AstraZeneca Diakui Ampuh 90 Persen oleh Inggris, Yuk Ma Vaksin!

Ampuh tangkal varian baru Delta lho Ma

26 Juni 2021

AstraZeneca Diakui Ampuh 90 Persen oleh Inggris, Yuk Ma Vaksin
Pixabay/fernandozhiminaicela

Saat ini Indonesia tengah menggalakkan vaksinasi Covid-19 nasional.

Bukan tanpa sebab, hadirnya varian B.1.617.2 atau varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India  danvaksinasi juga pertambahan angka positif Covid-19 yang semakin tinggi, menjadi alasan dialakkannya vaksinasi.

Tentunya menjadi harapan bagi negeri ini untuk menurunkan tingkat penularan virus corona SARS-CoV-2 dengan berbagai mutasinya.⁣

Saat ini, vaksin yang tengah banyak dipergunakan di Republik Indonesia adalah jenis AstraZeneca-Oxford University.

Apakah vaksin yang diberi nama Vaxzevria ini dapat menangkal varian Delta? Melanis dari IDN Times, Jawabannya adalah "Bisa"!⁣

Oke Ma, Popmama.com akan sajikan umannya untukmu agar semakin yakin untuk menerjurkan diri dan keluarga untuk divaksinasi.

Editors' Picks

1. Riset dari Oxford membuktikan AstraZeneca ampuh

1. Riset dari Oxford membuktikan AstraZeneca ampuh
Pexels/thirdman

Dilansir Reuters, vaksin AstraZeneca dan Pfizer (Comirnaty) telah menunjukkan kiprahnya, dengan efektivitas tinggi mencegah infeksi varian Kappa (B.1.617.1) dan Delta.

Hasil penemuan ini bukan tanpa dalih, namun berdasarkan studi yang dilaksanakan oleh Oxford pada (17/6) lalu, yang laporannya diberi judul "Reduced neutralization of SARS-CoV-2 B.1.617 by vaccine and convalescent serum".⁣

Studi gabungan yang juga melibatkan peneliti dari Afrika Selatan, Thailand, Amerika Serikat (AS), dan Brasil ini, menyelidiki kemampuan antibodi peserta yang sudah menerima dua dosis vaksin dalam mencegah varian Delta dan Kappa yang diketahui lebih mudah menular.⁣

"Tidak ada bukti penyebaran luas. Temuan ini menunjukkan bahwa generasi vaksin saat ini akan memberikan perlindungan terhadap garis keturunan B.1.617," tulis penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Cell⁣ ini.

2. Inggris klaim AstraZeneca ampuh 90 persen tangkal varian baru Delta

2. Inggris klaim AstraZeneca ampuh 90 persen tangkal varian baru Delta
Freepik/User7350813

Penelitian dari Public Health England (PHE) juga menyebut bahwa vaksin AstraZeneca dapat mengurangi kemungkinan infeksi varian Delta dengan efektivitas mencapai 90 persen!⁣

Selain itu peneliti juga mengungkap vaksin Comirnaty dari Pfizer-BioNTech, PHE menyatakan kalau vaksin dari AS tersebut 96 persen ampuh menahan varian Delta. 

Begitu juga dengan PHE yang menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca tidak kalah ampuhnya, dengan efektivitas 92 persen.⁣

3. Waspada pada varian Delta dan varian Alpha yang dapat jadi teladan

3. Waspada varian Delta varian Alpha dapat jadi teladan
Freepik/pikisuperstar

Memang tak bisa dipungkiri, varian Delta tidak dapat diremehkan karena World Health Organisaztion saja sudah menganggapnya sebagai ancaman tingkat global. 

Jumat (18/6) lalu, kepala ilmuwan Badan Kesehatan Dunia (WHO), dr. Soumya Swaminathan, mengatakan bahwa varian Delta adalah versi SARS-CoV-2 yang sekarang mendominasi global.

Bahkan, para peneliti Oxford juga menganalisis kemungkinan terinfeksi lebih dari sekali pada penyintas Covid-19 jenis ini.

Menilai kemampuan antibodi dalam darah para penyintas Covid-19 dari varian Beta (B.1.351) dari Afrika Selatan serta varian Gamma (P.1) yang ada di Brasil, risiko terinfeksi varian Delta dinilai lebih tinggi.

Pada satu sisi, justru varian Alpha dikatakan dapat menjadi teladan. Hal tersebut dilihat dari fungsi lain dari virus tersebut. 

Pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020, varian B.1.1.7 atau Alpha, justru dapat memberikan perlindungan pada seluruh varian, termasuk varian Delta. 

Oleh karena itu, para peneliti Oxford menilai bahwa B.1.1.7 dapat dijadikan model untuk vaksin generasi selanjutnya.

"Yang menarik, infeksi B.1.1.7 tampaknya memberikan perlindungan silang terhadap semua variant of concern. Berarti B.1.1.7 mungkin menjadi kandidat vaksin varian baru untuk memberikan perlindungan terluas," ungkap penelitian tersebut.

Memang dalam kehidupan yang rumit dan penuh perjuangan selalu ada hasil yang positif jika manusianya selalu ingin berusaha. 

Seperti halnya para peneliti di bidang kesehatan saat pandemi seperti ini yang tak pernah lelah berurusan dengan virus guna mempelajari kiprahnya. 

Alhasil mereka justru menemukan keunikan kan Ma. Tak disangka salah satu varian memiliki model pelindung yang kuat. 

Kita doakan saja agar manusia terus dapat menemukan apa yang mereka cari yakni kehidupan yang kembali normal seperti sediakala. Aammiiinn! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.