Eksklusif: Kolaborasi Beda Budaya, Ini Cara Pola Asuh Daniel Mananta dan Viola Maria

Sempat trauma dengan sekolah, Daniel dan Viola menciptakan budaya ketiga dalam pola asuh mereka

27 September 2021

Eksklusif Kolaborasi Beda Budaya, Ini Cara Pola Asuh Daniel Mananta Viola Maria
Dok. Popmama.com

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri, begitu pula yang dirasakan oleh pasangan Daniel Mananta dan Viola Maria.

Setelah menikah pada tahun 2011 silam, keduanya kini dianugerahi dua orang anak yang mereka beri nama Mila Mananta dan Noam Mananta.

Dibesarkan dengan pola asuh budaya yang berbeda, Daniel dan Viola mengaku banyak mengambil pelajaran tentang mengasuh anak dari orangtua masing-masing.

Meski begitu, Daniel dan istri mengaku bahwa tak semua pola asuh yang ia dan istri terima semasa kecil, bisa diterapkan kepada kedua anaknya.

"Kita tidak harus mengikuti apa yang dilakukan orangtua kita sebelumnya, kita bisa belajar menjadi lebih baik dari orang lain juga," ujar Viola dalam exclusive interview bersama Popmama.com.

Di tengah kesibukan masing-masing, Millennial Couple of the Month edisi September 2021 ini berbagi cerita bagaimana keduanya menerapkan pola asuh kepada buah hatinya, Mila dan Noam.

Lantas, seperti apa gaya parenting yang diterapkan oleh Daniel Mananta dan Viola Maria kepada kedua anaknya?

Yuk, simak terus cara pola asuh Daniel Mananta dan Viola Maria yang berbeda budaya berikut ini sampai akhir ya, Ma.

1. Mengambil pelajaran dari pola asuh semasa kecil

1. Mengambil pelajaran dari pola asuh semasa kecil
Dok. Popmama.com

Dalam cerita yang dibagikan Daniel dan Viola, keduanya menyebutkan bahwa pola asuh yang orangtua mereka terapkan semasa kecil menjadi salah satu tolak ukur untuk mengasuh Mila dan Noam.

"Saya rasa setiap keluarga memiliki permasalahannya tersendiri. Orangtua saya juga banyak bertengkar waktu saya kecil, tetapi itu mengajarkan pada saya tentang pasangan yang menikah itu seperti apa, tentu saja ada perbedaan. Kita tidak harus mengikuti (pola asuh) apa yang dilakukan orangtua kita sebelumnya, kita bisa belajar menjadi lebih baik dari orang lain juga," ujar Viola menjabarkan.

Meski banyak mengambil nilai pola asuh semasa kecil mereka terdahulu, rupanya tak semua pola asuh tersebut bisa mereka terapkan kepada kedua anaknya.

Selain karena perbedaan budaya, Daniel dan Viola ingin ada pola asuh baru yang diadaptasi dari kedua budaya tersebut.

Sebagaimana diungkapkan Daniel, "Apa yang bisa kita dapatkan, nilai yang terbaik dari orangtua kita, itu semua yang kemudian dimasukkan ke dalam budaya ketiga kita dalam menciptakan pola asuh baru."

Editors' Picks

2. Sempat trauma sekolah, Daniel belajar banyak dari gaya parenting Viola soal pendidikan anak

2. Sempat trauma sekolah, Daniel belajar banyak dari gaya parenting Viola soal pendidikan anak
Dok. Popmama.com

Lain Viola, lain pula Daniel Mananta. Pembawa acara kondang ini mengaku pola asuh semasa kecilnya sengat erat kaitannya dengan budaya Tionghoa.

Jika Viola dibesarkan dengan pola asuh dunia pendidikan secara lebih halus, Daniel justru mengaku bahwa pola asuh di keluarganya terkait pendidikan sangatlah keras. Begitu ia mengenang masa kecilnya.

Lelaki kelahiran tahun 1981 itu sempat berpikiran bahwa pola asuh keras dalam pendidikan adalah hal yang normal dilakukan setiap orangtua. Namun, ternyata setelah menikah dengan Viola Maria, Daniel menyadari bahwa pemikirannya salah jika menganggap hal itu adalah sesuatu yang wajar.

"Sampai akhirnya saya ketemu Viola dan (pola asuh) itu bukan hal yang normal. Ternyata sekolah itu bisa lho menyenangkan," lanjutnya.

Sehingga, ia ingin memberikan yang lebih baik pada anak-anaknya. Daniel tidak menerapkan pola asuh yang sama seperti masa kecilnya terdahulu.

Ia menyadari jika menerapkan hal yang sama, itu justru membuat sang anak menjadi trauma dan tidak suka dengan dunia sekolah.

Presenter bersuara khas ini bersyukur dirinya dipertemukan dengan sosok Viola, di mana kini keduanya dapat berkolaborasi menciptakan pola asuh baru untuk mendidik putra-putri mereka.

Daniel pun menambahkan, "Pola asuh yang keras itu udah pasti anak saya nggak suka banget sama yang namanya sekolah, sampai trauma. Untungnya ada Viola yang membenarkan itu, berhubungan dengan pola asuh dalam mendidik anak, jadi anak bisa kembali suka sekolah."

3. Membentuk budaya ketiga dalam menentukan pola asuh yaitu Budaya Mananta

3. Membentuk budaya ketiga dalam menentukan pola asuh yaitu Budaya Mananta
Dok. Popmama.com

Orangtua tentu akan banyak mempelajari hal-hal baru dalam memberikan pola asuh terbaik demi tumbuh kembang anak-anaknya. Begitu pula yang dilakukan Daniel dan Viola.

Tak hanya belajar dari pola asuh semasa kecil, mereka juga banyak belajar dari orang lain dalam menentukan pola asuh seperti apa yang bisa diterapkan pada Mila dan Noam.

Daniel dengan budaya pola asuh khas Indonesia dan Tionghoa, sementara Viola dengan pola asuh Jerman dan Italia. Itulah yang akhirnya membuat keduanya menciptakan budaya baru dalam keluarga mereka.

"Akhirnya yang terjadi adalah kita berdua, saya dengan budaya saya, Viola dengan budaya Jerman-Italia, akhirnya kita membuat yang namanya budaya ketiga. Di mana masih ada eastern dan western, itu menjadi Budaya Mananta di sini, menjadi budaya keluarga kami," ujar Daniel.

4. Jadi anak-anak yang berbeda, Daniel dan Viola membesarkan sang buah hati dengan Budaya Mananta

4. Jadi anak-anak berbeda, Daniel Viola membesarkan sang buah hati Budaya Mananta
Instagram.com/lolagin

Menurut Daniel, mereka tidak bisa lagi bergantung pada pola asuh yang diterapkan pada orangtuanya terdahulu. Akan tetapi, nilai terbaik yang mereka dapat semasa kecil lah yang kemudian ditanamkan kepada budaya keluarga Mananta.

Dengan menggabungkan kedua budaya berbeda pada budaya baru keluarga mereka, Daniel dan Viola menjelaskan inilah yang membedakan anak-anak mereka dari anak pada umumnya.

"Itu yang dipelajari dari masa kecil saya dan masa kecil Viola. Itu juga yang akan membuat anak-anak kita lebih berbeda dari anak-anak pada umumnya, karena mereka mendapatkan exposure yang berbeda dari kita," tutup Daniel.

Itu dia cerita Daniel Mananta dan Viola Maria dalam menciptakan pola asuh bagi kedua anaknya, Mila dan Noam. Semoga cara Daniel dan Viola dalam menciptakan pola asuh berbeda untuk buah hatinya bisa dijadikan inspirasi untuk Mama dan Papa sekalian ya.

Selain keseuran wawancara, simak juga video seru tim Popmama.com dengan Daniel dan Viola berikut ini:

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.