5 Kata-Kata yang Sering Diucapkan di Tahun Baru Imlek

Kamu juga bisa ucapkan kata-kata ini untuk orang yang kamu sayangi saat Imlek

14 Januari 2020

5 Kata-Kata Sering Diucapkan Tahun Baru Imlek
Freepik

Sebagai salah satu cara menyambut tahun baru China, biasanya kita memberikan ucapan dan harapan untuk orang-orang terdekat, seperti untuk orangtua, pasangan, keluarga, atau sahabat. Merekalah orang-orang yang biasanya mengisi hari-harimu.

Saat membersihkan rumah dan menggantung hiasan tahun baru, kamu pasti merencanakan atau mengharapkan sesuatu. Lakukan hal yang menyenangkan untuk menyambut tahun yang baru. Jangan lupa, kata-kata yang membangun semangat juga perlu dipasang saat kamu mendekorasi rumah.

Lalu apa saja sih, kata-kata yang sering diucapkan saat perayaan tahun baru China? Berikut ini Popmama.com sebutkan 7 diantaranya.

1. Gong Xi Fa Cai

1. Gong Xi Fa Cai
Pixabay/tookapic

Gong Xi Fa Cai artinya adalah "Selamat menjadi kaya raya" atau "Selamat bernasib kaya". 

Banyak orang sering menyalahartikan artinya jadi "selamat tahun baru" dan bukan hanya anak kecil, kadang orang dewasa pun masih salah paham.

Jadi kalimat ini banyak diucapkan saat tahun baru China karena merupakan wujud doa kepada orang-orang di sekitar, harapannya agar di tahun mendatang bisa makmur dan lebih kaya dari sebelumnya.

2. Xin Nian Kuai Le

2. Xin Nian Kuai Le
Pinterest

Secara harfiah, Xin Nian Kuai Le berarti "selamat tahun baru" dan memang biasa diucapkan setiap kali bertemu dengan orang lain.

Xin Nian Kuai Le bukan hanya sering terdengar, tapi biasanya tulisannya juga dipajang menjadi salah satu atribut dekorasi Imlek. Biasanya dipasang di ruang tamu atau di ruang keluarga.

Bukan hanya dipasang saat Imlek, Xin Nian Kuai Le juga bisa diucakpan saat merayakan tahun baru masehi bagi sebagian orang. Ibaratnya seperti sedang mengucapkan, "Happy new year!"

Editors' Picks

3. Nian Nian You Yu

Kalau diterjemahkan secara harafiah memang agak sulit dipahami maknanya. Nian Nian You Yu berarti “tahun tahun ada sisa”. 

Maksudnya adalah untuk mendoakan agar setiap tahun kita tetap ada sisa, yaitu dalam hal berkat atau kekayaan, dan tidak akan kehabisan akan hal tersebut. "Semoga semakin makmur dan sejahtera" juga bisa menjadi makna lain dari ucapan kalimat ini.

Asal muasal kenapa kalimat Nian Nian You Yu (ikan) menjadi lambang berkah yang melimpah dikarenakan kemiripan penulisan latin dan cara baca, kata Yu (sisa) sering dibaca Yu (ikan), yang kemudian menjadikan ikan sebagai lambang berkah yang melimpah.

4. Shen Ti Jian Kang

4. Shen Ti Jian Kang
Freepik/suksao

Kalimat Shen Ti Jian Kang memiliki arti “tubuh sehat” dan kalau dalam ucapan sehari-hari menjadi, "sehat-sehat selalu ya".

Dengan adanya kalimat ini, orang yang diucapkan diharap bisa memiliki tubuh yang sehat sepanjang tahun. Sehat yang dimaksud adalah jiwa dan raga yang sehat sehingga bisa mengerjakan suatu apapun sesuai yang diinginkan.

5. Wan Shi Ru Yi

5. Wan Shi Ru Yi
Freepik/senivpetro

Wan Shi Ru Yi berarti “seribu masalah sebagai makna” atau “seribu masalah seperti yang diharapkan”.  Jangan bingung dulu ya. Kalimat ini sebenarnya adalah doa yang berbunyi “segala hal sesuai harapan” atau “seribu masalah berjalan sesuai harapan”.

Dalam bahasa Inggris seperti mengucapkan "hope all your dream come true."

Maksudnya, meskipun ada masalah yang datang, masalah tersebut akan terselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan kita.

Nah, sekarang kalau ada temanmu yang mengucapkan kalimat-kalimat ini, kalian sudah mengerti, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!