Eksklusif: Tips Hindari Burnout saat Pandemi a la Radhini, Bisa Dimulai dari Hal Sederhana

Menikmati kopi manis yang enak menjadi salah satu cara Radhini untuk me time saat pekerjaan padat

8 Oktober 2021

Eksklusif Tips Hindari Burnout saat Pandemi a la Radhini, Bisa Dimulai dari Hal Sederhana
Instagram.com/radhini_

Masa pandemi membuat manusia di seluruh dunia mencari cara untuk tetap bertahan hidup sehat, baik secara mental dan fisik. Tidak hanya bertahan dari serangan virus Covid-19, pandemi dan segala perubahannya membuat manusia harus beradaptasi kembali dengan kebiasaan baru.

Kebijakan yang membatasi pergerakan warga membuat masyarakat harus terkungkung dalam rumah. Sejak minggu kedua Oktober memang angka sebaran orang terpapar Covid-19 sudah semakin minim. Bahkan di tanggal 7 Oktober 2021 untuk pertama kalinya Jakarta 0 kasus kematian karena Covid-19.

Ini sebuah prestasi besar. Namun harus diakui, jauh sebelum sampai di sini banyak perubahan telah terjadi. Hal ini membuat kita yang biasanya bebas beraktivitas harus terhenti sejenak, perubahan ini membuat kita bingung dan jutsru memicu stres.

Belum lagi, bagi ibu rumah tangga bersama anak dan suami 24 jam bisa menjadi hal yang cukup memusingkan. Ditambah jika ibu tersebut juga ibu bekerja. Memutar otak harus punya waktu untuk setiap hal menjadi cara untuk bertahan.

Millennial Mama of The Month edisi Oktober 2021, Radhini Apriliya Hapsari menceritakan soal work-life balance dalam hidupnya. Ia juga menceritakan bagaimana dirinya menjaga mental tetap waras dengan segala perubahan yang ada di masa pandemi.

Penyanyi yang juga podcaster ini menyebut ia mencari dan mencoba beberapa hal. Hasilnya yang justru membuat dirinya rileks dan tenang adalah hal sederhana yang selama ini sering dilakukan tapi tak pernah disadari sebelumnya.

Bagaimana cerita Radhini soal menjaga mental tetap sehat dan menghindari burnout? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Pandangan Radhini Apriliya soal work-life balance di kalangan milenial

1. Pandangan Radhini Apriliya soal work-life balance kalangan milenial
Instagram.com/radhini_

Isu yang cukup diperbincangkan untuk orangtua milenial saat ini yakni work-life balance. Konon, keseimbangan antara pekerjaan dan hidup kita bisa membuat jiwa lebih tenang. Benarkah?

Radhini rupanya mengamini hal itu. Ia berpendapat, memang segala sesuatu itu mesti seimbang meski dalam praktiknya sangat sulit.

"Segala sesuatu harus seimbang, sebenarnya. Walaupun pada kenyataan dan prakteknya cukup sulit. Apalagi kalau pekerjaannya itu banyak. Ya itu, hustle dalam hidup itu," tuturnya dalam wawancara dengan Popmama.com.

Oleh karenanya, Mama dari Imani ini memandang soal work-life balance adalah resep masing-masing. Kembalikan dan dengarkan diri sendiri, apa yang kita butuhkan soal hal itu.

"Lebih mendengarkan diri sendiri ya, kalau dirasa terlalu memaksakan, sudah terlalu push diri sendiri, sudah terlalu capek, (saatnya berhenti). Nah, makanya mendengarkan diri sendiri (penting)," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Menyempatkan me time di tengah pekerjaan padat, bagaimana bisa?

2. Menyempatkan me time tengah pekerjaan padat, bagaimana bisa
Instagram.com/radhini_

Keadaan pandemi menyulitkan beberapa orang yang punya me time bepergian atau bertemu orang banyak. Hal itu sempat dirasakan oleh Radhini.

Namun, ia tidak mau menyerah untuk bisa membuat dirinya tetap sehat secara mental.

Radhini mencari cara lain untuk bisa me time. Rupanya yang selama ini dilakukannya, minum kopi ice latte adalah salah satunya. Padahal, sebelum pandemi ini hanya menjadi kegiatan rutin yang tanpa disadari bisa menemukan ketenangan dari sana.

"Selain menikmati ice latte yang enak itu, tapi menurut saya kalau hari dibuka dengan kopi yang enak, itu sudah save the day," tuturnya. 

Saat memang ingin menyendiri, Radhini mengaku hanya pergi ke cafe di sekitar rumahnya untuk duduk sejenak. Simple, tapi menurut Radhini ini usaha yang ia lakukan untuk menjaga mentalnya tetap baik.

"Laptopan, ngopi, sudah itu saja, sebentar saja. Quick get away satu jam, dua jam itu sudah refreshing bagi saya," ucapnya.

3. Minimalisir burnout saat menjaga anak, Radhini menerapkan metode checklist

3. Minimalisir burnout saat menjaga anak, Radhini menerapkan metode checklist
Instagram.com/radhini_

Beberapa orang nyaman dengan jadwal teratur setiap hari, Radhini adalah orang yang menerapkan checklist untuk setiap pekerjaan dan hal yang harus ia lakukan hari itu.

Di tengah padatnya jadwal pekerjaan, Radhini tetap menomor satukan anaknya. Menurut penelitian WHO (Badan Kesehatan Dunia) setidaknya orangtua butuh waktu quality time dengan anak selama 30 menit setiap hari, tanpa disktraksi apapun.

"Anak selalu nomor satu, ketika semua kebutuhan dia sudah, baru saya bisa mengerjakan hal lain, pada prinsipnya itu dulu," tutur Radhini.

Mencontoh dari Radhini yang selalu memastikan kebutuhan anaknya terpenuhi sebelum ia melakukan aktivitas lain, ini sepadan dengan WHO yang menyebutkan penting bagi orangtua sepenuhnya memberikan waktunya untuk anak. Sehingga anak akan merasa orangtuanya ada untuknya. 

Hadirnya orangtua di dekat anak akan membuat akan merasa terisi dan mendapatkan kasih sayang utuh.

Ini akan membantu anak punya perkembangan emosi yang baik. Saat kebutuhan emosi anak terpenuhi dengan baik, hubungan dekat dengan orangtua juga akan terjalin dengan maksimal.

4. Efek afirmasi positif untuk kesehatan mental Radhini

4. Efek afirmasi positif kesehatan mental Radhini
Instagram.com/radhini_

Diungkapkan Radhini ia rutin melakukan afirmasi positif setiap hari. Rupanya hal itu membuat dirinya menjadi lebih tenang dan paham diri sendiri. Istri dari Angga ini juga mengaku lebih tenang saat melakukan hal itu.

"Karena biasanya setiap hati itu ada keresahan juga, dan itu membuat kita lelah, ada keresahan-kerasagan itu bisa menenangkan dengan afirmasi ini," tuturnya. 

Sosok Radhini bisa dijadikan contoh betapa pentingnya menghargai diri sendiri. Menurut Radhini, ini menjadi cara untuk diri kita bisa tahu dan menyadari bahwa diri kita ini penting untuk ada di dunia.

"Penting sekali untuk menghargai dan memberi apresiasi agar tidakburn out, bisa tidak percaya diri, bisa jadi kemana-kemana pikirannya. Jadi untuk menghargai diri sendiri itu penting banget, karena kalau buka diri kita, ya siapa lagi," pungkasnya.

5. Tips menjaga mental sehat di tengah pandemi a la Radhini

5. Tips menjaga mental sehat tengah pandemi a la Radhini
Instagram.com/radhini_

Pandemi membuat diri kita serba tidak bisa melakukan hal yang mungkin kita suka. Sehingga perlu banyak usaha untuk menjaga diri kita tetap dalam keadaan mental yang stabil di masa yang juga sulit ini.

Radhini memberikan sedikit tips yang menurut dirinya membantu menjaga mental tetap sehat selama pandemi Covid-19. Ini termasuk menemukan hobi baru di tengah keterbatasan beraktivitas. 

"Lakukan hal yang kita suka dan temukan drive baru, atau hobi baru. Intinya temukan hal yang bisa bikin kita feel alive," tutur Radhini.

Menurut Radhini, ia lebih memilih sibuk mencari cara dan berusaha untuk membuat dirinya tetap sehat mental. Ketimbang mengeluh tapi diri kita tidak berkembang.

"Keadaan sudah susah, sulit, satu dunia juga merasakan kesulitan itu. Daripada kita mengeluh, bahkan lebih baiknya kita justru kita yang menjadi drive baru itu (membawa perubahan), ucapnya. 

Dari sosok Radhini kita bisa belajar banyak soal pentingnya mengenal diri kita sendiri. Sebab, ketika sudah tahu apa yang kita butuhkan tentu membuat diri lebih mudah menemukan coping ketika stres datang.

Apapun pemicu stres itu, baik karena pekerjaan, anak hingga persoalan rumah tangga jangan sampai dibiarkan berlarut-larut ya, Ma. Apalagi jika sudah memengaruhi fisik dan mental, menghubungi petugas kesehatan yang akan membantu tidak salah kok. Semangat selalu yuk, Ma!

Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021 - Radhini Aprilya Hapsari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Jihan
Design - Shania Tabina Anandanoe

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.