Sebelum Diolah Menjadi Steak, Kenali 5 Jenis Potongan Daging Sapi

Yuk Ma, kembali lebih mengenal potongan daging sapi yang enak dijadikan steak!

23 Maret 2019

Sebelum Diolah Menjadi Steak, Kenali 5 Jenis Potongan Daging Sapi
Unsplash/Jason Leung

Steak merupakan hidangan ala barat yang telah lama dikenal di Indonesia nih, Ma. Jika dulu hanya dapat dikonsumsi oleh masyarakat menengah atas, kini semua orang bisa menikmatinya dengan harga yang relatif terjangkau. 

Namun banyaknya jumlah restoran steak di Indonesia, terkadang tidak didukung dengan pengetahuan Masyarakat mengenai daging steak yang berkualitas. 

Saat ditemui di Steak Hotel by Holycow! pada Selasa (19/3/2019), Kevindra Soemantri menjelaskan bahwa steak daging berkualitas memiliki tekstur yang lembut serta tingkat marbling yang baik. 

Perlu diketahui kalau marbling merupakan kandungan lemak intraotot yang ada pada steak daging. Jika kadar marbling semakin banyak ditemukan pada daging sapi, maka teksturnya akan semakin lembut dan juicy

Selain itu, Wynda Mardio sebagai Founder Steak Hotel by Holycow menambahkan keinginannya untuk mengedukasi masyarakat terhadap jenis daging yang berkualitas saat diolah menjadi steak. 

Kalau Mama penasaran mengenai potongan daging sapi yang cocok dijadikan steak, yuk simak rangkuman dari Popmama.com kali ini. Semoga bisa menginspirasi saat ingin membuat steak daging sendiri di rumah ya, Ma!  

1. Tenderloin 

1. Tenderloin 
Unsplash/José Ignacio Pompé

Tenderloin termasuk salah satu bagian daging yang biasanya diambil dari badan sapi bagian dalam ke belakang tepatnya di dekat ekor. 

Dalam pembuatan steak daging, tenderloin termasuk potongan daging sapi termewah. Apalagi tenderloin termasuk daging yang empuk serta halus dengan lemak rendah. Cocok untuk yang sedang berdiet, namun masih ingin mengonsumsi steak daging. 

Sesuai namanya, tenderloin termasuk bagian daging sapi yang memiliki tekstur paling lembut diolah. Bisa dibilang tekstur lembut dari tenderloin membuat bagian daging sapi tanpa lemak ini menjadi primadona bagi para pecinta steak.  

Usahakan saat diolah, terderloin tidak dimasak terlalu lama agar kualitasnya tetap terjaga. 

Baca juga: Kata Dokter Soal Aturan Makan Daging Kambing Bagi Ibu Hamil

Editors' Picks

2. T-Bone

2. T-Bone
newcreationfarm.com

T-Bone merupakan steak dari tulang berbentuk T yang terdapat di tengah daging. Potongan T-Bone menjadi bagian yang paling lengkap dan istimewa. 

Potongan steak daging ini cukup unik karena terdapat dua bagian daging yang berbeda. Satu sisi dari T-Bone merupakan bagian dari terderloin, lalu di sisi lainnya termasuk daging striploin. Perpaduan dari dua bagian daging ini memberikan cita rasa yang berbeda karena lebih lembut dan gurih.

Baca juga: Resep Daging Kambing Sayur Kol yang Hangat dan Gurih Sedap

3. Rib eye

3. Rib eye
beefitswhatsfordinner.com

Rib eye termasuk bagian dari daging sapi yang ada di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Meskipun bagian ini cukup lembut, namun banyak sekali lemaknya. 

Lemak yang di bagian rib eye membuat daging terasa lebih lezat. Biasanya daging rib eye dipotong dalam ukuran yang cukup besar, sehingga cocok untuk yang ingin mengonsumsi steak daging dalam porsi besar. 

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Memasak Daging Domba

4. Sirloin

4. Sirloin
straussdirect.com

Pemilihan nama ‘sirloin’ berasal dari legenda yang mengatakan bahwa dulu ada seorang raja Inggris begitu menyukai bagian daging ini, sehingga diberikan nama ‘sir loin’. 

Sirloin termasuk potongan daging yang berkualitas tinggi dan ideal, ini dikarenakan ukuran serta bentuknya sangat besar. Selain itu, potongan sirloin memiliki daging lembut dan bertekstur halus. 

Lapisan lemak yang menyelimuti daging menyebabkan cita rasa sirloin menjadi lebih gurih. Sirloin menjadi bagian daging terfavorit untuk para penikmat steak.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Daging Merah Berisiko Endometriosis?

5. Striploin

5. Striploin
butcherbox.ca

Striploin merupakan bagian daging sapi yang letaknya dekat bagian tenderloin, sehingga lembut. Jika diperhatikan, daging rtriploin memiliki ciri khas yang dapat membedakan yaitu bagian lemak. 

Lemak melapisi salah satu potongan daging, kondisi inilah yang membuat tekstur daging menjadi lembut dan cukup berminyak akibat lelehan lemak. 

Itulah beberapa potongan daging steak yang bisa dikonsumsi karena karakter dan teksturnya sangat khas. 

Semoga pengetahuan kali ini memberikan informasi baru untuk Mama. Apalagi kalau ingin membuat steak daging sendiri di rumah, potongan daging yang akan diolah harus diperhatikan. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.