5 Makanan Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

Tetap perhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi usai workout ya, Ma!

23 September 2021

5 Makanan Kaya Protein Baik Dikonsumsi setelah Olahraga
Pexels/Marta Wave

Aktivitas kebugaran tubuh atau yang lebih akrab disebut workout sangat baik dan sehat jika Mama melakukannya secara rutin. Ketika workout, otot akan menggunakan simpanan glikogennya sebagai bahan bakar dan hal ini menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen.

Usai workout, tubuh Mama akan mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein pada otot tersebut. Jadi, setelah workout sebaiknya Mama mengonsumsi makanan sehat untuk menggantikan nutrisi yang hilang.

Namun, Mama perlu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi karena asupan makanan yang tepat akan membantu tubuh menjalankan fungsinya lebih optimal. 

Konsumsilah makanan tiga puluh menit setelah olahraga ini. Akan lebih baik jika makanan yang dikonsumsi juga kaya akan protein. Makan makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu tubuh untuk memulihkan otot setelah workout, mengencangkan tubuh, menurunkan berat badan, serta membantu tubuh mendapatkan kembali kekuatannya.

Mengutip dari The Healthsite, berikut adalah beberapa jenis makanan kaya protein yang perlu Mama konsumsi setelah workout untuk diet. Simak informasinya yang sudah dirangkum Popmama.com, yuk!

1. Cottage cheese (keju cottage) punya banyak protein

1. Cottage cheese (keju cottage) pu banyak protein
Pexels/Karolina Grabowska

Keju cottage adalah jenis keju yang memiliki tekstur yang lembut terbuat dari dadih (susu kerbau yang difermentasikan) dan memiliki rasa asam.

Keju cottage mengandung banyak protein dan juga leusin. Asam amino ini meningkatkan sintesis protein setelah melakukan workout.

Ini bisa menjadi makanan yang enak dan sehat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan pasca workout untuk diet Mama. Mama bisa menyantap keju cottage yang dicampurkan dengan wortel atau mentimun cincang segar.

Editors' Picks

2. Telur, asupan protein sampai 7 gram salam 1 butir saja

2. Telur, asupan protein sampai 7 gram salam 1 butir saja
Pexels/Julian Schwarzenbach

Telur kaya akan protein yang membantu tubuh dalam sesi pemulihan otot pasca workout. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik.

Dalam sebutir telur, Mama sudah memberikan asupan protein sebanyak 6-7 gram. Mama bisa mengonsumsi telur yang diolah menjadi menu telur orak-arik (scrambled eggs) atau mengonsumsinya hanya dengan cara direbus.

Telur juga bisa dinikmati sebagai topping roti gandum panggang, oatmeal, quinoa, atau sumber karbohidrat lainnya.

3. Daging ayam bakar, sehat dan bernutrisi

3. Daging ayam bakar, sehat bernutrisi
Pexels/Harry Dona

Makanan lainnya yang baik disantap usai workout adalah daging ayam. Daging ayam adalah makanan protein pembentuk otot yang sempurna yang dapat Mama sertakan dalam menu makanan setelah workout.

Daging ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Mama bisa menyantap daging ayam dengan diolah menjadi daging ayam panggang, sup ayam, atau daging ayam rebus. Tambahkan juga dengan beberapa sayuran untuk nutrisi ekstra.

4. Quinoa bisa jadi pengganti nasi nih

4. Quinoa bisa jadi pengganti nasi nih
Pinterest/simpleveganista

Salah satu makanan yang dapat Mama konsumsi setelah workout untuk diet adalah quinoa. Gandum utuh yang luar biasa ini mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh dan bekerja sangat baik untuk otot.

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Mama dapat mencampurkan quinoa dengan sayuran segar disertai tambahan protein dari kacang-kacangan agar gizi tetap seimbang serta bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

5. Soya protein (protein kedelai) terdapat asam amino arginin dan glutamine

5. Soya protein (protein kedelai) terdapat asam amino arginin glutamine
Pexels/Polina Tankilevitch

Soya protein adalah salah satu dari sedikit protein nabati yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh setelah workout untuk mendapatkan kembali semua energi dan membangun beberapa otot yang baik.

Di dalam soya protein terdapat asam amino arginin dan glutamine. Arginin merupakan asam amino yang berperan penting dalam membentuk jaringan otot.

Begitu juga dengan glutamine yang dapat menurunkan kadar stres pada otot ketika melakukan workout sehingga otot yang terbentuk lebih maksimal.

Nah, itu dia beberapa makanan kaya protein yang tentunya sehat dan bisa Mama konsumsi usai melakukan workout. Jangan lupa juga pastikan untuk mengisi kembali energi yang keluar saat workout ya.

Konsumsi rekomendasi makanan di atas segera usai workout untuk kembali memulihkan energi tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.