Bantu Mengurangi Rasa Nyeri, Bolehkah Berolahraga saat Menstruasi?

Cari tahu juga manfaat berolahraga saat menstruasi ya

3 Agustus 2021

Bantu Mengurangi Rasa Nyeri, Bolehkah Berolahraga saat Menstruasi
Pixabay/Sasin Tipchai

Saat menstruasi biasanya kita lebih memilih untuk beristirahat daripada berolahraga.

Rasa sakit yang timbul seperti kram pada perut, nyeri punggung, sakit kepala dan perubahan mood membuat banyak aktivitas dirasa berat untuk dilakukan, termasuk berolahraga.

Disamping itu banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan olahraga bisa memperparah rasa nyeri saat menstruasi. 

Lantas, bolehkah kita melakukan olahraga saat menstruasi?

Berikut Popmama.com berikan penjelasan selengkapnya terkait boleh atau tidaknya berolahraga saat menstruasi. Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Bolehkah berolahraga saat menstruasi?

1. Bolehkah berolahraga saat menstruasi
Freepik/Racool_studio

Hasil riset menunjukkan bahwa, berolahraga selama fase menstruasi tidak memiliki dampak pada semakin parahnya rasa nyeri. Justru saat kita berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh bisa lebih optimal dan tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa nyeri.

Selain itu, hormon endorfin yang dikeluarkan tubuh saat kita berolahraga juga bisa memperbaiki mood dan meningkatakan suasana hati lho. Mama jadi lebih rileks dan nggak stres saat fase menstruasi berlangsung.

Karena itulah, berolahraga saat menstruasi boleh saja dilakukan, bahkan dianjurkan karena alasan kesehatan. Pilih jenis olahraga yang ringan dan nyaman untuk dilakukan serta sesuaikan intensitasnya dengan kondisi tubuh Mama ya.

2. Manfaat berolahraga saat menstruasi yang bisa dirasakan oleh tubuh

2. Manfaat berolahraga saat menstruasi bisa dirasakan oleh tubuh
Pixabay/roxanawilliams1920

Olahraga adalah aktivitas tubuh yang menyehatkan. Tak ada penghalang bagi kita untuk tidak berolahraga meskipun sedang dalam fase menstruasi.

Berikut ini manfaat berolahraga saat menstruasi, yang bisa dirasakan oleh tubuh.

  • Mengurangi rasa nyeri

Dikutip dari Healthline, berolahraga bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Ini karena, saat kita berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membantu meringankan rasa nyeri.

  • Memperbaiki siklus menstruasi

Siklus menstruasi yang sebelumnya tidak lancar bisa Mama perbaiki dengan rutin melakukan olahraga. Tentunya ini juga berlaku saat Mama sedang menstruasi. Karena melakukan olahraga dan aktivitas fisik bisa membuat aliran darah dalam tubuh lebih lancar.

  • Mengurangi rasa kelelahan

Dikutip dari Medical News Today, saat menstruasi tubuh kita mengalami perubahan hormonal yang bisa meningkatkan rasa lelah. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, rasa kelelahan bisa berkurang.

  • Memperbaiki mood

Hormon endorfin yang dihasilkan saat berolahraga juga bisa memperbaiki mood kita lho, Ma. Dengan mood yang baik, kita akan lebih nyaman dan bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Meningkatkan energi tubuh

Olahraga saat menstruasi membuat sistem sirkulasi darah menjadi lancar. Ini akan membantu sistem kerja jantung kita lebih optimal, sehingga tubuh akan jadi lebih berenergi setelah berolahraga Ma.

3. Penuhi nutrisi tubuh saat menstruasi jika ingin melakukan olahraga

3. Penuhi nutrisi tubuh saat menstruasi jika ingin melakukan olahraga
Freepik/Gpointstudio

Naik turunnya hormon saat menstruasi akan membuat tubuh merasa tidak bergairah dan cepat lelah. Apalagi jika Mama melakukan olahraga saat menstruasi.

Untuk menghindari kelelahan saat melakukan olahraga, sebaiknya penuhi asupan nutrisi tubuh kita terlebih dahulu ya, Ma.

Berikut ini nutrisi yang harus dipenuhi saat menstruasi, jika Mama ingin melakukan olahraga.

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Serat
  • Zat besi
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin B6

Semua nutrisi tersebut bisa Mama dapatkan dari bahan makanan alami seperti sayur dan buah, atau dengan mengonsumsi suplemen tambahan selama menstruasi.

Itulah penjelasan mengenai bolehkah berolahraga saat kita sedang menstruasi.

Jadi jangan ragu lagi untuk berolahraga saat sedang menstruasi ya Ma. Pilihlah olahraga yang nyaman dan tentunya sesuai untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.