Hal yang Harus Dilakukan Saat Memasak Daging Domba

Jangan sampai gagal ya, Ma!

22 Agustus 2018

Hal Harus Dilakukan Saat Memasak Daging Domba
Pexels/mali maeder

Saat hari raya Idul Adha, ibadah qurban menjadi salah satu kewajiban umat Islam yang memiliki kelebihan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya.

Selain kambing dan sapi, domba menjadi salah satu hewan yang dipilih untuk dijadikan qurban.

Tak sedikit yang begitu menyukai olahan domba dibandigkan kambing. Domba menjadi pilihan sebagian orang karena dianggap tidak memiliki kelenjar bau yang terdapat di ke empat kakinya sehingga lebih mudah untuk diolah menjadi makanan.

Bagi Mama yang berencana untuk mengolah daging domba, Popmama.com menyarankan untuk melakukan hal ini saat memasak daging domba. Apa saja?

1. Jangan langsung dimasak dalam keadaan dingin

1.	Jangan langsung dimasak dalam keadaan dingin
Pexels/Lukas

Ini merupakan langkah penting dan salah satu yang tidak boleh dilewati. Saat memasak daging domba, jangan langsung dari kulkas dingin ke oven panas atau penggorengan panas.

Hal ini justru akan memperpanjang waktu memasak dan dapat membuat potongan daging tidak matang merata.

Sebelum domba diolah, pastikan untuk memberikan waktu yang cukup untuk mencapai suhu ruangan.

Diamkan domba selama satu hingga dua jam setelah keluar dari dari kulkas.

2. Jangan merendam daging terlalu lama

2. Jangan merendam daging terlalu lama
Pexels/Artem Bali

Marinasi daging pada bumbu-bumbu, bisa sangat bagus untuk memperkaya rasa serta melunakkan potongan daging yang keras, tetapi waspada meninggalkan domba dalam bumbu-bumbu yang mengandung banyak asam dan garam.

Kedua bahan itu dapat memecah protein dalam daging domba sehingga membuat daging terasa empuk, tapi jika terlalu lama direndam dengan air garam atau asam daging bisa terlalu lembek jadi sulit untuk diolah.

Pada bagian paha domba memiliki daging yang sangat lembut sehingga bagian itu tidak benar-benar membutuhkan banyak pengasinan. Sebaliknya, pilihlah untuk menambahkan lebih banyak rasa dengan bawang putih, rempah-rempah, dan rempah segar.

Banyak yang percaya bahwa mendiamkan daging kambing, sapi atau domba dengan daun pepaya sekitar satu jam tanpa menambahkan garam dapat membuat daging akan empuk secara alami.

Editors' Picks

3. Mendiamkan daging terlalu lama dan tak langsung mengolahnya

3. Mendiamkan daging terlalu lama tak langsung mengolahnya
Pexels/Rene Asmussen

Hindari mengiris domba tanpa langsung di olah.

Memotong daging, dan membiarkannya di talenan lalu meninggalkan potongan daging diluar dapat membuat daging kering.

Untuk daging yang empuk, biarkan daging domba selama setidaknya 15 menit di suhu ruangan. Ini adalah waktu yang cukup bagi daging agar saat disajikan tetap juicy dan nikmat.

4. Iris daging domba dengan trik yang baik

4. Iris daging domba trik baik
Pexels/Archie Binamira

Mama akan menyiapkan sepotong daging yang lezat, jadi akan sangat memalukan jika kamu memotongnya secara salah.

Butir daging mengacu pada arah di mana serat otot berada. Selalu iris daging domba sesuai jalur seratnya agar lebih mudah diiris dan menghasilkan bentuk irisan daging yang sempurna. Mengiris daging sesuai dengan seratnya dapat menghasilkan potongan yang lembut dan empuk.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengolah daging domba. Mama sendiri lebih suka daging apa untuk sajian hari raya?