Kata Pencipta Soal Kuburan Upin & Ipin Viral, dari Kisah Nyata?

Dari viralnya kuburan Upin & Ipin, rumah produksi juga menjawab mengapa mereka yatim piatu lho

19 Januari 2022

Kata Pencipta Soal Kuburan Upin & Ipin Viral, dari Kisah Nyata
TikTok.com/agus.rml

Beberapa waktu lalu sempat viral dua makam dengan batu nisan bertuliskan Upin dan Ipin. Video tersebut pun menjadi perbincangan warganet di Indonesia.

Dari video tersebut beberapa warganet menyebut bahwa cerita Upin & Ipin dari kisah nyata. Berita itu pun membuat warganet makin penasaran dengan asal cerita Upin & Ipin.

Rumor itu pun sampai di kreator atau pencipta kartun asal Malaysia tersebut. Melalui akun twitternya di @lescopaque, ia menjelaskan mengenai karakter Upin dan Ipin ini.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai kuburan Upin & Ipin viral, benarkah ceritanya dari kisah nyata?

1. Kreator Upin & Ipin menjelaskan kesalahpahaman, karakternya murni fiksi

1. Kreator Upin & Ipin menjelaskan kesalahpahaman, karakter murni fiksi
TikTok.com/agus.rml

Melalui akun resmi @lescopaque yang menjadi rumah produksi Upin dan Ipin, pihaknya menjelaskan bahwa kartun anak ini tidaklah nyata.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ceritanya tidak diambil atau diinspirasi dari kisah siapapun yang masih hidup mahupun yang telah tiada," tutur rumah produksi itu pada 17 Januari 2021.

Lebih lanjut, rumah produksi itu menerangkan bahwa ide awal ceritanya adalah dari Hajah Ainon yang memerankan suara Opah dalam kartun itu. 

"Setiap cerita yang ditulis bukan saja mudah difahami tetapi juga sarat dengan pesan yang bermanfaat," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Rumah produksi menjelaskan karakter yang punya peran penting dalam produksi kartunnya

2. Rumah produksi menjelaskan karakter pu peran penting dalam produksi kartunnya
Twitter.com/lescopaque

Selain Hajah Ainon, ada pula tokoh dan sosok sentral lain yang punya peran penting dalam produksi kartun ini. 

Ia adalah Haji Burhanuddin yang menjabat sebagai  Pengarah Urusan Les' Copaque Production. Ia rupanya menjadi pengisi suara untuk peran Tok Dalang.

"Beliau juga turut berperan (dalam produksi) dari pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam serial Upin & Ipin," tutur rumah produksi ini.

3. Asal mula Upin & Ipin tidak memiliki orangtua

3. Asal mula Upin & Ipin tidak memiliki orangtua
Twitter.com/lescopaque

Agar lebih jelas, Les' Copaque Production juga menuturkan secara rinci mengapa Upin dan Ipin tidak memiliki orangtua. Rupanya, proyek kartun ini awalnya tidak akan diseriuskan.

Namun, karena bisa diterima dengan baik di masyarakat akhirnya kartun Upin & Ipin pun terus berjalan. Bahkan kini ditayangkan ke beberapa negara.

"Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, kartun ini merupakan proyek sampingan saja. Saat itu kekurangan waktu dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP (Les' Copaque Production) memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," pungkas Les' Copaque Production.

4. Mengapa Upin & Ipin botak? Hal itu juga dijawab oleh rumah produksi

4. Mengapa Upin & Ipin botak Hal itu juga dijawab oleh rumah produksi
Twitter.com/lescopaque

Masih sejalan dengan ongkos produksi untuk Upin & Ipin, ini juga menjadi alasan mengapa dua tokoh ini botak. Rupanya dengan tidak adanya rambut bisa mempercepat proses produksi kartun.

"Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memangkas biaya dan mempercepatkan proses pembuatan. Karena untuk membuat rambut (hair simulation) saat itu terlalu makan banyak waktu. Maka, Upin & Ipin dibuat botak tetapi Upin ada sehelai rambut," tuturnya.

Sebenarnya kisah dan cerita awal Upin & Ipin dibuatkan buku sendiri. Hal itu juga dijelaskan oleh Les' Copaque Production. Dari foto di buku tersebut terlihat dua sosok yang menjadi tonggak adanya kartun Upin & Ipin.

Itulah tadi informasi mengenai simpang siur kuburan asli Upin & Ipin viral. Berita ini pun sempat membuat heboh masyarakat Indonesia di awal tahun 2022.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk