Kenali Penyebab Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Jangan sampai lupa untuk membersihkan gigimu, ya!

27 Juni 2020

Kenali Penyebab Karang Gigi Cara Mengatasinya
Freepik

Mengalami permasalahan pada gigi dan mulut tentu menjadi hal yang menyebalkan. Selain mengganggu penampilan, permasalahan gigi dan mulut tentu membuat rasa percaya diri menurun.

Beragam permasalahan gigi yang paling sering dialami adalah menumpuknya karang gigi atau kotoran yang melapisi bagian gigi dan gusi seseorang. Kotoran tersebut dinamakan plak yang akan terus berkembang biak jika tidak segera ditangani.

Jika plak tersebut dibiarkan menumpuk, tentu saja selain menganggu penampilan, bisa menyebabkan kerusakan gigi secara permanen, menyebabkan peradangan pada gigi atau ginggivitis, bau mulut, bahkan yang lebih parahnya lagi adalah berisiko sebabkan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui fakta penting mengenai karang gigi dan cara mengatasinya. Berikut ini Popmama.com telah merangkum apa saja penyebab dan bagaimana cara mengetasi karang gigi, disimak yuk!

Editors' Picks

1. Apa itu karang gigi?

1. Apa itu karang gigi
Unsplash/Yingpis Kalayom

Karang gigi adalah kondisi dimana terdapat lapisan seperti kotoran yang sulit untuk dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat.

Karang gigi disebabkan karena adanya plak yang mengeras dan tidak segera ditangani. Plak ini sebenarnya adalah lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi.

Plak tersebut biasanya terbentuk akibat sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Jika tidak segera dilakukan pembersihan yang optimal, nantinya tumpukan tersebut akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

2. Penyebab karang gigi

2. Penyebab karang gigi
Unsplash/rawpixel

Karang gigi disebabkan karena adanya plak yang menumpuk akibat sisa-sisa makanan. Makanan atau minuman yang dapat memicu plak penyebab karang gigi diantaranya adalah makanan yang mengandung gula, seperti permen, kue, atau minuman bersoda.

Selain akibat sisa-sisa makanan, tingkat pembentukan karang gigi juga dipengaruhi oleh kebiasaan buruk seseorang dalam membersihkan gigi dan mulut.

Tidak hanya itu, seseorang juga memiliki risiko tinggi mengalami karang gigi apabila dirinya perokok, jarang membersihkan gigi, bahkan orang yang menggunakan obatan-obatan yang memengaruhi kesehatan gigi seperti antihistamin atau dekongestan juga bisa mengalami karang gigi.

3. Cara mengatasi dan mencegah karang gigi

3. Cara mengatasi mencegah karang gigi
Freepik

Karang gigi sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin membersihkan gigi. Namun, jika kamu sudah terlanjur mengalaminya, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Sikat gigi

Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Dokter biasanya menyarankan untuk menyikat gigi setidaknya selama dua menit, sehingga lebih optimal membersihkan setiap permukaan gigi. Agar tidak melukai gusi, gunakanlah sikat gigi dengan bulu yang lembut.

  • Obat kumur

Setelah makan, mulailah rutin menggunakan obat kumur. Hal ini untuk mengurangi pembentukan plak yang akan membuat karang gigi semakin parah. Gunakan obat kumur yang mengandung fluoride untuk hasil yang maksimal.

  • Flossing

Ternyata, sikat gigi saja masih belum cukup lho. Karena faktanya, menyikat gigi hanya membersihkan sebesar 25% saja.

Untuk menjagkau sudut-sudut kecil pada gigi, diperlukan benang gigi. Oleh karena itu, dental floss diciptakan untuk membantu membersihkan gigi dan gusi secara maksimal. Gunakan setelah makan ya, agar tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal.

  • Rutin memeriksa kesehatan gigi

Langkah yang satu ini masih menjadi penyebab sering terjadinya permasalahan pada gigi. Padahal, melakukan pemeriksaan dokter gigi secara rutin adalah cara ampuh untuk mencegah terjadinya permasalahan gigi seperti penumpukan karang gigi.

Mulailah rutin memeriksa kesehatan gigimu minimal enam bulan sekali, hal ini agar kondisi gigi dan mulu tetap sehat dan nafas menjadi lebih segar.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Penyebab utama menumpuknya karang gigi adalah karena sisa-sisa makanan yang dikonsumsi, terlebih makanan yang kaya akan gula. Mulailah untuk menghindari makanan manis terlalu sering.

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, ternyata juga memperburuk kesehatan gigimu lho. Lebih baik mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti sayu dan buah-buahan. Selain bernutrisi, juga bisa membersihkan gigi karena kaya akan serat.

Itulah penyebab dan bagaimana cara mengatasi karang gigi. Semoga setelah ini kita bisa lebih aware lagi dengan kesehatan gigi sendiri, hal ini agar tidak terjadi penumpukan plak yang akan menyebabkan karang gigi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.