Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

Sakit punggung bisa disebabkan oleh hal-hal yang sepele lho, Ma

18 Mei 2021

Penyebab Sakit Punggung Cara Mengatasinya
Freepik/diana-grytsku

Sakit punggung biasanya dialami oleh orang tua dan lansia, akan tetapi anak-anak dan remaja juga bisa mengalami sakit punggung.

Pada umumnya, sakit punggung disebabkan oleh aktivitas harian yang kerap diabaikan dan sakit punggung itu sendiri sudah dianggap hal yang biasa.

Nyatanya, jika terus diabaikan, sakit punggung yang dialami akan semakin memburuk. Selain itu, gejala-gejala yang akan muncul pada orang yang mengalami sakit punggung antara lain ada rasa sakit pada otot sekitar, punggung akan terasa sakit jika membungkuk, mengangkat, berdiri atau berjalan, dan akan terasa lebih baik ketika berbaring.

Jika Mama ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit punggung, kali ini Popmama.com telah merangkumnya yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Posisi tidur yang buruk

1. Posisi tidur buruk
Pexels/olly

Posisi tidur yang tidak baik akan mudah menyebabkan sakit punggung. Biasanya posisi tidur yang baik dilihat dari bantal atau kasur yang digunakan.

Jika ketika bangun tidur Mama atau pasangan merasakan sakit punggung, itu sudah waktunya untuk mengganti bantal atau kasur baru.

Posisi tidur yang baik juga akan mempengaruhi kualitas tidur juga, oleh karena itu perlu posisi tidur perlu diperhatikan.

2. Cedera otot

2. Cedera otot
Freepik/racool-studio

Ketegangan dan keseleo pada otot merupakan salah satu penyebab sakit punggung bawah. Cedera otot diakibatkan dengan adanya pergerakan pada otot yang melebihi batas normal.

Selain itu, mengangkat beban yang terlalu berat juga bisa menyebabkan cedera otot dan berujung juga dengan munculnya sakit punggung bawah.

Editors' Picks

3. Peradangan sendi

3. Peradangan sendi
Freepik/yanalya

Peradangan pada sendi terutama pada tulang belakang dan sendi pinggul juga mampu menyebabkan sakit punggung bawah.

Nah, biasanya ketika Mama atau pasangan mengalami cedera, akan menimbulkan peradangan sendi dan dapat menyebabkan sakit punggung yang serius.

4. Kurangnya kegiatan fisik

4. Kurang kegiatan fisik
Freepik/marymarkevich

Jika Mama atau pasangan termasuk individu yang kurang melakukan kegiatan fisik, ini akan menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit punggung.

Otot-otot yang kencang pada kaki akan menarik tulang belakang dan menciptakan lordosis.

Selain itu, otot bahu dan punggung atas yang kencang juga menarik tulang belakang keluar dari posisi sejajar.

5. Posisi duduk yang buruk

5. Posisi duduk buruk
Freepik/diana-grytsku

Salah satu penyebab yang satu ini biasa dialami oleh orang-orang yang bekerja di kantor, karena mereka akan duduk selama berjam-jam dengan posisi yang tidak baik.

Posisi yang dapat menyebabkan sakit punggung antara lain bahu bungkuk, leher menonjol, dan punggung bawah melengkung. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk memperhatikan posisi duduk selagi bekerja.

6. Peregangan

6. Peregangan
Freepik/pressfoto

Peregangan merupakan cara mengatasi sakit pungung yang cukup ampuh. Pada umumnya, sakit punggung sering disebabkan karena kurangnya fleksibilitas tubuh.

Mama dan pasangan bisa melakukan peregangan pada paha depan, pinggang, dan urat lutut setiap sebelum tidur dan dilakukan secara rutin dan konsisten supaya sakit punggung yang dialami bisa cepat mereda.

7. Terapi panas dan dingin

7. Terapi panas dingin
Freepik/cookie_studio

Cara mengatasi sakit punggung berikutnya adalah dengan melakukan terapi menggunakan panas dan dingin.

Terapi panas bisa Mama lakukan dengan mennggunakan bantal pemanas, dan untuk terapi dingin menggunakan kompres.

Kompres dingin dapat membantu meredakan peradangan dan memperlancar aliran darah, sedangkan panas membantu merelaksasi otot-otot dan melebarkan pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit punggung yang bisa Mama dan pasangan lakukan di rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.