Tim SAR Lanjutkan Pencarian Eril Menggunakan Drone dan Penyelaman

Proses pencarian anak Ridwan Kamil di hari ketiga dilakukan lebih intensif dari sebelumnya

28 Mei 2022

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Eril Menggunakan Drone Penyelaman
Instagram.com/emmerilkahn

Kabar hilangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss membuat banyak orang ikut bersedih. Lelaki yang akrab disapa Eril itu dikabarkan hilang terseret derasnya sungai sejak Kamis (26/5/2022).

Pihak keluarga Ridwan Kamil beserta Kedutaan Besar Indonesia di Swiss telah menginformasikan kabar terbaru pencarian Eril pada hari ini, Sabtu (28/5/2022) siang.

Informasi terkini tentang pencarian itu bisa pula diikuti oleh masyarakat melalui aplikasi zoom dan kanal YouTube Pemrov Jawa Barat. Berikut Popmama.comtelah rangkum kabar terupdate proses pencarian hilangnya anak Ridwan Kamil, Eril.

Editors' Picks

1. Hanya bisa berharap dan berserah pada ketetapan Allah SWT

1. Ha bisa berharap berserah ketetapan Allah SWT
Instagram.com/ataliapr

Paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, sempat menjelaskan bahwa kunjungan putra sulung Ridwan Kamil ke Swiss ini dalam rangka mencari kampus dan beasiswa untuk melanjutkan S2. Dalam keterangannya, Elpi menyebut bahwa pihak keluarga menerima kabar Eril hilang pada pukul 17.00 WIB

"Pihak keluarga dibantu oleh pihak KBRI di Swiss. Update yang kami terima pencarian dilakukan kurang lebih 6 jam di hari pertama setelah kejadian, namun Eril belum ditemukan," kata Elpi.

Elpi memohon doa kepada masyarakat dan kerabat agar proses pencarian yang saat ini masih berjalan bisa diberikan kemudahan. Ia bersama pihak keluarga mengaku tidak bisa menaruh harapan kepada siapa pun kecuali kepada Allah SWT.

"Tentu semua ini adalah upaya yang bisa dilakukan oleh pihak keluarga, karena tak ada harapan yang bisa kami gantungkan kecuali kepada Allah SWT," kata Elpi.

2. Proses pencarian Eril sudah dilakukan hingga radius 16 km dari titik awal hilang

2. Proses pencarian Eril sudah dilakukan hingga radius 16 km dari titik awal hilang
Instagram.com/emmerilkahn

Pada Jumat (27/5/2022) kemarin, Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) Akhmad Taufiqurrachman mengungkapkan bahwa proses pencarian Eril sudah dilakukan hingga radius 16 kilometer dari titik awal hilang.

"Kurang lebih pencarian radius 16 km dari titik awal," ujar Akhmad.

Selain itu, Kepolisan RI juga turun tangan untuk memantau pencarian Eril. Polri telah berkoordinasi dengan Interpool demi kelancaran pencarian hilangnya Eril di Swiss.

Nantinya, Interpol akan menerbitkan Yellow Notice sebagai bentuk upaya mencari Eril yang belum ditemukan. Yellow Notice diterbitkan untuk membantu menemukan orang hilang.

Biasanya, Yellow Notice digunakan untuk menemukan anak di bawah umur atau membantu mengidentifikasi orang yang tidak dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri.

"Identitas korban sedang kami mintakan via Polda Jabar, untuk kami mintakan Yellow Notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," kata Dedi Prasetyo, Kadiv Humas Polri Irjen.

3. Pencarian Eril hari ini akan dilakukan lebih intensif menggunakan perahu, drone, dan penyelaman

3. Pencarian Eril hari ini akan dilakukan lebih intensif menggunakan perahu, drone, penyelaman
Instagram.com/emmerilkahn

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan upaya apa saja yang akan dilakukan tim SAR dalam pencarian Eril di Sungai Aare. Pencarian Eril akan kembali dilakukan pada siang hari ini sekitar pukul 13.30 WIB atau 08.30 pagi waktu Swiss.

Lokasi pencarian di hari ketiga akan difokuskan sepanjang 8 km wilayah Sungai Aare, tempat Eril berenang dan dinyatakan hilang. Muliaman menegaskan bahwa pencarian putra sulung Ridwan Kamil tersebut menjadi prioritas tim SAR Swiss.

Bahkan, metode pencarian pada hari ini akan lebih intensif dengan menggunakan perahu, drone, hingga penyelaman. Selain itu, Dubes RI mengatakan bahwa tim SAR Swiss yang bertugas untuk pencarian Eril ada 24 personel

"Metode pencarian pagi ini lebih intensif yaitu dengan perahu atau boat search juga gunakan drone untuk susur tepian sungai dan lakukan penyelaman. Namun penyelaman akan dilakukan dengan menyesuaikan situasi," kata Muliaman dalam keterangan pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

Pihak tim SAR Swiss memastikan pencarian akan dilakukan setiap hari karena ini merupakan bagian dari tugas mereka sehari-hari, demi memantau keamanan Sungai Aare. 

"Mereka tidak mengatakan dalam berapa hari tidak ditemukan maka pencarian dihentikan. Pencarian akan terus berlangsung setiap hari karena menjadi tugas mereka sehari-hari," ungkap Muliaman.

Mari kita doakan agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan sehat, sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarganya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk