50 Ayat Alkitab tentang Kehamilan sebagai Renungan, Menenangkan Hati

Ayat Alkitab ini berisi janji dan pemeliharaan Tuhan selama menjalani masa-masa kehamilan

26 September 2021

50 Ayat Alkitab tentang Kehamilan sebagai Renungan, Menenangkan Hati
Freepik/prostooleh

Perlu diingat bahwa ada begitu banyak janji yang Tuhan berikan dalam hidup. 

Semua janji tersebut tertuliskan di dalam sebuah Alkitab yang menjadi dasar hidup orang percaya. Menariknya, janji tersebut tak hanya bekerja saat seseorang lahir ke dunia, melainkan jauh sebelum itu.

Ternyata, janji Tuhan juga berlaku bagi Mama, Papa serta janin yang masih ada dalam kandungan. Ada begitu banyak janji Tuhan tentang kehamilan yang selama ini tertuang dalam Alkitab. Jika Mama sedang membutuhkan kekuatan lewat ayat Alkitab dalam menjalani masa-masa kehamilan, diharapkan informasi ini bermanfaat untuk Mama. 

Berikut 50 ayat Alkitab tentang kehamilan yang sudah Popmama.com rangkum. Disimak ya, Ma!

1. Ayat Alkitab tentang Tuhan yang merencanakan setiap kehamilan

1. Ayat Alkitab tentang Tuhan merencanakan setiap kehamilan
Unsplash/Ryan Franco

Setiap kejadian yang hadir dalam hidup pasti sudah ada dalam rencana Tuhan. Hal yang mungkin belum kita ketahui di masa yang akan datang, semuanya sudah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan, tak terkecuali terkait masa-masa kehamilan.

Berikut beberapa ayat Alkitab tentang perencanaan Tuhan atas kehamilan:

Ayub 31:15

Bukankah Ia, yang membuat aku dalam kandungan, membuat orang itu juga? Bukankah satu juga yang membentuk kami dalam rahim?

Yesaya 44:21

Beginilah firman Tuhan , Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; ”Akulah Tuhan , yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi – siapakah yang mendampingi Aku?

Yesaya 49:5

Maka sekarang firman Tuhan , yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya – maka aku dipermuliakan di mata Tuhan , dan Allahku menjadi kekuatanku –, firman-Nya:

1 Samuel 1:27

Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan Tuhan telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya.

Ayub 22:28

Apabila engkau memutuskan berbuat sesuatu, maka akan tercapai maksudmu, dan cahaya terang menyinari jalan-jalanmu.

Yesaya 66:7

Sebelum menggeliat sakit, ia sudah bersalin, sebelum mengalami sakit beranak, ia sudah melahirkan anak laki-laki.

Ulangan 7:9

Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa Tuhan, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,

Mazmur 139:13

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

Yesaya 46:3

”Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim. 

Galatia 1:15

Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,

Yesaya 49:1

Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! Tuhan telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku. 

Maleakhi 2:14-15

Dan kamu bertanya: ”Oleh karena apa?” Oleh sebab Tuhan telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.

Efesus 2:10

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Yeremia 24:7

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah Tuhan . Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya.

Pengkhotbah 11:5

Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu.

Editors' Picks

2. Ayat Alkitab tentang kehamilan merupakan momen yang membahagiakan

2. Ayat Alkitab tentang kehamilan merupakan momen membahagiakan
Freepik/senivpetro

Apa perasaan yang muncul di benak Mama ketika melihat bahwa seorang anak akan hadir di tengah-tengah keluarga? Tentu saja, perasaan bahagia. Hal tersebut juga didukung dalam Alkitab bahwa kehamilan adalah kebahagiaan.

Inilah beberapa ayat Alkitab tentang kebahagiaan dari kehamilan, antara lain: 

Yohanes 16:21

Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

1 Timotius 2:15

Tetapi perempuan akan diselamatkan karena melahirkan anak, asal ia bertekun dalam iman dan kasih dan pengudusan dengan segala kesederhanaan.

Mazmur 127:3

Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah.

Amsal 31:25

Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

1 Korintus 7:14

Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andai kata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

Mazmur 127:3 

Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah.

3. Ayat Alkitab tentang Tuhan yang memelihara kehamilan

3. Ayat Alkitab tentang Tuhan memelihara kehamilan
Freepik/prostooleh

Selain perasaan senang yang muncul, Mama mungkin akan merasakan sebuah kekhawatiran.

Rasa khawatir itu wajar datang karena Mama ingin yang terbaik selama menjalani masa-masa kehamilan. Tenang saja, ada begitu banyak janji Tuhan yang menyatakan pemeliharaan Tuhan akan kehamilan.

Berikut beberapa ayat Alkitab tentang Tuhan yang memelihara kehamilan, antara lain:

Keluaran 23:26

Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu.

Filipi 4:6

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 

Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Yosua 1:9

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.

Keluaran 1:19

Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: ”Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang, mereka telah bersalin.

Filipi 4:7

Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

2 Samuel 22:23

Sebab segala hukum-Nya kuperhatikan, dan dari ketetapan-Nya aku tidak menyimpang;

Yesaya 40:29

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

2 Tawarikh 15:7 

Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu karena ada upah bagi usahamu. 

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

1 Tesalonika 5:23

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Yesaya 41:10

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

4. Ayat Alkitab tentang Tuhan punya rencana yang besar atas janin di dalam kandungan

4. Ayat Alkitab tentang Tuhan pu rencana besar atas janin dalam kandungan
Pexels/Amina Filkins

Rencana Tuhan tak berhenti hanya sampai proses kehamilan. Setelah lahir ke dunia, rencana Tuhan terus digenapi bahkan hingga mereka dewasa. 

Berikut beberapa ayat Alkitab tentang rencana yang besar atas janin di dalam kandungan, antara lain: 

Yeremia 1:5

Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.

Yesaya 54:13

Semua anakmu akan menjadi murid Tuhan, dan besarlah kesejahteraan mereka;

1 Raja-raja 8:19

Hanya, bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah itu, melainkan anak kandungmu yang akan lahir kelak, dialah yang akan mendirikan rumah itu untuk nama-Ku.

Mazmur 139:16

Mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Yeremia 29:11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Roma 8:29

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Yesaya 65:23

Mereka tidak akan bersusah-susah dengan percuma dan tidak akan melahirkan anak yang akan mati mendadak, sebab mereka itu keturunan orang-orang yang diberkati Tuhan, dan anak cucu mereka ada beserta mereka.

Mazmur 22:11

Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku. 

Ulangan 28:13

Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kau lakukan dengan setia. 

Yesaya 49:6b

Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.

5. Ayat Alkitab tentang berkat Tuhan atas anak yang akan lahir

5. Ayat Alkitab tentang berkat Tuhan atas anak akan lahir
Pexels/Leah Kelley

Sebagai seorang Mama dan Papa, pasti ingin agar anak yang lahir diberkati oleh Tuhan. Begitu juga yang dikehendaki Tuhan lewat ayat-ayat Alkitab ini. 

Berikut ayat Alkitab tentang berkat Tuhan atas anak yang akan lahir, antara lain:

Ulangan 28:11

Juga Tuhan akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu – di tanah yang dijanjikan Tuhan dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.

Ulangan 30:9

Tuhan, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu, dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu, sebab Tuhan, Allahmu, akan bergirang kembali karena engkau dalam keberuntunganmu, seperti Ia bergirang karena nenek moyangmu dahulu.

Amsal 11:21

Sungguh, orang jahat tidak akan luput dari hukuman, tetapi keturunan orang benar akan diselamatkan.

Yesaya 44:3

Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu. 

Mazmur 144:12

Semoga anak-anak lelaki kita seperti tanam-tanaman yang tumbuh menjadi besar pada waktu mudanya; dan anak-anak perempuan kita seperti tiang-tiang penjuru, yang dipahat untuk bangunan istana!

Ulangan 7:13

Ia akan mengasihi engkau, memberkati engkau dan membuat engkau banyak; Ia akan memberkati buah kandunganmu dan hasil bumimu, gandum dan anggur serta minyakmu, anak lembu sapimu dan anak kambing dombamu, di tanah yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.

Itulah 50 ayat Alkitab tentang kehamilan yang bisa menjadi renungan tersendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.