Eksklusif: Niken Anjani Sebut Solo Traveling Menjadi Cara untuk Lebih Mengenal Dirinya Sendiri

Niken ingin mengajak anaknya melihat dunia lebih luas lewat traveling bersama

20 Juni 2021

Eksklusif Niken Anjani Sebut Solo Traveling Menjadi Cara Lebih Mengenal Diri Sendiri
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Mengenal diri sendiri secara lebih baik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini juga jadi salah satu cara agar kita bisa mencintai dan menghargai diri sendiri sebagai manusia dengan kondisi yang apa adanya.

Niken Ajani, Millennial Mama of The Month Juni 2021 ini menyebut solo traveling merupakan sebuah tantangan untuk bisa menerima diri sendiri lebih baik. 

Sebab, lewat solo traveling banyak momen tidak terduga yang harus ia lewati dan ia pun  harus mencari solusi dari masalah yang ditemui. 

"Dulu sebelum menikah pernah solo traveling keliling Kamboja. Kalau lagi traveling sendiri ini banyak manfaatnya buat kita. Saya merasa bisa mengenal diri sendiri lebih baik. Momen itu juga menjadi tantangan untuk diri sendiri bisa menyelesaikan masalah yang kita hadapi selama traveling," ujar Niken dalam Exclusive Interview  bersama Popmama.com

Karena kegemarannya traveling itu, Niken Anjani mengaku ingin juga melatih dan mengajak anaknya menggemari traveling suatu saat nanti.

Istri dari Adimaz Pramono ini menyebut ingin membuat kenangan indah yang bisa dingat oleh anaknya sampai ia dewasa.

Kenangan semacam itu bisa didapatkan dari momen kebersamaan traveling-nya bersama si Kecil.

Bagaiman cerita seru Niken Anjani sola kegemarannya traveling? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Setiap momen traveling selalu berkesan untuk dikenang

1. Setiap momen traveling selalu berkesan dikenang
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Niken sudah melakukan traveling sejak sebelum ia menikah. Selain solo traveling, Niken juga kerap traveling dengan teman-temannya. Baginya, setiap momen traveling yang ia lakukan punya kenangan manis tersendiri.

Baik solo traveling ataupun beramai-ramai semuanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Niken bisa menemukan makna mendalam lewat setiap pengalaman traveling. Misalnya, dengan traveling bersama teman bisa jadi momen berharga dan kita juga bisa belajar banyak dari sana.

"Kalau traveling bersama teman enaknya kita bisa sharing banyak hal, bisa mengajak ngobrol agar tidak sepi dan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama. Bagi saya, traveling bersama teman dan solo traveling sendiri punya maknanya masing-masing," tutur Niken.

Niken menjadikan traveling sebagai salah satu caranya untuk melepas stres. Dari situ ia bisa melihat berbagai perspekstif baru karena belajar budaya, mencicipi makanan hingga merasakan suasana yang berbeda. 

Editors' Picks

2. London jadi kota yang paling disukai Niken untuk traveling

2. London jadi kota paling disukai Niken traveling
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Memiliki suami yang juga menyukai travelingmembuat Niken Ajani tidak sulit bepergian dengan Dimaz. Niken mengungkapkan bahkan Dimaz sangat easy going karena mau diajak ke tempat manapun yang ia mau. 

"Suami saya itu lebih semangat untuk traveling, mau ke mana pun dia mau. Easy going sekali. Dia justru kalau kelamaan di suatu tempat gampang bosan. Tidak mesti ke luar negeri ya, yang penting jalan-jalan saja," tutur Niken. 

Ketika disuruh menyebut tempat atau lokasi berkesan yang pernah ia kunjungi saat traveling, Niken menyebut London, Inggris adalah tempat yang sangat disukainya. Meski iklimnya lebih dingin dan terkesan gloomy, Niken sampai tak bisa berkata-kata ketika menjelaskan bagaimana London sangat berarti dan bermakna baginya. 

Bagi Niken, perasaan dan euphoria-nya ketika mengunjungi London berbeda. Ia sangat menyukai segala hal yang ada di kota tersebut.

"Saya suka London, semuanya seolah ada disitu. Dari euphoria dan feeling-nya tuh terasa. Saya juga kalau traveling suka mencari tempat yang berbeda iklim dan suananya dari Indonesia, misalnya cari yang dingin. Meski London itu agak gloomy, entah kenapa ngena gitu perasaan saya ketika di sana," tutur Niken. 

3. Berkeluarga dan punya anak, Niken lebih ingin traveling bersama keluarganya

3. Berkeluarga pu anak, Niken lebih ingin traveling bersama keluarganya
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Sudah resmi menjadi Mama, Niken juga ingin hobinya ini ditularkan kepada anaknya. Oleh karenanya, sejak Anaia di dalam perut Niken Anjani sudah berusaha membawa anaknya agar terbiasa naik pesawat terbang.

Ketika penerbangan domestik sudah dibuka selama pandemi, Niken memilih Bali jadi destinasi pertamanya sebagai pengenalan untuk sang Anak. 

Saat itu, Niken yang masih hamil merencanakan baby moon di Pulau Dewata itu bersama suaminya. Baby moon itu bisa dibilang pengganti karena rencananya berbulan madu ke London, Inggris tak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19. Tentu saja Niken saat bepergian selama hamil sudah berkonsultasi dan mematuhi protokol kesehatan yang ada ya, Ma. 

Setelah berkeluarga dan punya anak membuat perspektif Niken Anjani soal teman traveling pun berubah. Kini ia jadi lebih ingin melakukan traveling bersama keluarga dan anaknya kelak. 

"Sekarang jadi lebih ingin traveling sama keluarga, suami dan anak," tutur Niken Anjani.

4. Niken Ajani sebut ingin main ski bareng anaknya saat sudah lebih besar

4. Niken Ajani sebut ingin main ski bareng anak saat sudah lebih besar
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Mama dari Anaia ini menyebut ada beberapa tempat yang sudah ia jadwalkan dan ingin bisa membawa anaknya ke sana. Terdekat, Niken menyebut Bali menjadi salah satu destinasi tempat pilihannya.

Ia berencana mengajak Anaia ke Bali sebelum usianya satu tahun. Sebab, Bali sendiri menjadi rumah kedua baginya dan suami. Ia sudah hafal beberapa tempat di Bali yang enak dan nyaman, sehingga tidak terlalu ragu untuk pergi ke sana. 

Selain Bali, Niken juga menyebut bermain ski bersama jadi aktivitas yang ingin ia lakukan dengan anaknya kelak. Niken berharap, dengan beraktivitas dan traveling bersama anak bisa membuat dirinya serta Anaia bisa lebih dekat secara emosional. 

"Saya ingin sekali ajak Anaia main ski. Itu jadi salah satu cara juga untuk saya lebih dekat dengan anak dari hobi yang saya sukai. Selain traveling bersama, juga bisa beraktivitas bareng dengan main ski tadi," tutur Niken. 

Makna yang dilihat Niken lewat pengalaman travelingnya bisa jadi perspektif baru ya, Ma. Bagi Niken, traveling tidak hanya sekadar jalan-jalan tapi juga membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik karena bisa menerima kehidupan dari perspektif lain yang lebih luas.

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2021 – Niken Anjani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Photographer - Michael Andrew
Stylist - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Design - Aristika Medinasari & Hilyatul Auliya Habib
Wardrobe - MORAL x Starry (Niken) & Mothercare (Anaia)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Niken Anjani
Millennial Mama

Niken Anjani

"Apapun yang berkaitan dengan hak Anaia, akan saya lakukan."

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.