Presiden Jokowi Resmi Longgarkan Aturan Penggunaan Masker

Pelonggaran aturan penggunaan masker dilakukan karena situasi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali

17 Mei 2022

Presiden Jokowi Resmi Longgarkan Aturan Penggunaan Masker
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di tengah masyarakat. Pengumuman ini disampaikan sendiri oleh Presiden Jokowi melalui siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (17/5/2022) sore.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan pandemik Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal, yang pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Jokowi.

Keputusan ini dibuat oleh pemerintah dikarenakan situasi penanganan kasus Covid-19 di Indonesia sudah semakin terkendali. Meski sudah dilonggarkan, tetap ada beberapa hal yang perlu Mama ketahui.

Kira-kira apa saja yang wajib Mama ketahui terkait pengumuman ini? Berikut Popmama.com berikan informasinya secara lebih detail.

Editors' Picks

1. Masyarakat di ruang terbuka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker

1. Masyarakat ruang terbuka diperbolehkan tidak menggunakan masker
Twitter.com/jokowi

Melalui siaran persnya yang disiarkan di YouTube, Presiden Jokowi mengatakan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Walau begitu, hal ini bisa dilakukan di area terbuka yang tidak padat orang.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ucap Jokowi.

2. Masyarakat yang berada di ruang tertutup dan transportasi publik tetap menggunakan masker

2. Masyarakat berada ruang tertutup transportasi publik tetap menggunakan masker
Pexels/zydeaosika

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menegaskan, jika masyarakat sedang melakukan kegiatan yang berada di ruang tertutup maupun transportasi publik tetap harus menggunakan masker.

"Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup, dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Jokowi.

3. Lansia dan memiliki penyakit komorbid tetap gunakan masker

3. Lansia memiliki penyakit komorbid tetap gunakan masker
Pexels/Marcelo Chagas

Selain itu, Jokowi juga menyarankan bagi masyarakat yang masuk ke dalam kategori rentan seperti lansia dan memiliki penyakit komorbid untuk tetap memakai masker.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," kata Jokowi.

"Demikian juga, bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," sambungnya.

Itulah rangkuman informasi yang berhasil dihimpun tentang Presiden Jokowi resmi melonggarkan aturan pemakaian masker di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi mama sekeluarga, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk