Cara Meninggikan Badan secara Alami agar Tinggi Badan Ideal

Memiliki tubuh tinggi ideal menjadi banyak dambaan banyak orang

31 Oktober 2020

Cara Meninggikan Badan secara Alami agar Tinggi Badan Ideal
Freepik/user18526052

Memiliki tinggi tubuh yang ideal merupakan harapan banyak orang.

Sebab, memiliki postur tubuh ideal dinilai akan membuat penampilan menjadi lebih baik. Namun, pertumbuhan tinggi badan tidak selamanya terjadi pada manusia.

Selagi masih bisa mengusahakan untuk menambah angka tinggi badan, lakukanlah beberapa cara meninggikan badan secara alami.

Sebab, untuk menambah tinggi badan tidak bisa dilakukan secara instan.

Popmama.com akan memberitahukan beberapa cara meninggikan badan secara alami yang bisa dilakukan. Simak penjelasan selengkapnya, ya!

1. Mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi

1. Mengonsumsi makanan memenuhi kebutuhan nutrisi
Freepik

Pemenuhan nutrisi yang cukup dan seimbang dapat meninggikan badan secara alami. Sebab, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar yang membuat tubuh dapat berkembang dengan baik. 

Salah satu bahan utama yang memiliki peranan cukup penting untuk pertumbuhan tulang adalah protein, vitamin D, dan juga kalsium. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Lalu, kalsium bisa didapat dari susu, keju, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan laut, dan sebagainya. Sedangkan vitamin D bisa dengan mudah didapatkan dari sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk terkena sinar matahari yang cukup.

Editors' Picks

2. Atur pola tidur yang cukup dan teratur

2. Atur pola tidur cukup teratur
shutterstock
ilustrasi tidur.

Jangan remehkan aktivitas tidur. Tidur memiliki pengaruh besar untuk dapat meninggikan badan secara alami. Sebab, tidur yang cukup akan membuat tubuh mampu memproduksi Human Growth Hormone (HGH), yaitu hormon yang memicu pertumbuhan.

Pola tidur yang cukup dan teratur penting. Normalnya, manusia dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 hingga 8 jam perhari. Jika sekali atau dua kali kurang dari itu mungkin tidak akan berpengaruh terlalu besar. Tetapi jika sering memiliki waktu tidur yang kacau maka dapat berdampak pada pertumbuhan.

3. Lakukan olahraga secara rutin

3. Lakukan olahraga secara rutin
Unsplash/@jmuniz

Melakukan olahraga juga menjadi salah satu cara yang dapat meninggikan badan secara alami. Beberapa gerakan olahraga mampu melepaskan salah satu hormon pertumbuhan, yaitu insulin-like growth factor-1 (IGF-1).

Jenis olahraga yang banyak direkomendasikan untuk dilakukan sebagai cara meninggikan badan secara alami diantaranya adalah basket, berenang, yoga, dan lompat tali. Beberapa olahraga tersebut membantu tulang dan otot mengalami peregangan. Selain itu, olahraga tersebut juga akan memperkuat tulang dan otot. Sehingga, sangat efektif untuk dapat meninggikan badan secara alami.

4. Perbaiki postur tubuh saat berdiri maupun duduk

4. Perbaiki postur tubuh saat berdiri maupun duduk
Freepik/yanalya

Postur tubuh saat berdiri maupun duduk juga dapat memengaruhi tinggi badan. Posisi membungkuk, terutama saat duduk, dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kondisi tulang belakang. Hal tersebut juga akan membuat tulang punggung terlihat memendek. Dengan memperbaiki postur tubuh maka hal tersebut dapat meninggikan badan secara alami.

5. Konsumsi suplemen tambahan yang terpercaya

5. Konsumsi suplemen tambahan terpercaya
Freepik/whatwolf

Upaya lain untuk dapat meninggikan badan secara alami adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Namun perlu diperhatikan bahwa suplemen yang dipilih adalah suplemen yang terpercaya dan memiliki izin edar.

Suplemen tambahan yang bisa digunakan untuk meninggikan badan secara alami diantaranya vitamin D, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B12.

Itulah beberapa cara meninggikan badan secara alami agar tinggi badan menjadi lebih ideal. Semoga dapat membantu untuk mewujudkan postur tubuh yang lebih ideal ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.