5 Hal Inspiratif dari Sosok Syekh Ali Jaber, Angkat Pemulung Jadi Anak

Syekh Ali Jaber sudah hafidz Al-Quran 30 juz saat usianya 10 tahun

15 Januari 2021

5 Hal Inspiratif dari Sosok Syekh Ali Jaber, Angkat Pemulung Jadi Anak
Instagram.com/syekh.alijaber

Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau akrab disapa Syekh Ali Jabe di Indonesia, adalah seorang pendakwah yang terkenal karen ceramahnya yang kerap mengangkat tema soal nasionalisme dan toleransi.

Kamis (14/1/2021) adalah hari berkabung untuk seluruh penggemar dan penikmat ceramahnya di Indonesia. Syekh Ali meninggal dunia setelah sebelumnya beredar kabar bahwa ia kritis karena Covid-19.

Sebelum meninggal, kabar Syekh Ali Jaber yang kesehatannya mesti dicoba karena mengalami Covid-19 disampaikan oleh Ustad Yusuf Mansyur. Kabar meninggalnya sosok ulama inspiratif tersebut juga disampaikan oleh sahabatnya tersebut. 

"Innaa lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji'uun. Syaikh Ali Jaber wafat di RS Yarsi, jam 8.30. Mohon do'anya...," ujar Ustad Yusuf Mansur dalam Instagramnya, Kamis (14/1/2021).

Semasa hidup, ternyata Syekh Ali Jaber tak hanya memberikan ceramah yang membuat hati penikmatnya tenang dan adem. Banyak sekali nilai-nilai yang bisa dipetik dari sosok beliau.

Berikut Popmama.com rangkum mengenai fakta dari kehidupan Syekh Ali Jaber yang bisa jadi teladan banyak orang.

1. Sudah aktif berdakwah sejak tahun 2008

1. Sudah aktif berdakwah sejak tahun 2008
Instagram.com/syekh.alijaber

Syekh Ali Jaber merupakan seorang pendakwah dan ulama asal Madinah. Ia lahir pada 3 Februari 1976. Sosok Syekh Ali Jaber mulai dikenal banyak orang setelah menjadi juri dalam ajang Hafiz Indonesia di TV.

Semasa kecil hingga remajanya, Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan formal dari ibtidaiyah hingga Aliyah di Madinah. Setelah lulus sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikan khusus pendalaman Alquran pada tokoh dan ulama ternama di Arab Saudi.

Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia sejak tahun 2008. Ia dulunya merupakan WNA (Warga Negara Asing) tapi resmi menjadi WNI pada tahun 2012. Anak sulung dari 12 bersaudara ini sudah mendapat bimbingan agama yang tekun dari Papanya sejak kecil. 

Sebagai informasi, Papa dari Syekh Ali Jaber  seorang penceramah agama. Ia berpesan kepada Syekh Ali Jaber agar bisa berdakwah seperti dirinya ketika Syekh Ali Jaber dewasa. Harapan itu diwujudkan oleh Syekh Ali Jaber dengan sangat baik di Indonesia. 

Editors' Picks

2. Menghafal 30 juz Al-Quran sejak usia 10 tahun

2. Menghafal 30 juz Al-Quran sejak usia 10 tahun
Instagram.com/syekh.alijaber

Mendapat bimbingan dan pendidikan agama yang kuat sejak kecil, Syekh Ali Jaber sudah akrab dengan Al-Quran sejak ia balita. Bahkan, ia sudah menjadi penghafal Al-Quran sejak usianya 10 tahun.

Ketika usia Syekh Ali Jaber menginjak 13 tahun, ia sudah menjadi iman di salah satu masjid di Kota Madinah. Perjalanannya belajar agama terus dilakukan hingga ia dewasa.

Selain belajar, ia juga rutin menjadi pendakwah di sekitar tempat tinggalnya di Madinah sejak remaja. Terutama di masjid tempat Papanya dulu juga mensyiarkan Islam dan ilmu Al-Quran. 

Pada tahun 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia yang merupakan perempuan Indonesua asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua orang anak kandung.

3. Angkat bocah pemulung jadi anak

3. Angkat bocah pemulung jadi anak
Instagram.com/syekh.alijaber

Salah satu yang membuat banyak penikmat Syekh Ali Jaber terharu adalah ketika ia mengangkat seorang anak berana Muhammad Ghifari Akbar. Syekh Ali Jaber memanggilnya dengan Akbar, merupakan seorang anak yang viral karena membaca Al-Quran di pinggir jalan.

Syekh Ali Jaber yang mengikuti perkembangan informasi mengenai Akbar ingin bertindak lebih. Akhirnya, bocah pemulung itu pun diangkat Syekh Ali Jaber menjadi anaknya. Syekh Ali Jaber bahkan berniat menjadikan Akbar seorang imam besar. Tak hanya itu, ia  juga ingin memberangkatkan Akbar pergi umroh bersamanya.

Ia melihat sosok Akbar bisa menjadi tauladan untuk semua orang. Pasalnya, menurut Syekh Ali Jaber ia mencerminkan anak muda yang tak menyerah meski banyak cobaan hidup. 

"Ada beberapa permintaan, mudah-mudahan hajat saya dikabulkan. Pertama saya punya keinginan kalau Akbar terima, saya ingin kamu jadi anak angkat saya. Saya akan pimpin kamu sampai Insyaallah hafal 30 juz Al-Quran. Saya akan maksimal menjadikan kamu sebagai Imam Besar di Indonesia," ujar Syekh Ali Jaber dalam acara Kabar Petang di TVOne, Jumat (7/11/2020) lalu.

4. Sosok penyayang dan dekat dengan anak-anaknya

4. Sosok penyayang dekat anak-anaknya
Instagram.com/syekh.alijaber

Dalam berbagai foto yang tersebar di internet, terlihat Syekh Ali Jaber menjadi sosok Papa yang sayang kepada kedua anaknya.

Dalam foto-foto yang beredar tersebut, Syekh Ali Jaber sedang diwawancara oleh sebuah media. Kedua orang anaknya menemani sang Papa ketika menjawab pertanyaan. Tanpa merasa risih, Syekh Ali Jaber sesekali menggendong anak pertama atau keduanya bergantian.

Momen tersebut pun kembali menjadi perbincangan publik setelah Syekh Ali Jaber diberitakan meninggal pada Kamis (14/1/2021) lalu. Banyak orang yang berpendapat bahwa mereka tak hanya tentram mendengar ceramahnya. Namun, melihat kebersamaan dan betapa dekatnya Syekh Ali Jaber dengan anak-anaknya juga membuat banyak orang tersenyum. 

5. Cita-citanya ingin cetak sejuta anak yang hafidz Al-Quran

5. Cita-cita ingin cetak sejuta anak hafidz Al-Quran
Instagram.com/syekh.alijaber

Dikutip dari berbagai sumber, cita-cita semasa hidup Syekh Ali Jaber ingin banyak anak di Indonesia menjadi penghafal Al-Quran. Hal itu disampaikan oleh adik dari Syekh Ali Jaber bernama Syekh Muhammad Jabber.

Syekh Muhammad Jabber menyebut kakaknya ingin ada setidaknya sejuta anak yang menjadi hafidz Al-Quran di Indonesia. Disebutkan adik Syekh Ali Jaber kalau cita-cita almarhum 'InsyaAllah terwujud' seperti disampaikan Syekh Muhammad di RS Yarsi, Kamis (21/1/2021). 

Kepergian Syekh Ali Jaber tentu meninggalkan luka bagi para penikmat dan penggemar ceramahnya. Ia yang menyampaikan dakwah dengan lembut dan adem ini tentu membuat siapapun bisa lebih nyaman. Semoga Syekh Ali Jaber ditempatkan di sisi paling dekat dengan Allah SWT ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.