Saran Dokter Reisa: Bawa Masker Lebih dan Ganti Masker Setiap 4 Jam

Jangan lupa diterapkan ya, Ma

11 Juni 2020

Saran Dokter Reisa Bawa Masker Lebih Ganti Masker Setiap 4 Jam
Humas BNPB/Dume Harjuti Sinaga

Dokter Reisa Broto Asmoro selaku bergabung menjadi Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Pusat Covid-19. Pada siaran langsung Rabu (10/6/2020) ia menyarankan masyarakat untuk membawa lebih dari satu masker ketika harus berkegiatan di luar rumah selama masa pandemi Covid-19.

Dokter Reisa mengungkapkan bahwa masker kain memiliki batas waktu maksimal penggunaan. Oleh karenanya, Mama wajib punya satu masker untuk digunakan di luar rumah.

Imbauan lain yang diungkapkan dokter Reisa adalah memakai masker dengan tiga lapisan pelindung. Tentunya Mama juga harus memilih masker yang melindungi mulai dari mulut hingga hidung.

Merangkum saran dan imbauan dari dokter Reisa Broto Asmoro, berikut Popmama.com berikan informasinya lengkapnya.

Editors' Picks

1. Dokter Reisa imbau masyarakat pakai masker 3 lapis

1. Dokter Reisa imbau masyarakat pakai masker 3 lapis
Freepik/Gannusia

Sesuai dengan aturan baru dari WHO, dokter Reisa mengimbau agar masyarakat menggunakan masker kain yang memiliki tiga lapisan.

"Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki tiga lapisan kain, lapisan pertama adalah lapisan hidrofilik, seperti katun yang dilapisi lapisan yang bisa mendukung agar filtrasi lebih optimal. Bisa dari katun atau polyeseter," kata dokter Reisa dalam siaran langsung, Selasa (9/6/2020).

Kemudian, dokter Reisa menyebutkan lapisan berikutnya adalah hidropobik atau lapisan yang anti air yang terbuat dari polyprofilen atau poliester.

"Masker kain ini dapat dicuci dan digunakan kembali," sambungnya.

Dokter Reisa Reisa Broto Asmoro juga menyarakan agar pencucian, penggunaan, dan penyimpanan masker pun harus tepat. Tentunya agar masker kain Mama awet dan bisa digunakan berulang kali.

2. Satu masker hanya bisa digunakan 4 jam

2. Satu masker ha bisa digunakan 4 jam
Humas BNPB/Ignatius Toto Satrio

Selain mengimbau untuk menggunakan masker 3 lapis, dokter Reisa juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker selama 4 jam. Dokter yang tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 itu mengatakan bahwa masker memiliki maksimal waktu penggunaan.

"Penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam dan harus diganti dengan yang baru atau yang bersih," ungkap dokter Reisa Broto Asmoro.

3. Sebut ada batas waktu maksimal, dokter Reisa menyarankan bawa masker ganti

3. Sebut ada batas waktu maksimal, dokter Reisa menyarankan bawa masker ganti
Parents.com

Hal yang harus Mama perhatikan selanjutnya adalah Mama mesti membawa masker tambahan sebagai cadangan. Bukan tanpa sebab, dokter Reisa sebut masker kain wajib diganti bahkan sebelum 4 jam apabila maskernya basah atau lembap.

"Masyarakat disarankan membawa banyak masker jika keluar rumah," ujar dokter Reisa yang juga terkenal sebagai pembawa acara kesehatan di televisi tersebut.

Nah, itulah tadi hal-hal yang jadi saran dokter Reisa soal penggunaan masker. Ketika Mama tidak terlalu urgent untuk keluar disarakan tetap #DirumahAja ya. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga jarak dan memakai masker yang tepat. Masker harus melindungi mulut dan hidung sesuai saran dokter Reisa Broto Asmoro.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.