Selain Menghaluskan Kulit, Ini Manfaat Minum Air Putih

Mulai biasakan minum air putih yuk, Ma!

2 Desember 2020

Selain Menghaluskan Kulit, Ini Manfaat Minum Air Putih
Freepik

Sudah minum berapa gelas air putih hari ini, Ma?

Supaya tubuh tidak lemas saat beraktivitas, pasokan cairan sangat penting sebagai bahan bakar alami. Untuk itu, meminum air putih 8 gelas setiap harinya sangat dianjurkan ya.

Selain bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, air putih punya banyak manfaat lain. Untuk Mama yang penasaran dengan manfaat lain dari air putih, Popmama.com sudah merangkumnya.

1. Menangkal racun di tubuh

1. Menangkal racun tubuh
Freepik/katemangostar

Meminum air putih memang lebih menyehatkan daripada minuman yang bersoda.

Saat malam hari, tubuh Mama akan bekerja untuk memperbaiki diri dan berusaha mengeluarkan semua racun di dalam tubuh. Proses racun yang sudah di keluarkan tubuh akan dibantu dengan pembersihan semua racun yang berbahaya, asalkan Mama bisa rutin meminum air putih saat keadaan perut kosong di pagi hari.

Selain itu, meminum air putih juga bisa membersihkan usus dan mengusir racun di dalam ginjal. Air putih berguna sebagai pelumas alami untuk ginjal, sehingga Mama bisa terbebas dari penyakit batu ginjal.

Editors' Picks

2. Mencegah kenaikan berat badan

2. Mencegah kenaikan berat badan
Freepik/katemangostar

Sebagai perempuan pasti Mama ingin tetap menjaga berat badan ya, Ma. Untuk tetap ideal terkadang banyak perempuan menggunakan segala hal agar tidak kelebihan berat badan. Mulai dari rutin berolahraga hingga menjaga asupan pola makanan dengan diet.

Seperti yang Mama ketahui ada beberapa diet yang justru tidak menyehatkan untuk kesehatan tubuh.

Dengan cara yang alami seperti rutin meminum air putih setelah bangun tidur ternyata bisa membantu Mama untuk mencegah kenaikan berat badan lho.

Saat Mama rutin meminum air putih setiap pagi, Mama akan merasa kenyang. Mama akan merasa tidak terlalu lapar dan keinginan untuk makan jadi lebih berkurang dari bisanya.

Dengan begitu, air putih bisa digunakan untuk mencegah kenaikan berat badan. Ini dikarenakan air putih mengandung zat yang tidak mengandung kalori.

3. Menghaluskan kulit

3. Menghaluskan kulit
Freepik

Dehidrasi akibat kekurangan air putih bisa membuat kulit Mama jadi keriput. Untuk itu, air putih sangat penting untuk kesehatan kulit. Jangan sampai kulit jadi keriput sebelum waktunya ya, Ma.

Meminum air putih di pagi hari ternyata bisa membantu menghaluskan kulit Mama lho. Selain itu, manfaat lain membersihkan tubuh dari segala racun yaitu bisa membuat kulit jadi lebih bercahaya.

Sepenting itu ternyata air putih untuk membuat kulit tetap sehat dan cerah.

4. Memperlancar sistem pencernaan

4. Memperlancar sistem pencernaan
Freepik/yanalya

Pernah merasakan sembelit kah, Ma?

Ketika sembelit pasti rasanya tidak enak ya. Sembelit bisa terjadi akibat Mama malas meminum air putih, padahal segelas saja sudah sangat membantu.

Kebiasaan meminum air putih setelah bangun tidur bisa membantu Mama memperlancar sistem pencernaan. Kondisi pencernaan di dalam tubuh Mama akan bersih dan terbebas dari segala sumber sampah makanan nih, Ma.

Biasakan untuk rutin meminum air putih karena secara tidak langsung akan membantu Mama saat buang air besar. Proses dan pencernaan Mama akan terasa lebih lancar dari sebelumnya. Selain itu, meminum air putih saat perut kosong bisa mencegah asam lambung naik.

5. Membantu pertumbuhan rambut

5. Membantu pertumbuhan rambut
Freepik/phduet

Air putih juga bisa membuat Mama semakin cantik nih. Meminum air putih secara rutin bisa memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar, pertumbuhan rambut pun jadi lebih bagus.

Dehidrasi akibat kurang minum air putih bisa berdampak terhadap pertumbuhan rambut lho, Ma. Nutrisi yang kurang atau tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut mudah rapuh dan menipis.

Agar hal ini tidak terjadi pada rambut Mama dan kualitas rambut bisa terjaga, ada baiknya tetap memberi nutrisi untuk rambut dengan cukup meminum air putih. 

Manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak bisa disepelekan. Perbanyakan juga mengkonsumsi minum air putih mulai dari sekarang yuk, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.