TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Penyebab Munculnya Bintik Putih di Kulit Penis, Ketahui Sejak Dini!

Mana yang perlu diwaspadai?

5 Juni 2022

8 Penyebab Muncul Bintik Putih Kulit Penis, Ketahui Sejak Dini
Pexels/Monstera

Apakah kamu pernah menemukan adanya bintik putih di kulit penis?

Kondisi ini tentu bikin tidak nyaman ya. Apalagi jika bintik putih tersebut disertai dengan adanya iritasi dan infeksi.

Seperti diketahui, area sekitar penis memang sangat sensitif dengan tekstur kulit yang lebih tipis dari bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kulit penis mudah mengalami iritasi, salah satunya ditandai dengan munculnya bintik putih.

Namun, bintik putih tersebut tidak mungkin muncul begitu saja. Pasti ada satu dan lain hal yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com akan berikan informasi mengenai 8 penyebab munculnya bintik putih di kulit penis, dilansir dari Healthline. Simak dan waspadai beberapa diantaranya!

1. Pertumbuhan rambut yang tidak normal usai dicukur

1. Pertumbuhan rambut tidak normal usai dicukur
beardoholic.com

Jika kamu sering mencukur, ada kemungkinan rambut kemaluan akan kembali tumbuh. Tapi kali ini tumbuhnya bisa jadi ke bagian dalam kulit. Akibatnya kamu mungkin saja mengalami iritasi yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Saat infeksi terjadi, akan timbul benjolan kecil dengan nanah di permukaan kulit. Nanah ini berisi bakteri, yang bisa menyebabkan bintik-bintik iritasi terlihat berwarna putih.

Biasanya bintik putih ini akan terasa gatal. Tapi kamu tidak disarankan untuk menggarukanya, karena bisa memperburuk infeksi.

2. Jerawat di sekitar area penis

2. Jerawat sekitar area penis
Pixabay/Tumisu

Pada umumnya jerawat akan berkembang ketika ada kotoran yang tersangkut di pori-pori kulit kita.

Hal ini tentu bisa menyebabkan penyumbatan, serta memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan mengisi pori-pori. Akibatnya, nanah akan muncul dan terjadilah infeksi yang membuat bagian atas jerawat terlihat seperti bintik putih.

Jerawat di area penis biasanya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Tapi ingat untuk tidak memencetnya ya, karena ini berisiko memperburuk infeksi dan menyebabkan bekas luka yang sulit hilang nantinya.

3. Adanya folikulitis

3. Ada folikulitis
Pixabay/derneuemann

Folikulitis terjadi ketika folikel yang menahan rambut mengalami peradangan atau infeksi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri atau bahkan rambut yang tumbuh secara tidak normal.

Folikulitis biasanya ditandai dengan benjolan berwarna putih hingga merah, rasa gatal yang tidak tertahankan, serta keluarnya nanah atau cairan putih dari permukaan kulit penis.

Jika tidak terjadi infeksi, folikulitis umumnya tidak berbahaya. Namun jika kamu merasa tidak nyaman, nggak ada salahnya untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi tersebut ya.

Editors' Picks

4. Mengalami kista pilar

4. Mengalami kista pilar
Freepik/pressfoto

Penyebab munculnya bintik putih pada kulit penis lainnya yaitu kista pilar. Kista pilar merupakan benjolan dengan bintik atas berwarna putih atau merah, yang banyak ditemukan di permukaan kulit.

Biasanya kista pilar terbentuk karena penumpukan keratin pada folikel rambut yang lebat, seperti pada skrotum. Karena seperti yang kita tahu, area sekitar alat kelamin memang banyak ditumbuhi rambut.

Jika terjadi infeksi, kista pilar bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Nah untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya.

5. Mengalami Tinea Cruris

5. Mengalami Tinea Cruris
Pexels/deon-black

Tinea cruris atau jock itch, merupakan suatu kondisi dimana kulit di sekitar alat kelamin, bokong atau bagian paha mengalami infeksi akibat jamur. Ini ditandai dengan rasa gatal, bintik putih atau kemerahan, serta tekstur kulit bersisik yang lama kelamaan menjadi tebal dan menghitam.

Ada banyak penyebab dari tinea cruris, diantaranya kurang menjaga kebersihan dan obesitas. Selain itu kondisi ini juga sering dikaitkan dengan keringat berlebih, sehingga banyak ditemukan pada tubuh para atlet.

6. Fordyce spots

6. Fordyce spots
Unsplash/Deon Black

Fordyce spots adalah suatu kondisi dimana bintik-bintik kecil berwarna putih kekuningan muncul di kulit penis dan area tubuh lainnya.

Umumnya hal ini tidak bergejala, tidak menular, serta bisa hilang dengan sendirinya. Karenanya, fordyce spots pun dianggap tidak berbahaya.

Menurut penelitian sekitar 8 dari 10 orang dewasa pernah mengalaminya, bahkan sejak mereka dilahirkan.

7. Kutil kelamin akibat Human Papillomavirus (HPV)

7. Kutil kelamin akibat Human Papillomavirus (HPV)
Freepik/drobotdean

Human Papillomavirus (HPV) adalah satu dari sekian banyak infeksi menular seksual yang ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom, dan menyebabkan timbulnya kutil kelamin. Bentuknya menyerupai benjolan berwarna putih atau merah, dan banyak ditemukan di sekitar alat kelamin terutama skrotum.

Kutil kelamin biasanya menyebabkan komplikasi jangka panjang dan kamu berisiko menularkannya ke pasangan. Terutama jika pasangan kamu memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

8. Infeksi herpes

8. Infeksi herpes
Freepik/tut

Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV) dan Varicella Zoster Virus (VZ). Virus herpes umumnya bisa menyerang siapa saja, ini ditandai dengan kulit kering, luka lepuh, luka terbuka, luka berair dan bintik putih di kulit di penis.

Satu hal yang perlu diwaspadai, risiko mengalami herpes bisa meningkat apabila kamu sering berganti pasangan seksual, mengonsumsi obat tertentu, serta menderita HIV/AIDS atau penyakit menular seksual lainnya.

Jika mencurigainya, kamu bisa segera melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan ya.

Semoga informasi mengenai penyebab munculnya bintik putih pada penis ini bisa berguna untuk kamu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk