40 Ayat Alkitab Menyambut Hari Raya Natal, Momen Kelahiran Yesus

Bisa jadi renungan menjelang momen Natal

23 Desember 2021

40 Ayat Alkitab Menyambut Hari Raya Natal, Momen Kelahiran Yesus
Popmama.com/Aristika Medinasari

Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani di seluruh dunia merayakan Hari Raya Natal memperingati kelahiran Yesus Kristus dengan berkumpul hingga menghias pohon Natal bersama. 

Menyambut hari yang ditunggu umat Kristiani untuk menjalani ibadah sekaligus mengingat hari lahir-Nya sang penebus dosa manusia tersebut, berikut Popmama.com rangkum mengenai 40 ayat Alkitab menyambut Hari Natal.

Yuk, disimak kumpulan ayat-ayat Natal berikut ini!

1. Kumpulan ayat Alkitab tentang kelahiran Yesus

1. Kumpulan ayat Alkitab tentang kelahiran Yesus
Unsplash/Walter Chávez

Sejarah penetapan hari Natal pada tanggal 25 Desember sebenarnya terus menjadi polemik.

Namun, beberapa sumber dan bukti menyatakan bahwa tanggal 25 Desember menjadi Hari Kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau hari Natal. Berikut kumpulan beberapa ayat Alkitab tentang kelahiran Yesus Kristus, anatara lain: 

Yesaya 7:14

Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Mazmur 72:11 

Semua raja akan bersujud di hadapannya, dan semua bangsa akan melayaninya.

Matius 1:22-23 

Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: ”Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” – yang berarti: Allah menyertai kita.

Matius 1:21 

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

Matius 1:20 

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Matius 1:18 

Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Lukas 2:6-7

Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

Lukas 2:4-5 

Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, – karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud – supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

Lukas 1:35 

Jawab malaikat itu kepadanya: ”Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

 Lukas 1:30-31 

Kata malaikat itu kepadanya: ”Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Zakharia 9 : 9 

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Yohanes 3 : 16 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kisah 5:31  

Dia telah ditinggikan Tuhan dengan tangan kanan-Nya untuk menjadi seorang pangeran dan Juruselamat, untuk memberikan pertobatan kepada Israel, dan menerima pengampunan dosa.

Lukas 2:20

Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Galatia 4:4-5 

Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.

Editors' Picks

2. Ayat-ayat Alkitab tentang damai Natal

2. Ayat-ayat Alkitab tentang damai Natal
Unsplash/Jonathan Borba

Hari Raya Natal membawa damai sukacita dan kebahagiaan untuk menyambut kedatangan Kristus pembawa damai dan terang dunia.

Maka itu, kumpulan ayat Alkitab berikut ini dapat menjadi renungan agar memperoleh kedamaian saat menyambut kedatangan Kristus.

Yesaya 9:6

Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan Tuhan semesta alam akan melakukan hal ini.

Yeremia 10:3-5

Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat.”

Lukas 2:14

Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

Lukas 2:10

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.

Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Yohanes 1:14

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Matius 2:11

Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

3. Kumpulan ayat-ayat alkitab tentang sukacita Natal

3. Kumpulan ayat-ayat alkitab tentang sukacita Natal
Pexels/Tima Miroshnichenko

Selain merasakan kedamaian, nuansa Natal juga membawa suasana sukacita tanpa penderitaan.

Beberapa ayat-ayat Alkitab berikut ini bisa menjadi pedoman sekaligus renungan agar terus tetap merasakan nuansa sukacita dalam diri dan saudara menjelang Hari Raya Natal, antara lain: 

Matius 2:10 

Ketika mereka melihat bintang, mereka sangat bersukacita dengan sukacita.

Lukas 2: 8-9

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Roma 12:10

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur,tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Yohanes 1:29

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Lukas 1:37

Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Yohanes 1:4-5

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Yohanes 1: 9-10

Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

2 Korintus 9:15

Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!

Galatia 4: 4-5

Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum taurat, supaya kita diterima menjadi anak.

Yakobus 1:17

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

4. Ayat-ayat Alkitab tentang liturgi Natal

4. Ayat-ayat Alkitab tentang liturgi Natal
Pexels/Nicole Michalou

Berikut ini kumpulan ayat-ayat Alkitab menjelang liturgi Natal tepat pada 25 Desember, antara lain: 

Yohanes 5:11

Akan tetapi ia menjawab mereka: “Orang yang telah menyembuhkan aku, Dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah.”

Roma 13:13

Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

Filipi 2: 8-10

“Dia merendahkan dirinya dengan menjadi taat sampai mati, bahkan mati di kayu salib. Oleh karena itu, Tuhan sangat menghormatinya dan memberinya nama di atas semua nama, sehingga atas nama Yesus semua orang di surga, di bumi, dan di bawah bumi dapat tunduk."

Mazmur 117: 1-2

“Puji Tuhan, hai semua bangsa! Sembah dia, kalian semua! Karena kasih setia Tuhan kepada kita kuat, kesetiaan Tuhan bertahan selamanya! Puji Tuhan!"

Korintus 9:15

“Terima kasih Tuhan atas hadiahnya yang tidak bisa diungkapkan kata-kata!”

Roma 6:25

"Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."

Yohanes 3:31-36 

"Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya."

Nah, itu dia rangkuman terkait 40 ayat Alkitab menyambut perayaan Natal. Kumpulan ayat-ayat Natal tersebut bisa dijadikan renungan untuk diri sendiri dan keluarga ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk