5 Olahraga untuk Mengatasi Reumatik, Lakukan secara Rutin

Ada beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk penderita reumatik!

23 Februari 2022

5 Olahraga Mengatasi Reumatik, Lakukan secara Rutin
Freepik

Melakukan olahraga ringan secara teratur memang terasa sulit, terlebih jika Mama menderita reumatik.

Namun tahukah Mama, olahraga rupanya menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh untuk membantu meningkatkan fungsi sendi dan fleskibilitas otot, sehingga nyeri sendi yang Mama alami dapat seidkit mereda seiring dengan berjalannya wakut.

Mama tertarik untuk melakukan olahraga untuk meredakan reumatik yang Mama derita? Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa olahraga yang disarankan untuk meredakan reumatik. Cek selengkapnya di Popmama.com:

1. Jalan kaki dapat tingkatkan fleskibilitas sendi kaki

1. Jalan kaki dapat tingkatkan fleskibilitas sendi kaki
Freepik/J Comp

Olahraga murah meriah ini bisa menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan bagi penderita reumatik Ma. Jalan kaki tak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat meningkatkan fleskibilitas sendi kaki Ma.

Mama dapat meluangkan waktu untuk berjalan kaki di pagi hari di sekitaran kompleks perumahan sambil menghirup udara segar. Yuk, lakukan olahraga untuk mengatasi reumatik ini secara rutin.

Editors' Picks

2. Berenang menjadi olahraga yang sangat disarankan

2. Berenang menjadi olahraga sangat disarankan
Freepik/Jannoon028

Olahraga air juga menjadi salah satu pilihan olahraga untuk penderita reumatik Ma. Salah satu olahraga air yang direkomendasikan adalah renang.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC),keluhan penderita reumatik menjadi berkurang setelah melakukan olahraga di dalam air hangat dibandingkan dengan melakukan olahraga lainnya.

Para penderita mengklaim bahwa rasa sakit dan nyeri sendi yang dialaminya menjadi berkurang dengan olahraga tersebut.

Nah, tak hanya itu saja, air juga membantu mendukung berat badan sehingga olahraga ini tdak terlalu berdampak pada sendi.

3. Bersepeda, olahraga yang menyenangkan

3. Bersepeda, olahraga menyenangkan
Freepik/J Comp

Jika Mama memiliki sepeda di rumah, ini saatnya untuk mengeluarkannya dan kembali “bermain” sepeda layaknya masih kecil dulu.

Olahraga yang kini banyak diminati masyarakat perkotaan ini dapat melatih gerakan sendi, meredakan nyeri rematik, menignkatkan ruang gerak, dan kekuatan kaki, bahkan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan bersepeda pula, jantung menjadi lebih sehat sehingga risiko terserang penyakit jantung juga akan berkurang Ma.

Baca juga: 10 Tips Bersepeda Saat Hamil yang Perlu Mama Ketahui

4. Tai chi menjadi olahraga yang yang baik untuk tubuh

4. Tai chi menjadi olahraga yang baik tubuh
Freepik/Nikitabuida

Olahraga beladiri asal Tiongkok ini juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk penderita reumatik Ma. Dilansir dari Healthline, Tai chi, olahraga yang menggabungkan gerak lambat namun tetap fokus ini mampu meningkatkan fungsi otot.

Olahraga ini juga diklaim mampu mengurangi rasa kaku dan sakit reumatik lho Ma.

5. Yoga memberikan manfaat baik bagi Mama yang memiliki reumatik

5. Yoga memberikan manfaat baik bagi Mama memiliki reumatik
Freepik/Yanalya

Selain tai chi, olahraga yoga juga bisa menjadi alternatif Ma. Direktur staf operasional medis di Leon Medical Center, Mario Siervo menganjurkan para pasien penderita rematik untuk melakukan yoga guna mengobati ataupun mecegah rematik. Menurut Mario, peregangan pada yoga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan juga sendi penderita rematik.

Hal yang sama juga diungkap oleh ahli bedah ortopedi bernama Philip Conwisar Ma. Menurutnya, peregangan tubuh pada gerakan yoga khususnya pada bagian lengan, pungung, pinggul, betis, dan paha yang merupakan tempat rematik bisa terjadi dapat mengurangi nyeri rematik yang diderita seseorang. Jadi mulai lakukan olahraga ini yuk Ma.

Demikian olahraga yang bisa meringankan reumatik yang bisa Mama terapkan di rumah. Lakukan secara rutin, karena selain reumatik hilang, tubuh Mama juga bisa lebih bugar, kan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk