukuran yang lebih besar. 

Setelah Mei, Satsuki pun bertemu dengan Totoro ketika menjemput sang Papa di halte bus. Jika Mama perhatikan secara detail dan mengikuti ceritanya, Totoro disebut-sebut sebagai penjaga hutan.  

Melalui film ini, Mama bisa mengajarkan mengenai keberanian sebuah kasih sayang antar anggota keluarga hingga persahabatan.

6. Next Gen 

6. Next Gen 
IMDb.com/Next Gen

Disutradarai oleh Kevin R. Adams dan Joe Ksander, film animasi berjudul Next Gen menceritakan tentang kehidupan sebuah tempat yang dihuni oleh robot. 

Seorang anak perempuan bernama Mai Su merasa kalau dirinya tidak mendapatkan perhatian oleh sang Mama, sehingga merasa sangat kesepian. Dalam menjalani kesepiannya tersebut tiba-tiba saja ada ikatan tak terduga antara Mai dengan sebuah robot rahasia yang dikenal sebagai 7723. 

Mai dan robot rahasia itu akhirnya berteman, keduanya membentuk sebuah petualangan baru dan memberantas segala kejahatan.  

Sang robot sebagai pelindung harus bertarung melawan segerombol robot lain yang berbahaya bagi Mai. 

7. Pokemon: Mewtwo Strikes Back - Evolution

7. Pokemon Mewtwo Strikes Back - Evolution
IMDb.com/Pokémon: Mewtwo Strikes Back - Evolution

Pokemon: Mewtwo Strikes Back - Evolution baru saja rilis secara eksklusif di Netflix pada bulan Februari 2020. 

Berbeda dengan sebelumnya,  Film Pokemon: Mewtwo Strikes Back-Evolution menggunakan teknik CGI dengan gaya baru dan belum pernah digunakan pada film-film animasi Pokemon lainnya. 

Film Pokemon kali ini terinspirasi oleh salah satu cerita paling populer dari franchise animasi yang telah lama digemari masyarakat. Pokemon: Mewtwo Strikes Back - Evolution menceritakan tentang petualangan Pikachu dan kawan-kawannya untuk melawan Mythical Pokemon Mew serta menyelamatkan dunia.

Mythical Pokemon Mew merupakan pokemon legendaris yang dahulu kala menjadi alat penghancur. Beberapa ilmuwan berusaha melakukan percobaan untuk menghidupkan kembali Mythical Pokemon Mew, namun berujung petaka.

8. Spirited Away

8. Spirited Away
IMDb.com/Spirited Away

Spirited Away termasuk film animasi yang dibuat oleh sutradara ternama dari Jepang bernama Hayao Miyazaki. 

Film ini bercerita mengenai seorang gadis bernama Chihiro yang berusia 10 tahun. Dirinya harus ikut dengan kedua orangtuanya saat pindah ke kota lain. Namun, Chihiro secara tidak sengaja masuk ke dunia lain berisi penyihir dan monster. 

Kedua orangtuanya berubah menjadi seekor babi raksasa yang rakus karena banyak makan. Sebagai seorang anak, Chihiro berusaha melawan ketakutan ketika bertemu dengan berbagai makhluk aneh di sekitarnya. 

Saat melawan segala ketakutan yang ada, Chihiro harus menyelamatkan orangtuanya dan keluar dari dunia dengan segala penyihir atau monster. Petualangan Chihiro memberikan segudang pesan positif untuk anak-anak yang menonton film Spirited Away seperti sebuah perjuangan, kerja keras hingga sebuah keberanian untuk menyelamatkan kedua orangtuanya.

9. The Christmas Chronicles

9. The Christmas Chronicles
Pinterest.com/Netflix

Setelah tak sengaja menabrakkan kereta salju Sinterklas, kakak beradik ini rela terjaga semalaman demi menyelamatkan Natal bersama Sinterlas yang jenius dan lugas. 

Kaka beradik yang diperankan oleh Darby Camp dan Judah Lewis seolah memberikan pengalaman berpetualang bersama Santa Claus. Keduanya berusaha menolong Santa Claus agar seluruh anak di dunia tetap bisa merayakan Natal bersama hadiah-hadiah yang diinginkannya. 

The Christmas Chronicles termasuk salah satu film keluarga bergenre action adventure. Di film ini, Santa Claus diperankan oleh Kurt Russell. Film original produksi Netflix ini sudah tayang pada 22 November 2018 lalu. 

Cocok sekali ditonton bersama anak-anak di rumah apalagi saat mereka sedang merindukan perayaan Natal tiba. 

10. Trollhunters: Tales of Arcadia

10. Trollhunters Tales of Arcadia
IMDb.com/Trollhunters: Tales of Arcadia

Jika anak mama termasuk tipe yang menyukai tontonan berdurasi panjang, maka serial dari Netflix berjudul Trollhunters: Tales of Arcadia bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di rumah. 

Dibuat oleh sutradara Guillermo del Toro, Trollhunters: Tales of Arcadia menghadirkan kisah dua dunia yang saling berdampingan satu sama lain. 

Bertempat di Arcadia, Jim (Emile Hirsch) dan kedua sahabatnya menemukan bahwa ada sebuah pertempuran tersembunyi antara troll jahat dan baik di bawah kota mereka selama ini. 

Di edisi pertama dari Trollhunters: Tales of Arcadia, anak-anak akan melihat interaksi dari tiga dunia yang saling berhubungan, mulai dari troll, alien dan penyihir. Ketiganya yang tinggal di Arcadia harus berhadapan dalam pertempuran mengerikan untuk memperebutkan kekuasaan dunia sihir. 

Film animasi ini cocok banget ditonton bersama keluarga apalagi visual yang ditampilkan juga tak kalah bagusnya dengan animasi populer lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi film anak-anak di Netflix yang wajib ditonton selama mengisi waktu luang. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.