3 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Meracik Teh dengan Baik

Tidak asal, begini cara meracik teh menurut Tea Master

26 Juli 2019

3 Hal Perlu Dipersiapkan Meracik Teh Baik
Freepik.com

Selain kopi, kini teh juga semakin beragam dan banyak diminati sebagai minuman pilihan masyarakat Indonesia. Beragam varian teh hadir, mulai dari teh tubruk hingga teh celup.

Tradisi minum teh sendiri diadaptasi sejak lama sebagai penghilang penat dan mampu membantu ketenangan diri.

"Teh merupakan kemewahan yang terjangkau. Melalui teh kita bisa menikmati hidup secara perlahan," ungkap Oza Sudewo, Indonesian Tea Specialist.

Zaman dahulu di Jepang saat terjadi peperangan, mereka hidup untuk bertahan dan sibuk berperang. Teh merupakan escape di tengah kesibukan mereka. Teh dapat menjadi sumber kesenangan. Bisa dibilang teh dijadikan bahan "rekreasi", demikian diceritakan Oza saat ditemui di Tea Master Cup Indonesia, pada hari Rabu (24/07/2019), di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa meracik teh cukup menyeduhnya saja dan bisa langsung diminum. Menurut Oza, ada 3 hal yang perlu dipersiapkan agar teh yang akan diminum memiliki khasiat yang maksimal dan tentunya lebih nikmat.

Apa saja yang perlu dipersiapkan agar rasa dan aroma teh tetap berkualitas? Yuk, simak infromasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Proper tea 

1. Proper tea 
Freepik.com

Pertama yang harus diperhatikan tentunya memilih teh yang akan diracik atau diseduh. Pilihlah jenis teh terbaik agar khasiatnya bisa maksimal dan bisa lebih nikmat saat diminum, baik teh tubruk maupun teh celup.

Teh terbaik dapat didefinisikan bahwa minuman teh dengan penampilan yang lebih baik, warna, aroma serta rasa secara keseluruhan.

Jadi, apakah kamu sudah menemukan teh terbaik versimu?

Editors' Picks

2. Proper water

2. Proper water
Freepik.com

Jika sudah mendapatkan jenis teh terbaik yang akan digunakan, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kandungan air yang akan digunakan dalam menyeduh teh.

Mineral dan oksigen pada air merupakan dua kandungan yang akan mengangkat teh dan membuatnya berkualitas. Namun, saat ini sudah susah sekali menemukan jenis air terbaik yang masih memiliki dua kandungan tersebut.

Sebagai salah satu Tea Master, Oza mengatakan bahwa akan percuma jika kualitas teh nya sudah bagus, tetapi air nya jelek. Sebab air itu ibunya teh, 97% kandungan teh itu isinya air.

"Bukan hanya daun yang terbaik dan mahal, pilihlah air yang baik dan bagus untuk mendapatkan hasil yang maksimal," ungkap Oza.

3. Proper equipment

3. Proper equipment
Freepik.com

Terakhir yang terpenting adalah peralatan untuk meracik teh. Gunakan saringan dan wadah yang pantas untuk menyeduh teh.

Hampir sama dengan peralatan meracik kopi, peralatan meracik teh biasanya terbuat dari bahan keramik atau kaca, karena kedua jenis tersebut bersifat netral dan baik untuk teh.

Jika ketiga hal tersebut sudah disiapkan, kini saatnya kamu meracik teh buatanmu sendiri. Eits! Ketika teh buatanmu sudah jadi, jangan langsung diminum ya. 

"Hirup aromanya dahulu baru minum, minumnya juga disesap agar lebih terasa saat menikmatinya," ucap Oza.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan khasiat dari minum teh untuk ketenangan diri dan bisa meminumnya lebih nikmat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.