PPKM di Seluruh Indonesia Berakhir Mulai 9 Mei, Benarkah?

Meski telah berakhir, belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait perpanjangan PPKM

9 Mei 2022

PPKM Seluruh Indonesia Berakhir Mulai 9 Mei, Benarkah
Freepik/freepik

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan level yang berlaku di wilayah Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali berakhir pada hari ini, Senin (9/5/2022).

Sebelumnya, PPKM wilayah Jawa-Bali berlaku tiga pekan atau dimulai sejak 19 April 2022 lalu, sementara PPKM di luar Jawa-Bali berlaku selama dua pekan yang baru dimulai pada 26 April 2022 hingga 9 Mei 2022.

Meski demikian, hingga saat ini belum diketahui secara pasti, akankah PPKM diperpanjang kembali atau tidak. Hal ini dikarenakan, belum ada keterangan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selama pemberlakuan PPKM kemarin beberapa daerah mengalami perubahan status level. Tidak hanya itu saja, tren penurunan kasus konfirmasi positif maupun kematian juga terjadi pada pemberlakuan PPKM lalu.

Lebih jelasnya, simak rangkuman informasi yang sudah Popmama.com kumpulkan dari berbagai sumber secara lebih detail berikut ini.

Editors' Picks

1. Sejumlah daerah yang berada di level 1 mengalami kenaikan pada PPKM lalu

1. Sejumlah daerah berada level 1 mengalami kenaikan PPKM lalu
Freepik/jcomp

Bila mengingat kembali, pada pelaksanaan PPKM wilayah Jawa-Bali tiga pekan lalu, tidak ada daerah yang masuk dalam kategori PPKM level 4.

Bahkan, daerah level tiga pun hanya tinggal 2 kabupaten/kota saja. Sementara level dua berjumlah 97 kabupaten/kota, dan daerah level satu berjumlah 29 kabupaten/kota.

Pada pelaksanaan PPKM luar Jawa-Bali yang berlaku selama dua pekan lalu, jumlah daerah pada level 1 mengalami kenaikan dari sebelumnya hanya 84 daerah menjadi 131 daerah. Daerah pada level 2 yang sebelumnya 259 daerah menjadi 216 daerah saja.

Penurunan level ini juga terjadi di daerah pada PPKM level 3 dari yang sebelumnya hanya 43 daerah menjadi 39 daerah. Pemerintah pun mencatat bahwa sudah tidak ada daerah di luar Jawa-Bali yang masuk dalam PPKM level 4 dalam beberapa pekan terakhir.

2. Terjadi tren penurunan kasus konfirmasi positif Covid-19

2. Terjadi tren penurunan kasus konfirmasi positif Covid-19
Pexels/Keira Burton

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari laporan harian pemerintah, terlihat terjadi tren penurunan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam tiga pekan terakhir. Penurunan ini juga terjadi pada H+7 Idulfitri 1443 H.

Selama periode 18-24 April 2022, jumlah kumulatif kasus konfirmasi Covid-19 dalam sepekan berjumlah 4.227 kasus, sementara pada periode 25 April-1 Mei, penambahan kasus Covid-19 mingguan menurun menjadi 2.890 kasus.

Penurunan kasus ini juga terjadi pada pekan ketiga pemberlakuan PPKM atau periode 2-8 Mei 2022 kemarin di mana menjadi 1.391 kasus.

3. Tren penurunan juga terjadi pada kasus kematian Covid-19

3. Tren penurunan juga terjadi kasus kematian Covid-19
Pexels/Cottonbro

Tak hanya kasus konfirmasi, tren penurunan juga terjadi pada jumlah kasus kematian akibat Covid-19. Selama periode 18-24 April 2022 tercatat jumlah kumulatif kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebanyak 234 kasus.

Kemudian pada periode 25 April-1 Mei 2022, kasus kematian menurun menjadi 173 kasus. Pada pekan ketiga atau periode 2-8 Mei 2022, kasus kematian menurun menjadi 108 kasus.

Itulah rangkuman informasi tentang PPKM seluruh Indonesia yang berakhir pada hari ini, Senin (9/5/2022). Meski telah berakhir, belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait akan diperpanjang kembali atau tidaknya PPKM di seluruh Indonesia.

Jadi, kita tunggu saja keputusan dan pengumuman resmi dari pemerintah terkait PPKM ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk