Mengenal Ain, Penyakit dari Pandangan Mata dan Hati dari Jiwa Negatif

Berbahaya! Ternyata ini penyebab dan cara mencegah penyakit ain menurut Islam

19 Mei 2021

Mengenal Ain, Penyakit dari Pandangan Mata Hati dari Jiwa Negatif
Freepik/shurkin_son

Kabar duka menyelimuti pasangan muda Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar pada Selasa (18/05) yang lalu. Aurel Hermansyah diketahui mengalami keguguran calon bayinya yang berusia 5 minggu 3 hari dalam kandungan.

Kabar duka itu diungkapkan oleh Atta dan Aurel di akun Instagram pribadi mereka. Dalam unggahannya, kedua pasangan itu mengunggah foto hasil USG Aurel yang menunjukkan tidak ada lagi kantung kehamilan dalam perut istri Atta Halilintar itu.

"Sampai jumpa di surga anakku :"( Doain papa mama ya," tulis Atta pada keterangan fotonya di Instagram.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Selamat jalan anakku sayang.. Doain mama & papa dr surga ya," tulis Aurel di laman Instagramnya.

Kabar duka yang diunggah Atta dan Aurel pada Selasa kemarin pun menuai doa dan ucapan duka dari warganet. Tidak hanya itu, sejumlah warganet juga mengaitkan musibah keguguran Aurel Hermansyah dengan penyakit ain.

"Dari kemarin aku takut ini kejadian, takut ain. Qodrallah," komentar netizen.

"Jadikan pelajaran aja, lain kali nggak usah terlalu di umbar.. itu yang namanya penyakit ain kata orang-orang...," ujar lainnya.

"Sesuatu yang berlebihan justru tidak baik .. Semoga di beri kesabaran ya,, jadikan pelajaran jangan terlalu di publish karena ain itu ada,," tulis warganet.

"Salah satu yang dimaksud bahaya ain ya kaya gini," ujar lainnya.

Ramainya komentar terkait dengan musibah keguguran yang dialami Aurel Hermansyah berkaitan dengan penyakit ain, membuat sejumlah publik penasaran apakah yang dimaksud dengan penyakit tersebut dan bagaimana penyakit ain dalam pandangan Islam.

Untuk menjadi pembelajaran bagi kita semua, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta mengenai penyakit ain.

1. Apakah itu penyakit ain?

1. Apakah itu penyakit ain
Freepik/User13348820

Penyakit ain dalam islam adalah pengaruh dari pandangan hasad atau dengki dari seseorang. Sehingga orang yang dipandang bisa mengalami gangguan berupa penyakit, kerusakan, hingga kematian. Dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah:

مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

Artinya: Ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut. 

(Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271)

Editors' Picks

2. Penyebab penyakit ain

2. Penyebab penyakit ain
Freepik/tascha1

Penyakit ain disebabkan oleh sifat hasad atau iri dengki terhadap nikmat yang dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu, Allah meminta agar umat Muslim untuk berlindung dari sifat hasad. Dalam Al-Qur'an surat Al Falaq, ayat 5 yang berbunyi:

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya: Dan (berlindung) dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

3. Cara mencegah penyakit ain

3. Cara mencegah penyakit ain
Freepik/free picture

Untuk mencegah terjadinya penyakit ain, seseorang diminta untuk selalu mendoakan keberkahan. Nabi Muhammad SAW juga meminta agar umat muslim saling menjaga tali silaturahmi sehingga tidak timbul penyakit hasad.

Dalam Al-Qur'an Surat Asy-Syura ayat 30, Allah SWT berfirman:

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

Artinya: Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).

4. Cara mengobati penyakit ain

4. Cara mengobati penyakit ain
Pexels/gabby-k

Cara mengobati penyakit ain dilakukan dengan bertawakal kepada Allah. Sebab, hanya Allah SWT yang dapat menyembuhkan semua penyakit dalam tubuh. Berdasarkan Al-Qur'an Surat At-Tagabun ayat 11, Allah SWT berfirman:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Artinya: Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Itu dia beberapa fakta terkait penyakit ain yang dikaitkan netizen dengan keguguran yang dialami Aurel. Semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kita dan kita semua pun bisa dilindungi Allah SWT dari penyakit ain.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.