Eksklusif: Hilangkan Rasa Takut Jadi Cara Daniel Mananta untuk Saling Menghargai Perbedaan

Menikah dengan perempuan beda kebudayaan, Daniel lebih belajar arti menghargai perbedaan

28 September 2021

Eksklusif Hilangkan Rasa Takut Jadi Cara Daniel Mananta Saling Menghargai Perbedaan
Instagram.com/vjdaniel

Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk hidup saling berdampingan dan menghargai perbedaan. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara dengan yang kaya akan keberagaman, itulah mengapa perlu adanya nilai toleransi antar sesama.

Toleransi menjadi sikap saling menghargai dan menghormati pendirian, pendapat, pandangan dan kepercayaan orang lain yang berbeda dengan diri sendiri.

Sebagai seseorang yang lahir dan dibesarkan di Indonesia, presenter Daniel Mananta mengakui bagaimana keragaman di Indonesia justru menjadi sesuatu yang dapat menyatukan antara satu sama lain.

Jika berbicara soal keberagaman dan menghargai perbedaan, melalui Youtube Channel Daniel Mananta Network, ia banyak memberikan dukungan pada orang lain di tengah kondisi yang sulit ini.

Lewat program Daniel Tetangga Kamu dan Journey To Love, Papa dua orang anak ini sudah mendatangkan banyak bintang tamu yang memberikan pesprektif baru baginya tentang arti perbedaan.

"Indonesia ini kan sangat beragam, menurut saya justru ini menjadi tempat untuk belajar banyak sekali perspektif dari orang-orang luar biasa dengan keberagamannya itu sendiri," ujar Daniel dalam exclusive interview untuk Millennial Couple of the Month edisi September 2021.

Lantas, bagaimana seorang Daniel Mananta memaknai arti menghargai perbedaan? Berikut Popmama.com telah merangkum ulasan selengkapnya.

1. Menurut Daniel, perbedaan adalah hal yang mahal

1. Menurut Daniel, perbedaan adalah hal mahal
Dok. Popmama.com

Ketika ditanya bagaimana seorang Daniel Mananta memaknai adanya sikap toleransi, suami dari Viola Maria ini mengaku dirinya lebih menyukai pernyataan menghargai perbedaan dibandingkan dengan toleransi.

"Kalau menghargai perbedaan itu seperti ok nih saya tau dia berbeda dari saya, mulai dari cara pandang, keyakinan, warna kulit, semuanya berbeda. Tapi justru saya menghargai itu, karena semua orang itu nggak sama," ujar Daniel.

Ya, semua manusia memang tidaklah sama.

Tuhan menciptakan setiap manusia dengan perbedaannya masing-masing. Itulah mengapa Daniel menyebutkan bahwa adanya perbedaan antar satu sama lain menjadi hal yang mahal harganya.

Daniel menambahkan, "Tuhan menciptakan kita itu berbeda. Kita menaruh harga ke perbedaan ini, sehingga perbedaan ini jadinya mahal."

Editors' Picks

2. Banyak belajar dari orang-orang yang memiliki perbedaan dengannya

2. Banyak belajar dari orang-orang memiliki perbedaan dengannya
Instagram.com/vjdaniel

Dikelilingi dengan orang-orang yang memiliki banyak perbedaan dengan dirinya, Daniel Mananta justru menyebut hal tersebut menjadi ajang pembelajaran baginya.

"Justru karena kita saling berbeda, ada beberapa perspektif yang saya nggak pernah lihat dan nggak pernah sadari, tapi orang itu bisa punya," ungkapnya.

Daniel mengaku dengan adanya perbedaan, hal ini yang akan menjadi penyatu, bukan malah memisahkan. Ia pun mengakui bahwa cara pemikiran, cara orang lain mengambil keputusan, hal-hal seperti itu yang justru membuatnya banyak belajar.

"Perbedaan inilah yang akan membuat kita kuat, bukan malah terpisahkan dalam perbedaan," ungkap Daniel.

3. Menikah dengan perempuan yang berbeda kebudayaan

3. Menikah perempuan berbeda kebudayaan
Dok. Popmama.com

Daniel Mananta resmi mempersunting pujaan hatinya, Viola Maria pada 2011 silam. Istri dari Daniel ini diketahui merupakan perempuan keturunan Jerman dan Italia.

Menikah dengan perempuan berbeda kebudayaan dengan dirinya tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan adaptasi dalam memahami budaya satu sama lain demi menciptakan rumah tangga seperti yang mereka inginkan.

Dalam cerita yang dibagikan oleh Daniel kepada Popmama.com, Papa dua orang anak ini menyebutkan bahwa di awal pernikahan mereka, ia sempat merasa jika sang istri selalu marah ketika membahas perbedaan pendapat.

"Viola itu ada campuran darah Italia, di mana mereka kalau ngomong nadanya cukup tinggi, cepat dan ekspresif banget. Di awal pernikahan, saya merasa kalau Viola tuh selalu marah kalau ngomongin sebuah pendapat, apalagi pendapat yang udah mulai berbeda. Bahkan sering berpikir "nih kenapa dia marah?" Tapi, ternyata cara dia mengungkapkan pendapat ya memang seperti itu," ungkapnya menjelaskan.

Daniel menjelaskan, hal yang dilakukan Viola ternyata wajar terjadi bagi mereka keturunan Italia.

Dijelaskan pula oleh Daniel, kalau orang Italia marah itu bisa 10 kali lipat lebih marah dari cara bicara sang istri. "Mereka sebenarnya nggak marah, emang kalau ngomong mereka teriak-teriak aja," sambungnya.

Mengetahui hal tersebut, keduanya kemudian belajar untuk memahami kebudayaan masing-masing. Daniel menyebutkan bahwa ia harus membiasakan diri dan sadar kalau nada bicara sang istri memang seperti itu.

"Pada akhirnya kita sama-sama yang "ok sebentar ini udah mulai marah nih, ini kamu marah atau passionate aja?" jadi lebih bertanya satu sama lain jika sudah mulai nada tinggi," jelas Daniel.

Semakin lama Daniel jadi semakin mengenali Viola dan semakin memahaminya. Ia pun sangat menghargai perbedaan yang hadir di antara keduanya.

4. Menghilangkan rasa takut menjadi sikap terbaik Daniel dalam menghargai perbedaan

4. Menghilangkan rasa takut menjadi sikap terbaik Daniel dalam menghargai perbedaan
Dok. Popmama.com

Hidup di tengah keberagaman yang berbeda tentu membuat Daniel Mananta harus menerima dan menghadapinya dengan bijaksana. Alih-alih menghindar, ia mengaku bahwa langkah pertama yang dilakukan untuk menghadapi sesuatu perbedaan adalah dengan menghilangkan rasa takut.

Seperti penjelasannya, "Ketika kita menghadapi sesuatu yang berbeda, kita akan takut. Lalu pada akhirnya kita lebih baik menghindari daripada menghadapi."

Selain menyampingkan rasa takut, Daniel juga menambahkan bahwa ia harus memiliki rasa ingin tahu akan orang tersebut. "Pengin tahu, bukan nyerah dan menghindar," sambungnya. 

Menurut Daniel, kedua cara itu akan membantunya untuk mengetahui bagaimana cara orang lain menghadapi hidup dan apa saja ketakutan yang mereka hadapi.

Dengan menghilangkan rasa takut dan mulai memahami orang lain, maka rasa untuk menghargai satu sama lain pun akan terbangun dengan sendirinya. Itulah yang Daniel lakukan untuk menanamkan sikap saling menghargai perbedaan.

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.