Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Destinasi Liburan di Australia Barat yang Seru Dikunjungi, Beragam!

Dari wisata alam hingga kuliner terbaik dunia ada di sana lho

7 Desember 2022

Destinasi Liburan Australia Barat Seru Dikunjungi, Beragam
Instagram.com/westernaustralia

Jika mendengar kata Australia pasti yang teringat langsung Kanguru dan padang savana tempatnya hidup. Namun, wisata di Australia tidak hanya itu. Apalagi jika berkunjung ke Australia Barat, banyak destinasi liburan dan wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tourism Western Australia atau badan pariwisata pemerintahan Australia Barat meluncurkan ‘Walking On A Dream’, di mana mendorong para pelancong untuk melihat keindahan yang dimiliki Australia Barat. Tidak hanya satu destinasi wisata, bahkan ada pusat kuliner yang terkenal enak lho.

Berikut Popmama.com rangkum daftar destinasi liburan di Australia Barat yang seru dikunjungi karena banyak pilihan!

1. Perth, penuh petualangan alam yang menakjubkan

1. Perth, penuh petualangan alam menakjubkan
Instagram.com/westernaustralia

Kota Perth pernah menjadi inspirasi film Gita Gutawa dan Derby Romero berjudul Love in Perth. Rupanya kota ini tak hanya indah tetapi juga salah satu ibu kota paling cerah di benua Australia.

Penduduknya bisa menikmati lebih dari 3.000 jam sinar matahari per tahun, dan secara konsisten terpilih sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia.

Berkendara 30 menit dari pusat kota, pengunjung bisa mencicipi makanan segar dan anggur premium di Swan Valley, kawasan perkebunan anggur tertua di negara bagian ini.

Ingin ke taman indah? Maka bisa mengunjungi salah satu taman dalam kota terbesar di dunia Kings Park & Botanic Garden. Untuk para penggemar sunset pun bisa menyaksikan matahari terbenam Samudra Hindia yang ikonik.

Kalau lebih suka city scenery, bisa berjalan-jalan di Bohemian Fremantle dengan pemandangan heritage streetscapes sambil menikmati bir tradisional yang berkembang pesat di sana.

Editors' Picks

2. Kawasan Margaret River, destinasi kuliner yang enak di dunia!

2. Kawasan Margaret River, destinasi kuliner enak dunia
Instagram.com/westernaustralia

Kawasan ini merupakan satu-satunya kawasan anggur premium di Australia yang memadukan makanan dan anggur kelas dunia dengan pantai yang masih asli, hutan kayu tinggi, tempat berselancar terkenal, dan gua kuno.

Margaret River adalah nama kota, sungai, dan kawasan anggur yang berada di tanjung antara Busselton di utara dan Augusta di selatan, tiga jam berkendara ke selatan Perth.

Chardonnay, Sauvignon Blanc, dan Semillon, serta Cabernet Sauvignon adalah merek anggur dunia yang berasal dari kawasan Margaret River ini. Selain anggur, Margaret River Region juga dikenal secara luas memiliki ombak selancar yang spektakuler.

Ini menjadi salah satu lokasi selancar gelombang besar terbaik di dunia untuk ombak yang konsisten. Ada lebih dari 40 tempat teratas di sepanjang pantai Margaret River, dengan kondisi mulai dari reef breaks yang kuat hingga fun beach surf.

Margaret River Region juga dikenal sangat bagus untuk whale-watching (sepanjang 6 bulan), memancing, panjat tebing, abseiling, bersepeda gunung, canoe, dan hiking.

3. Ningaloo Reef, petualangan lautan paling mengasyikkan

3. Ningaloo Reef, petualangan lautan paling mengasyikkan
Instagram.com/westernaustralia

Ingin melihat terumbu karang indah berbagai warna dan bentuk? Maka harus mengunjungi Ningaloo Reef karena ini adalah kawasan terumbu karang tepi (fringing reef) terbesar di Australia.

Pengunjung dapat berjalan langsung dari pantai dan snorkeling di atas taman karang yang hanya beberapa meter dari pantai.

Sepanjang 300 kilometer Ningaloo Reef terletak di dalam Taman Laut Ningaloo yang merupakan terumbu karang tepi terdekat dengan daratan di dunia. Selain itu Ningaloo Reef juga sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia lho.

Ningaloo ini juga rumah bagi hiu paus antara bulan Maret dan Agustus setiap tahunnya. Tur dari Coral Bay atau Exmouth memberikan kesempatan sekali seumur hidup untuk berenang bersama hiu paus yang menyenangkan.

Selain itu antara Agustus dan Oktober, tur interaksi paus bungkuk (humpback whale) juga bisa dikunjungi di sana. Ini memberi pengunjung kesempatan untuk berenang bersama mamalia raksasa ini juga.

Ingin merasakan berenang dengan pari manta? Tentu bisa dan pengunjung dapay melakukannya sepanjang tahun di Coral Bay.

4. The Kimberley, petualangan hutan belantara yang menakjubkan

4. The Kimberley, petualangan hutan belantara menakjubkan
Instagram.com/westernaustralia

The Kimberley dinobatkan sebagai salah satu tujuan terbaik di Australia untuk mendapatkan pengalaman Suku Aborigin yang autentik.

Pengunjung dapat mengikuti tur dengan pemandu dan menemukan seni cadas kuno (ancient rock art), memancing kepiting lumpur (mud crabbing) dan spearfishing, serta mendengarkan cerita Dreamtime.

Ibukota mutiara Australia, Broome adalah gerbang barat menuju hutan belantara Kimberley. Inilah tempat di mana Cable Beach berada, dan sering disebut sebagai salah satu pantai terbaik dunia.

Bagian timur Kimberley merupakan rumah bagi beberapa atraksi paling unik di dunia termasuk Bungle Bungle Range di Taman Nasional Purnululu. Di sana terdaftar Warisan Dunia, yang diyakini dibuat selama 350 juta tahun.

Adanya Danau Argyle, salah satu danau air tawar terbesar di Belahan Bumi Selatan. Lalu Gibb River Road menjadi wisata ikonik untuk road trip!

5. Jadwal wisata budaya tahun 2023 yang bisa turis kunjungi di Australia Barat

5. Jadwal wisata budaya tahun 2023 bisa turis kunjungi Australia Barat
Dok. Tourism Western Australia

Ada beberapa jadwal wisata budaya yang bisa pengunjung nikmati di berbagai wilayah Australia Barat. Khusus untuk tahun 2023 sudah ada tanggal dan jadwal pastinya jika mama dan keluarga liburan ke sana nih!

  • Thomas Dambo’s Giants of Mandurah, Mulai 12 November 2022
  • Festival Perth, 10 Februari-5 Maret 2023
  • Australian Surf Life Saving Championships, 25 Maret-2 April 2023
  • Margaret River Pro, 20-30 April 2023
  • Taste Great Southern, 4-14 Mei 2023
  • Ord Valley Muster, 19-27 Mei 2023
  • Piala Dunia Wanita FIFA Australia & Selandia Baru 2023, 20 Juli-20 Agustus 2023
  • Shinju Matsuri, 26 Agustus-10 September 2023

Deputy Premier and Minister for Tourism, the Honourable Roger Cook MLA, mengatakan bahwa banyak destinasi wisata di Australia Barat  menonjol sebagai salah satu yang paling unik, berkesan, dan paling didambakan untuk dikunjungi, sekarang dan di masa depan.

“Tempat dimana keajaiban alam dan segala pengalaman dalam bucket list dapat tercapai. Ini membuat pengunjung merasa seperti sedang menjelajahi dunia lain,” ungkap Menteri Cook.

Itulah tadi daftar destinasi liburan di Australia Barat yang seru dikunjungi karena banyak pilihan. Semoga bisa menjadi ide tempat kunjungan saat ke Australia Barat untuk liburan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk