Harga Tempe Naik, Ini 5 Manfaat Makanan Berasal dari Kedelai

Catat Ma! Inilah 5 manfaat makanan yang berasal dari kedelai

10 Juni 2021

Harga Tempe Naik, Ini 5 Manfaat Makanan Berasal dari Kedelai
Unsplash/Wouter Supardi Salari

Adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi perekonomian di Indonesia. Salah satu sektor perekonomian yang terdampak yaitu para perajin tempe.

Tempe yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat harus diperkecil produksinya. Hal ini terjadi karena harga kedelai impor yang semakin tinggi akibat Covid-19 yang melanda. 

Kenaikan harga hampir dua kali lipat dari harga awal sebelum pandemi. Harga yang tadinya Rp 6.000-7.000 per kilogram, sekarang menjadi sekitar Rp 11.000 per kilogram.

Para perajin tempe mengakali situasi ini dengan mengurangi takaran kedelai sehingga membuat bentuk tempe menjadi lebih kecil daripada sebelumnya. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para pengusaha tempe untuk bertahan di tengah pandemi. 

Maka dari itu, harga tempe menjadi naik akibat pandemi. Namun, Mama tetap harus mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai karena memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh Mama.

Berikut Popmama.com rangkum 5 manfaat makanan yang berasal dari kedelai. Simak yuk, Ma!

1. Mengandung lebih banyak nutrisi

1. Mengandung lebih banyak nutrisi
Pexels/Cottonbro

Makanan yang berasal dari kedelai seperti tempe dan tahu ternyata memiliki banyak nutrisi. Namun ternyata, tempe memiliki lebih banyak nutrisi daripada tahu walaupun keduanya menggunakan kacang kedelai. 

Hal ini terbukti karena proses pembuatan tempe melalui fermentasi. Tidak hanya itu, tempe tidak terdapat antinutrien yang bisa menghambat penyerapan zat gizi berbeda dengan tahu. 

Maka, makanan yang berasal dari kedelai yakni tempe memiliki lebih banyak nutrisi. Mama bisa mengonsumsi tempe sebagai olahan dari kedelai yang manfaatnya bagus untuk kesehatan Mama.

Editors' Picks

2. Bisa mengurangi risiko penyakit jantung

2. Bisa mengurangi risiko penyakit jantung
Freepik/Jcomp

Ternyata, produk kedelai bisa menjaga kesehatan jantung Mama.

Dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai bisa menjaga tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Jika Mama ingin menurunkan tekanan darah, Mama bisa mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai agar jantung bisa tetap bekerja dengan baik.

Memiliki tekanan darah yang normal bisa mencegah terkena penyakit kardiovaskular yang bisa membahayakan kesehatan Mama.

3. Terhindar dari nyeri tulang dan sendi

3. Terhindar dari nyeri tulang sendi
Freepik/Karlyukav

Salah satu penyebab nyeri tulang dan sendi yaitu kurangnya mengonsumsi magnesium, kalium, dan fosfor untuk pertumbuhan tulang. 

Semua ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai karena memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. 

Mama bisa mengonsumsi makanan berasal dari kedelai secara rutin agar kesehatan tulang terjaga dan mencegah dari gejala radang sendi karena adanya kandungan isoflavon di dalam kedelai.

4. Mencegah kanker payudara karena kaya akan antioksidan

4. Mencegah kanker payudara karena kaya akan antioksidan
Freepik/Diana.grytsku

Selain bisa mencegah gejala radang sendi, kandungan isoflavon pada kedelai juga bisa mencegah kanker payudara.

Kandungan isoflavon yang bisa membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker payudara. Maka, mengonsumsi makanan dari bahan kedelai baik untuk Mama. 

Namun, Mama tidak boleh memakannya secara berlebihan agar tidak terdampak efek lainnya. Apalagi isoflavon yang berlebihan bisa malah memicu kanker.

5. Memperkuat sistem imun

5. Memperkuat sistem imun
Pexels/Marcus Aurelius

Di tengah pandemi Covid-19, tubuh memerlukan sistem imun dan kekebalan tubuh yang kuat agar tercegah dari virus Covid-19. 

Sama halnya dengan mencegah kanker payudara, kedelai juga bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari kedelai secara rutin, bisa membantu tubuh Mama terhindar dari berbagai macam patogen yang menginfeksi tubuh. 

Berikut 5 manfaat makanan yang berasal dari kedelai yang telah Popmama.com rangkum. Ada banyak sekali makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai, yoghurt yang bisa Mama konsumsi secara rutin. 

Tetap jaga kesehatan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.