50 Ayat Alkitab tentang Perceraian, Bisa Menjadi Renungan Pribadi

Kumpulan ayat Alkitab ini bisa menenangkan hati dan pikiran, bahkan dapat menjadi bahan renungan

24 November 2021

50 Ayat Alkitab tentang Perceraian, Bisa Menjadi Renungan Pribadi
Unsplash/engin akyurt

Bagi umat Kristiani, penikahan merupakan momen sakral yang hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Maka dari itu, Mama perlu memastikan bahwa pasangan yang diajak untuk membangun bahtera rumah tangga sudah pilihan tepat dan merupakan jodoh dari Tuhan.

Tak sedikit juga pasangan suami istri yang selu membawa setiap hubungan mereka ke dalam sebuah doa, sehingga pernikahan mereka bisa langgeng. Hanya saja perceraian mungkin akan terjadi, namun perlu kembali diingat bahwa hal tersebut tidak disukai oleh Tuhan.

Ada banyak ayat Alkitab yang bisa memberikan pengertian tentang perceraian nih, Ma. Jika Mama penasaran beberapa ayat Alkitab yang membahas terkait perceraian, berikut Popmama.com telah merangkumnya. 

Bisa jadi sebuah renungan tersendiri, lho!

1. Ayat Alkitab tentang dampak kepada pasangan suami istri akibat perceraian

1. Ayat Alkitab tentang dampak kepada pasangan suami istri akibat perceraian
Freepik

Selayaknya pernikahan melibatkan dua orang, perceraian juga demikian. Ketika sudah membangun bahtera rumah tangga, ada dua pihak yang terlibat secara langsung dan otomatis.

Tak hanya saat awal pernikahan, melainkan dalam seluruh keputusan yang diambil, termasuk perceraian. Berikut ayat Alkitab yang menyatakan bahwa perceraian itu berdampak bagi pasangan suami istri, antara lain: 

Matius 5:31-32 

Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan istrinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zinah, ia menjadikan istrinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Yeremia 3:1

Firman-Nya: ”Jika seseorang menceraikan istrinya, lalu perempuan itu pergi dari padanya dan menjadi isteri orang lain, akan kembalikah laki-laki yang pertama kepada perempuan itu? Bukankah negeri itu sudah tetap cemar? Engkau telah berzinah dengan banyak kekasih, dan mau kembali kepada-Ku? Demikianlah firman Tuhan.

Lukas 16:18

Setiap orang yang menceraikan istrinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah.

Yesaya 50:1

Beginilah firman Tuhan: ”Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.

Yeremia 3:8

Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya. Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

Roma 7:3

Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain.

Markus 10:11-12

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu. Dan jika si istri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.”

1 Korintus 7:11

Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan istrinya. 

Markus 10:6-8

Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.

Efesus 5:28

Demikian juga suami harus mengasihi istrinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

1 Korintus 7:13

Dan kalau ada seorang istri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.

Editors' Picks

2. Ayat Alkitab tentang pernikahan yang tepat

2. Ayat Alkitab tentang pernikahan tepat
Freepik/freepic.diller

Perceraian sering sekali muncul ketika pasangan yang menikah ternyata belum siap masuk dalam masa pernikahan. Namun, apa daya, semua sudah terjadi dan keduanya sudah terikat dalam ikatan pernikahan.

Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui syarat pernikahan yang tertuliskan dalam Alkitab. Berikut beberapa di antaranya:

1 Korintus 7:39

Istri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya. 

Kejadian 2:24

Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Roma 7:2-3

Sebab seorang istri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu. Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain.

Efesus 5:33

Bagaimana juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Ulangan 22:19

mendenda dia seratus syikal perak dan memberikan perak itu kepada ayah si gadis – karena laki-laki itu telah membusukkan nama seorang perawan Israel. Perempuan itu haruslah tetap menjadi istrinya; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi.

1 Petrus 3:1

Demikian juga kamu, hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan istrinya. 

Matius 19:6-7

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Kata mereka kepada-Nya: ”Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan istrinya?”

Efesus 4:2-3

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Pengkhotbah 4:9

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.

1 Petrus 4:8

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 

Kolose 3:15

Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Amsal 3:3

Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu.

Kolose 4:6

Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

3. Ayat Alkitab tentang Tuhan tidak menghendaki perceraian

3. Ayat Alkitab tentang Tuhan tidak menghendaki perceraian
Unsplash/Zoriana Stakhniv

Sebagaimana yang sudah Mama ketahui, perceraian bukanlah sesuatu yang dikehendaki oleh Tuhan. Tuhan sendiri menginginkan agar pernikahan yang dijalani bisa bertahan selamanya.

Berikut ayat Alkitab yang menyatakan bahwa Tuhan tidak menghendaki perceraian, antara lain: 

Maleakhi 2:16

Sebab Aku membenci perceraian, firman Tuhan, Allah Israel – juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman Tuhan semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

1 Korintus 7:10

Kepada orang-orang yang telah kawin aku – tidak, bukan aku, tetapi Tuhan – perintahkan, supaya seorang istri tidak boleh menceraikan suaminya.

Markus 10:9

Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Ulangan 24:4

Maka suaminya yang pertama, yang telah menyuruh dia pergi itu, tidak boleh mengambil dia kembali menjadi isterinya, setelah perempuan itu dicemari; sebab hal itu adalah kekejian di hadapan Tuhan. Janganlah engkau mendatangkan dosa atas negeri yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.

Matius 19:8-9

Kata Yesus kepada mereka: ”Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan istrimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan istrinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.” 

Efesus 5:3-4

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

1 Korintus 7:27

Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan perceraian! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang!

1 Korintus 7:12

Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.

4. Ayat Alkitab tentang Tuhan akan membawa keluar dari masalah

4. Ayat Alkitab tentang Tuhan akan membawa keluar dari masalah
Unsplash/Francisco Gonzales

Salah satu alasan utama perceraian terjadi, yakni adanya masalah di tengah rumah tangga tersebut.

Perlahan demi perlahan, masalah yang ada semakin banyak dan akhirnya sudah tidak terbendungkan lagi. Alasan inilah yang mengantarkan sebuah pernikahan menjadi perceraian.

Namun, Mama jangan khawatir karena Tuhan pasti akan memberikan jalan keluar untuk masalah dalam rumah tangga. Berikut ayat Alkitab yang menyatakan Tuhan akan membawa keluar dari masalah, yakni:

Keluaran 14:14

Tuhan akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.

Filipi 1:6

Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Matius 11:28

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 

Mazmur 18:33

Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata; 

1 Petrus 5:7

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Yohanes 14:1

Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

2 Tesalonika 3:3

Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Yesaya 40:29

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yesaya 46:4

Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Yohanes 16:33

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.

Yosua 1:9

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.

2 Korintus 13:11

Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Itulah 50 ayat Alkitab tentang perceraian yang bisa menjadi sebuah renungan. Semoga kumpulan ayat ini bisa bermanfaat dan memberkati ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.