Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pendapat Para Pemuka Agama soal Film Qorin, Wajib Ditonton

Tak hanya menyeramkan, namun ada beragam isu yang diangkat di dalam film Qorin

8 Desember 2022

Pendapat Para Pemuka Agama soal Film Qorin, Wajib Ditonton
Dok. IDN Pictures

Film horor karya IDN Pictures berjudul Qorin, telah tayang di bioskop-bioskop tanah air sejak 1 Desember 2022 lalu. Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap film horor membuat Qorin memiliki penggemarnya sendiri. Hingga hari ke-7 penayangannya, film Qorin telah ditonton lebih dari 601.000 orang di bioskop seluruh Indonesia.

Alur ceritanya yang seram, menegangkan, dan mistis membuat film ini semakin menarik dan layak ditonton oleh banyak pihak. Tidak hanya masyarakat umum, para tokoh agama dan pejabat pun ikut menyaksikan film Qorin pada acara ‘Nonton Bareng Direktur Pondok Pesantren Kemenag RI dan Tokoh Pesantren Tangerang Selatan’ tanggal 4 Desember lalu.

Selain Direktur Pondok Pesantren Kemenag RI, ada pula Kepala Kemenag Serang Banten, Tokoh Tangerang Selatan, dan tokoh-tokoh pejabat lainnya. Mereka menyampaikan pendapatnya mengenai film Qorin saat diwawancara oleh IDN Pictures.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa pendapat para pemuka agama soal film Qorin di acara nonton bareng kemarin.

Yuk, simak detailnya!

1. Perlu ditonton karena ada pelajaran berharga

1. Perlu ditonton karena ada pelajaran berharga
Instagram.com/idnpictures

Drs. KH. Rasyid Sakir merekomendasikan film Qorin untuk ditonton para calon santri dan para orangtua.

Ia menjelaskan kalau film ini mengandung pelajaran yang sangat berharga. Terutama pembelajaran tentang mengenal kehidupan sebagai seorang santri di pesantren, lho. 

Editors' Picks

2. Mengajarkan tentang keberanian melawan hal yang tidak baik

2. Mengajarkan tentang keberanian melawan hal tidak baik
Instagram.com/idnmedia

Direktur Pondok Pesantren Kemenag RI, Prof. Wayono Abdul Ghani mengatakan bahwa film Qorin mengajarkan banyak orang terutama para santri untuk menjadi seseorang yang berani. Dalam artian berani mengkritik dan menegakkan kebenaran seperti yang dilakukan oleh tokoh Yolanda pada film Qorin.

“Seseorang seperti Yolanda itu pasti ada tapi jumlahnya tidak banyak karena butuh nyali yang besar. Maka dari itu, perlu ada orang yang berani mengemukakan hal seperti itu,” ujarnya.

3. Pengingat para pendiri pesantren untuk tetap on-the-track

3. Pengingat para pendiri pesantren tetap on-the-track
Instagram.com/idnpictures

“Film ini merupakan film yang sangat bagus dan mengingatkan kita bahwa dunia pesantren harus on-the-track karena dunia pesantren pun tidak terbebas dari perilaku menyimpang,” ucap H. Abdul Rozaq, M.A, selaku Kepala Kemenag Serang Banten.

Pendapatnya menjelaskan tentang kehidupan pesantren yang tidak serta-merta aman bagi para santri. Hadirnya film Qorin ini dapat menjadi pengingat masyarakat untuk tetap waspada.

4. Film terbaik yang membahas dunia pesantren

4. Film terbaik membahas dunia pesantren
Instagram.com/idnpictures

Ketua Majlis Komunikasi Pesantren Babakan Tangsel, Sutan Alba, MSi, memberikan pendapat tersendiri mengenai film Qorin. 

Menurutnya film terbaru dari IDN Pictures ini menjadi salah satu film terbaik yang membahas hal-hal negatif di dunia pesantren. Ia pun memberikan saran kepada para masyarakat untuk menonton film Qorin di bioskop terdekat. 

Sinopsis dan Trailer Film Qorin

Zahra (Zulfa Maharani) adalah siswi teladan di sekolah putri yang ingin segera lulus. Keinginannya segera lulus mendapat hambatan dari Ujay (Omar Daniel), kepala sekolah pengganti yang punya rencana jahat untuk para siswi.

Suatu hari, sekolah kedatangan siswi baru bergaya rebel bernama Yolanda. Ujay meminta Zahra mendampingi Yolanda (Aghniny Haque) dalam masa orientasi.

Zahra juga diminta Ujay memimpin teman-temannya melakukan ritual Qorin. Ritual Qorin adalah ritual memanggil kembaran gaib setiap manusia.

Usai ritual, asrama tempat Zahra dan Yolanda tinggal bersama siswi lain, mulai diteror oleh sosok-sosok gaib. Semua siswi yang ikut ritual Qorin juga dihantui makhluk yang menyerupai diri mereka.

Kemunculan jin Qorin mulai menghantui dan membuat para siswi melakukan dosa yang tak terbayangkan. Nyawa mereka pun terancam diambil alih oleh jin Qorin itu.

Zahra, Yolanda, dan teman-temannya, bersama dua pengasuh asrama, Umi Hana (Dea Annisa) dan Umi Yana (Putri Ayudya) harus memberanikan diri bangkit melawan jin Qorin.

Sanggupkah mereka melawan sisi kelam dan jahat dalam diri mereka sendiri?

Tunggu apalagi? Segera saksikan film Qorin di bioskop kesayangan! Tonton aksi keseruan dan ketegangan Zahra, Yolanda, dan teman-temannya melawan para jin Qorin bersama teman-temanmu juga.

Jangan sampai kelewatan film ini, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk