Kenali 5 Manfaat dan Panduan Menu Diet Keto yang Tepat

Tak hanya mengurangi berat badan, ada manfaat lainnya yang didapatkan dari diet keto lho!

5 Agustus 2021

Kenali 5 Manfaat Panduan Menu Diet Keto Tepat
Shutterstock/P Maxwell Photography
Dok. Jovee (Foto tidak bisa digunakan kembali)

Diet ketogenik atau diet keto adalah program diet yang mengedepankan asupan lemak yang tinggi dan asupan karbohidrat yang rendah. Diet keto diketahui menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Diet ini dianggap dapat membantu menurunkan berat badan bersamaan dengan meningkatkan energi untuk beraktivitas. Ketika kamu ingin menjalankan diet ini, kamu hanya perlu mengonsumsi menu diet keto.

Lantas apa saja manfaat lainnya yang didapatkan ketika menjalani diet keto? Dan apa saja menu makanan diet keto yang tepat?

Yuk simak manfaat dan menu diet keto di bawah ini yang telah Popmama.com rangkum berdasarkan informasi dari Kelvin Halim, S. Gz. yang merupakan ahli gizi dari Jovee. 

Baca terus ya!

1. Membantu mengendalikan nafsu makan

1. Membantu mengendalikan nafsu makan
Freepik/Jcomp

Manfaat yang pertama adalah membantu mengendalikan nafsu makan. Salah satu masalah yang harus dihadapi ketika seseorang menjalani program diet adalah nafsu makan. Nah menjalani program diet keto justru dapat membantu kamu dalam mengendalikan nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi menu diet keto yang rendah karbohidrat, maka nafsu makan kamu akan lebih terkendali, sehingga tidak akan makan dalam porsi yang berlebihan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Freepik/user18526052

Manfaat yang kedua adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana diet keto yang tinggi lemak dapat melindungi kesehatan jantung.

Diet keto memang mengedepankan menu makanan yang tinggi lemak, namun lemak yang ada di dalam menu makanan diet keto adalah lemak yang sehat.

Dengan begitu kolesterol di dalam tubuh juga akan berada pada tingkatan yang rendah sehingga jantung akan selalu terjaga kesehatannya.

Editors' Picks

3. Meningkatkan konsentrasi

3. Meningkatkan konsentrasi
Freepik/drobotdean

Diet atau pola makan yang kurang tepat seringkali membuat seseorang jadi sulit konsentrasi karena rasa lapar yang mengganggu. Namun berbeda dengan diet keto. Manfaat diet keto yang ketiga adalah meningkatkan konsentrasi.

Diet keto akan menghasilkan senyawa keton. Senyawa keton ini merupakan sumber energi yang daya gunanya jauh lebih panjang daripada glukosa. Maka dari itu, otak manusia akan mampu bekerja lebih lama dengan menggunakan energi dari keton.

4. Membantu mengendalikan epilepsi

4. Membantu mengendalikan epilepsi
Freepik/jcomp

Manfaat yang keempat adalah membantu mengendalikan epilepsi. Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya salah satu tujuan awal dari diet keto adalah untuk mengendalikan epilepsi.

Senyawa keton yang diperoleh dari program diet keto ternyata berperan melindungi sel-sel yang berada di otak manusia. Dengan begitu diet keto dapat membantu mencegah kerusakan pada otak manusia.

5. Membantu menurunkan berat badan

5. Membantu menurunkan berat badan
Pixabay/mojzagrebinfo

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa manfaat yang kelima adalah membantu menurunkan berat badan.

Program diet keto akan menggunakan lemak yang diperoleh dari menu diet keto sebagai sumber energi untuk menjalankan berbagai aktivitas. Dengan begitu, ketika terjadi proses pembakaran lemak nantinya membantu berat badan akan ikut menurun.

Nah itulah beberapa manfaat diet keto untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui manfaatnya, penting juga untuk mengetahui apa saja menu makanan untuk program diet keto yang tepat. Simak di bawah ini ya!

Menu Makanan untuk Menjalani Diet Keto yang Tepat

Menu Makanan Menjalani Diet Keto Tepat
Shutterstock/SewCream
Dok. Jovee (Foto tidak bisa digunakan kembali)

Ada beberapa menu makanan untuk diet keto yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan manfaat di atas. Berikut beberapa menu pilihannya:

Menu Daging

  • Untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi telur dadar yang digoreng dengan menggunakan mentega.
  • Untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi dada ayam yang dipanggang menggunakan mentega.
  • Untuk makan malam, kamu bisa mengonsumsi daging sapi yang di toast dengan mentega dan diberi topping keju.

Menu Sayuran

  • Untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi susu full fat saja.
  • Untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi salad yang terbuat dari sayuran, paprika, potongan daging ikan atau potongan udang, parutan keju, dan sedikit minyak wijen.
  • Untuk makan malam, kamu bisa mengonsumsi salad yang terbuat dari sayuran, paprika, potongan daging sapi, parutan keju, dan tomat.

Menu Campuran

  • Untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi daging sapi yang diolah bersama telur ayam, wortel, paprika, dan juga tomat.
  • Untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi salad yang terbuat dari sayuran, paprika, potongan daging ayam atau potongan udang, parutan keju, dan sedikit minyak wijen.
  • Untuk makan malam, kamu bisa mengonsumsi ikan laut yang diolah bersama brokoli, asparagus, dan keju.

Itulah menu makanan yang dapat dikonsumsi untuk melakukan diet keto dan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari diet ini. Namun perlu diketahui bahwa menu di atas mungkin berbeda-beda, berdasarkan gaya hidup, kondisi kesehatan, atau preferensi setiap orang.

Sehingga penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang bagaimana pola makan yang tepat dan tujuan untuk menentukan apakah rencana makan keto tepat untuk kebutuhan tubuhmu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.