5 Tips yang Memotivasi untuk Rajin Olahraga

Perlu motivasi kuat untuk konsisten rajin melakukan olahraga

22 November 2020

5 Tips Memotivasi Rajin Olahraga
Pixabay/StockSnap

Aktivitas olahraga memang terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran jika para pakar kesehatan menghimbau masyarakat untuk rutin melakukan olahraga. Apalagi di masa pandemi saat ini, para pakar kesehatan semakin gencar menyarankan untuk merutinkan olahraga.

Untuk bisa memberikan dampak pada kesehatan tubuh, olahraga tidak dapat dilakukan hanya sesekali. Olahraga baru akan terasa dampaknya jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Tapi, melakukan aktivitas fisik ini secara rutin memang tidak mudah. Apalagi yang tidak terbiasa berolahraga. Rasa malas dan bosan sering menjadi penghambat untuk konsisten berolahraga.

Melihat hal tersebut, Popmama.com punya beberapa tips memotivasi untuk rajin berolahraga.

1. Gunakan video workout dari instruktur favorit

1. Gunakan video workout dari instruktur favorit
Freepik/shurkin_son

Berolahraga dengan menggunakan bantuan video workout yang tersedia di Youtube atau aplikasi dapat membantu Mama memotivasi untuk rajin berolahraga.

Biasanya, video tersebut menampilkan instruktur yang memeragakan gerakan. Biasanya juga, instrukturnya pun akan menyemangati penontonnya untuk terus melakukan gerakan yang dicontohkan.

Mama bisa memilih video sesuai dengan preferensi jenis olahraga yang diinginkan atau instruktur yang disukai.

Editors' Picks

2. Dengarkan musik yang membangkitkan gairah berolahraga

2. Dengarkan musik membangkitkan gairah berolahraga
freepik/artem-ermilov

Mendengarkan musik juga membantu memotivasi untuk rajin berolahraga. Pilih musik yang bisa membangkitkan gairah berolahraga. Biasanya, jenis musik yang digunakan memiliki irama ketukan yang cepat dan penuh semangat.

Buatlah playlist lagu khusus olahraga yang Mama sukai. Musik akan membantu menghibur dan memotivasi saat berolahraga.

3. Ukur kemajuan dan buat penghargaan untuk pencapaian yang diraih

3. Ukur kemajuan buat penghargaan pencapaian diraih
Freepik/freepic.diller

Buat pengukuran sejauh mana kemajuan yang Mama lakukan. Tidak menuntut angka yang besar, seperti jarak harus sekian kilometer atau berolahraga hingga sekian menit. Tapi mulai dari kemampuan yang dirasa mudah untuk dilakukan. Lalu, perlahan tingkatkan kapasitas dari sebelumnya. Atau bisa juga dengan mencatat sudah berapa hari Mama secara rutin melakukan olahraga.

Jangan lupa buat penghargaan atas pencapaian yang sudah diraih. Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri sangat membantu dalam memotivasi untuk rajin olahraga.

4. Carilah teman yang bisa mau menemani program olahraga Mama

4. Carilah teman bisa mau menemani program olahraga Mama
Freepik/yanalya

Jika Mama kesulitan melakukannya sendiri maka carilah teman yang mau menemani program olahraga Mama. Sosok teman akan dapat memotivasi untuk rajin olahraga. Mama akan memiliki seseorang yang mengingatkan atau setidaknya Mama termotivasi untuk mengajaknya berolahraga.

Berolahraga bersama teman akan lebih menyenangkan. Selain itu, aktivitas olahraga menjadi lebih ramai karena ada yang bisa diajak untuk berbicara.

5. Gali alasan yang kuat kenapa Mama harus rutin berolahraga

5. Gali alasan kuat kenapa Mama harus rutin berolahraga
Freepik/benzoix

Cara memotivasi untuk rajin berolahraga lainnya adalah dengan menggali alasan yang kuat kenapa Mama harus rutin berolahraga.

Gali terus dengan pertanyaan kenapa. Misal kenapa Mama berolahraga? Jawabannya karena ingin menurunkan berat badan. Kenapa ingin turun berat badan.

Agar terlihat lebih langsung. Kenapa ingin memiliki tubuh langsing? Karena ingin mengurangi beban lutut yang sering menyebabkan nyeri.

Terus gali pertanyaan hingga mendapatkan jawaban yang sangat kuat kenapa Mama harus rajin olahraga. Dengan begitu Mama akan lebih termotivasi untuk konsisten berolahraga.

Itulah beberapa cara memotivasi untuk rajin olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Semoga tulisan ini membantu Mama untuk lebih rajin berolahraga ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.