7 Penyebab Kulit Penis Kering yang Bikin Nggak Nyaman

Sebagian besar penyebab kulit penis kering, jarang kita sadari lho!

14 Mei 2022

7 Penyebab Kulit Penis Kering Bikin Nggak Nyaman
Pexels/cottonbro

Kulit penis kering tentu menimbulkan rasa tidak nyaman ya, apalagi jika disertai dengan iritasi.

Kulit penis memang lebih tipis dari kulit lainnya yang ada pada tubuh kita. Inilah yang membuatnya lebih rentan mengalami kering dan iritasi. Tapi kulit kering pada penis tidak mungkin terjadi begitu saja, pasti ada penyebabnya.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab kulit penis kering, agar kamu bisa segera mengatasi dan menghindarinya terjadi lagi dikemudian hari.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 penyebab kulit penis kering, dilansir dari Healthline.

1. Sabun dengan bahan kandungan yang bisa mengiritasi kulit

1. Sabun bahan kandungan bisa mengiritasi kulit
Freepik

Salah satu penyebab kulit penis kering adalah sabun yang digunakan untuk membersihkan daerah sekitar kelamin.

Kita memang disarankan untuk membersihkan organ intim terutama alat kelamin, menggunakan air dan sabun. Tapi penggunaan sabun yang salah, bisa menyebabkan kulit penis kering dan iritasi. Karena pada saat membersihkan penis, biasanya kita cenderung menggosoknya dengan sabun.

Perlu kamu ketahui bahwa, beberapa jenis sabun mengandung bahan-bahan yang cukup keras untuk kulit, misalnya saja parfum. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, bahan-bahan seperti ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, tak terkecuali kulit penis. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih jenis sabun yang lembut untuk kulit atau produk berlabel hypoallergenic.

Perhatikan juga komposisi sabun yang tertera pada kemasan, sebelum menggunakannya ya.

2. Alergi kondom berbahan lateks

2. Alergi kondom berbahan lateks
pixabay/Anqa

Penggunaan kondom mungkin saja membuat kulit penis kering. Ini terjadi karena kondom berbahan lateks, berasal dari getah karet. Pada beberapa orang, lateks bisa menimbulkan alergi yang menyebabkan kulit penis kering dan iritasi.

Jika kamu memiliki alergi, sebaiknya hindari penggunaan kondom berbahan lateks. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kondom dengan bahan seperti poliuretan atau silikon, yang dinilai lebih aman dari lateks. Baca dengan baik setiap produk yang akan kamu gunakan, agar kamu terhindar dari kondom berbahan lateks, yang bisa menyebabkan alergi.

Editors' Picks

3. Melakukan aktivitas seksual tanpa pelumas

3. Melakukan aktivitas seksual tanpa pelumas
Pexels/Dainis Graveris

Nah, ini juga jadi penyebab kulit penis kering yaitu melakukan hubungan seks tanpa pelumas.

Kekurangan pelumas saat melakukan aktivitas seksual seperti berhubungan intim dan masturbasi, bisa menyebabkan kulit penis kering. Pasalnya penggunaan pelumas selain membuat aktivitas seksual menjadi lebih menyenangkan, juga membantu kulit penis terhindar dari kekeringan.

Ada tiga jenis pelumas yang bisa kamu gunakan, yaitu pelumas berbahan dasar air, minyak dan pelumas berbasis silikon. Dari ketiganya, pelumas berbahan dasar air memiliki risiko yang lebih kecil dalam menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Kamu juga bisa menggunakan pelumas yang bebas bahan kimia, dan tidak mengandung paraben atau gliserin, karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Menggunakan celana yang terlalu ketat

4. Menggunakan celana terlalu ketat
Pixabay/flamingoboxers

Menggunakan celana yang ketat secara terus menerus, dapat menyebabkan gesekan kulit pada area organ intim, ini jadi penyebab kulit penis kering juga lho.

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya lecet dan kulit penis menjadi kering. Selain itu, celana yang ketat juga membuat kulit menjadi lembab dan jamur lebih mudah berkembang biak.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakan celana berbahan dasar katun yang lembut, serta longgar dan ringan sehingga keringat lebih mudah terserap.

5. Infeksi jamur penis

5. Infeksi jamur penis
Pexels/Deon Black

Infeksi jamur penis selain dapat menyebabkan ruam dan pembengkakan, juga bisa membuat kulit penis kering. Infeksi ini biasanya terjadi akibat pertumbuhan jamur pada organ intim yang berlebihan.

Jika hal ini terjadi, oleskan salep atau krim antijamur untuk mengobatinya ya. Pastikan juga kamu menjaga kebersihan organ intim, agar terhindar dari bakteri dan jamur penyebab kulit penis kering.

6. Eksim pada kulit

6. Eksim kulit
Healthline

Eksim bisa menyerang bagian tubuh mana saja, tak terkecuali penis. Eksim membuat kulit penis kering dan menyebabkan rasa gatal disertai benjolan kecil di sekitarnya.

Karena kulit penis yang cenderung lebih tipis dari kulit lainnya, maka perlu berhati-hati dalam menanganinya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter, jika kulit penis kering akibat eksim sudah sangat mengganggu. Biasanya dokter akan memberikan resep obat atau krim kortikosteroid dengan dosis rendah, untuk mengobati eksim pada penis.

7. Penyakit autoimun psoriasis

7. Penyakit autoimun psoriasis
Pexels/Andrew Neel

Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang penyebabnya belum diketahui secara pasti. Jenis psoriasis yang bisa menyebabkan kulit penis kering adalah psoriasis inversa. Jenis ini umumnya dipicu oleh infeksi jamur pada kulit. Biasanya selain menyebabkan kulit kering, psoriasis juga menimbulkan peradangan dan bercak merah halus pada kulit penis.

Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi medis untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

Nah itulah tadi 7 penyebab kulit penis kering, yang mungkin saja kamu alami.

Kulit penis kering memang membuat tidak nyaman ya. Sebagai langkah pencegahan, kamu harus membersihkannya minimal dua kali sehari atau setelah buang air kecil, dan gunakan pelembap agar kulit penis tidak kering.

Jangan lupa untuk selalu membaca kemasan produk sebelum menggunakannya, supaya lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk