Anti Repot! 7 Tips Menyiapkan Sahur dengan Cepat dan Mudah

Jangan sampai merasa tertekan karena harus menyiapkan menu berbeda setiap hari

20 April 2021

Anti Repot 7 Tips Menyiapkan Sahur Cepat Mudah
Pexels/meruyert-bissimbayeva

Sahur jadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berpuasa Ramadan. Selain menjadi sunnah, sahur juga bermanfaat untuk membuat tubuh tetap berenergi karena berpuasa 12 jam atau lebih.

Menyiapkan menu untuk sahur bisa jadi tantangan bagi beberapa orang. Terbatasnya waktu tidur hingga kebiasaan yang berubah membuat momen sahur harus efektif tapi tetap maksimal sebagai bagian dari ibadah Ramadan.

Menu sahur juga tak boleh sembarang karena tidak hanya lezat, tapi juga harus mengandung gizi yang tepat agar puasa dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar. 

Agar hal itu bisa terjadi Popmama.com punya tipsnya nih! Berikut tips menyiapkan sahur dengan cepat, mudah dan praktis!

1. Lakukan meal preparation pada malam hari

1. Lakukan meal preparation malam hari
Pexels/ella-olsson

Memotong, mencuci hingga memasak ulang makanan untuk sahur bisa sangat menantang bagi sebagain orang. Oleh karenanya lebih baik sudah menyiapkan makanan yang akan disajikan untuk sahur dengan keluarga.

Lakukan meal preparation dengan memotong, membumbui dan memasaknya setengah matang dan simpan makanan di lemari es. Ketika waktu sahur tiba Mama tinggal menyempurnakannya agar matang saja.

2. Memasak makanan sebelum sahur

2. Memasak makanan sebelum sahur
Pexels/meruyert-bissimbayeva

Berbeda dengan meal preparation, cara ini bisa dipakai apalagi jika waktu sahur yang cukup mepet. Mama bisa memasak seluruh menu sahur di malam hari. 

Kemudian memasukkannya ke lemari pendingin dan hanya menghangatkannya di microwive saat akan sahur. Cara ini lebih praktis dan menghemat tenaga dari pada menyiapkan menu sahur dari awal.

Editors' Picks

3. Pilih menu masakan yang tidak mudah basi, simpan di lemari es

3. Pilih menu masakan tidak mudah basi, simpan lemari es
Pexels/keegan-evans

Trik selanjutnya yang bisa Mama terapkan adalah memasak makanan yang cukup awet dan tidak mudah basi. Namun, tetap pertimbangkan juga kandungan gizi dalam makanan tersebut ya. 

4. Siapkan makanan kering

4. Siapkan makanan kering
Freepik/User22100804

Menyiapkan makanan kering sebagai lauk tambahan seperti abon, tempe kering dan sebagainya yang bisa disimpan dalam waktu lama dan tak perlu dimasak lagi. 

Mama juga dapat menyimpan instant oatmeal dan sereal yang akan sangat praktis dimasak atau ketika bosan dengan menu buka sahur yang biasa. Tinggal tambahkan buah-buahan yang segar dan berserat tinggi. 

5. Bila perlu, buat perencanaan menu harian

5. Bila perlu, buat perencanaan menu harian
Pexels/olya-kobruseva

Mencatat menu sahur beberapa hari ke depan bisa menjadi tips menyiapkan sahur yang mudah dan cepat. Mama bisa perbaharui menu sahur setiap minggu atau beberapa hari sekali agar tidak bosan.

Jangan lupa juga untuk mencatat bahan-bahan yang akan digunakan dalam masakan ya. Sebab, akan lebih membuatmu agar Mama tidak kerepotan dan tergesa-gesa saat menyiapkan sahur nanti. 

6. Memanfaatkan sisa lauk buka puasa

6. Memanfaatkan sisa lauk buka puasa
Pexels/denys-gromov

Mirip dengan meal preparation dan memasak makanan dulu sebelum sahur, sisa lauk buka puasa bisa dimanfaatkan untuk membuat hidangan sahur. Misalnya ayam goreng dan ayam panggang bisa Mama buat dan modifikasi menjadi ayam suir. 

Lalu, jika ada sisa sup maka bisa menyaringnya dan menggunakannya sebagai kaldu untuk masakan yang lain. Selain lebih praktis, ini juga membantu lebih menghemat uang dan tidak membuang makanan.

7. Makanan beku dan siap saji bisa jadi pilihan

7. Makanan beku siap saji bisa jadi pilihan
Pexels/ngqah83

Saat ini banyak di supermarket yang menyediakan nasi lengkap dengan lauknya. Hanya memanaskan di microwave, Mama bisa mendapatkan menu sahur lengkap dan praktis. 

Namun, sayangnya lauk siap saji ini cukup mahal jika dikonsumsi setiap hari. Kandungan gizinya pun dikhawatirkan tidak lengkap, belum lagi adanya bahaya bahan pengawet. Opsi ini bisa dijadikan pilihan sesekali saja ya, Ma. Usahakan untuk menyiapkan sendiri makanan untuk keluarga di rumah!

Itulah tadi informasi mengenai tips menyiapkan sahur mudah dan cepat di rumah. Semoga bisa membantu Mama agar lebih mudah dan tidak merasa tertekan dalam menyiapkan sahur.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.