Hiburan Seru, Ini 7 Film Akhir Tahun 2020 yang Tayang di Bioskop

Saat menonton di bioskop tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya, Ma!

14 Desember 2020

Hiburan Seru, Ini 7 Film Akhir Tahun 2020 Tayang Bioskop
Imdb.com

Sederet film akan kembali tayang setelah penutupan bioskop karena pandemi Covid-19. Bioskop kembali buka, namun dengan menerapkan protokol kesehatan dan pengurangan pengunjung agar meminimalisir paparan virus yang lebih luas lagi.

Beberapa deretan film pun akan rilis di akhir tahun 2020, bahkan ada film yang diputar kembali karena waktu itu sempat terhenti akibat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). 

Liburan akhir tahun sudah hampir tiba, jadi menonton bioskop ketika di akhir pekan bisa dilakukan. Apalagi ada beberapa film Indonesia dan luar negeri yang bisa ditonton bersama keluarga, teman atau orang terkasih. 

Demi menjaga protokol kesehatan, Mama bisa memesan tiket dari rumah untuk menghindari antrean dan tetap menggunakan masker selama menonton film di bioskop. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa film akhir tahun 2020 yang tayang di bioskop, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira apa saja ya, Ma?

1. Asih 2

1. Asih 2
mdpictures.com

Asih 2 menjadi film horor Indonesia pertama yang akan kembali tayang di bioskop. Film horor yang disutradarai oleh Riza Mantovani ini akan tayang pada 24 Desember 2020. 

Kembalinya sosok menyeramkan dari Asih ini merupakan adaptasi novel karya Risa Saraswati berjudul Asih 2. Secara garis besar, film ini menceritakan hantu perempuan bernama Asih (Shareefa Daanish) meneror kembali keluarga Andi (Darius Sinathrya). Asih memiliki niat jahat karena ingin mengambil anak semata wayang Andi dan Puspita yang bernama Amelia.

Pada malam hari, Asih berhasil mengambil Amelia dan membunuh Andi dan Puspita. Kejadian ini disaksikan langsung oleh neneknya (Marini Soerjosoemarno). Enam tahun setelah Amelia diculik, terlihat anak kecil sedang berlari di hutan sambil memeluk pepaya. Ketika anak tersebut sudah keluar hutan, mobil menghantam dirinya. 

Anak tersebut yang bernama Ana dilarikan ke rumah sakit dan bertemu dengan Dokter Sylvia (Marsha Timothy). Melihat itu, Sylvia merasa iba dan ingin membawa anak kecil itu pulang. Sylvia meminta izin kepada suaminya, Razan (Ario Bayu) untuk membawa pulang anak kecil tersebut karena mereka pernah kehilangan seorang anak.

Selama kehadiran Ana, Mbo yang merupakan pembantu rumah tangga di keluarga Sylvia dan Razan merasakan banyak keanehan. Sampai akhirnya, Sylvia menemukan fakta bahwa dia tak hanya membawa pulang Ana melainkan sosok Asih. Asih selama ini mengasuh Ana selama kurang lebih enam tahun.

2. Generasi 90an: Melankolia

2. Generasi 90an Melankolia
Imdb.com

Film ini diadaptasi dari buku Generasi 90an karya Marchella FP. Film ini dimainkan oleh beberapa aktor dan aktris era 90an juga lho, Ma. Ketika menonton Generasi 90an: Melankolia, Mama akan kembali melihat akting dari Gunawan, Marcella Zalianty, Frans Mohede hingga Amara Mohede.

Film Generasi 90an: Melankolia juga terinspirasi dari tiga lagu tenar yang sering sekali didengarkan di era 90-an dan 2000-an, yaitu “Begitu Indah” dari Padi, “Sephia” dari Sheila On 7 serta “Cintakan Membawamu” dari Dewa 19.

Film ini menceritakan Abby (Ari Irham), anak muda yang sedang mencari jati diri dan mengidolakan sosok sang Kakak bernama Indah (Aghniny Haque). Namun, Indah mengalami kecelakaan pesawat dan membuat seluruh keluarganya terpukul. 

Masih dalam kesedihannya Abby bertemu dengan Sephia (Taskya Namya) sahabat sang Kakak yang menggantikan sosok Indah. Film ini akan tayang di bioskop pada 24 Desember 2020 mendatang.

Editors' Picks

3. Kemarin

3. Kemarin
Twitter.com/CGV_ID

Film ini menceritakan kejadian yang dialami Ifan, vokalis Seventeen. Kemarin menjadi film dokumenter yang menceritakan kisah perjalanan band Seventeen sejak 2003 hingga kejadian bencana tsunami terjadi. 

Cerita dari film Kemarin ini juga memberikan gambaran terkait bencana tsunami yang menewaskan Dylan Sahara, istri dari Ifan Seventeen. 

Kejadian tsunami Banten tersebut terjadi pada 22 Desember 2018 dan telah menelan 426 korban jiwa. Enam di antaranya adalah personel bandSeventeen, yaitu M. Awal Purbanuni (Bani sebagai bassis), Herman Sikumbang (Herman sebagai gitaris), Windu Andi Darmawan (Andi sebagai drummer), Oki Wijaya sebagai road manager, Ujang sebagai kru dan Dylan Sahara sebagai istri Ifan. 

Film dokumenter Kemarin telah tayang pada 3 Desember 2020.

4. Mariposa

4. Mariposa
Imdb.com

Mariposa, termasuk film yang kembali tayang pada akhir tahun 2020. Kehadiran Mariposa disambut baik oleh para pecinta film Indonesia. Awalnya, film Mariposa memang sudah pernah tayang pada Maret 2020 lalu dan harus terhenti karena pandemi Covid-19.

Sebagai salah satu film penutup akhir tahun, Mariposa yang tayang kali ini akan berbeda dengan sebelumnya karena terdapat beberapa adegan baru. 

Secara garis besar, Mariposa menceritakan tentang seorang siswi berprestasi yang bernama Acha (Adhisty Zara) untuk mendapatkan hati Iqbal (Angga Aldi Yunanda). Iqbal memang teman sekelas Acha yang mempunyai sifat cuek dan dingin. Sifat tersebut membuat Acha penasaran dan terus mengejar dan mendapatkan perhatian dari Iqbal.

Suatu hari, Acha dan Iqbal mewakili sekolah mereka untuk mengikuti kompetisi cerdas cermat. Dalam persiapan menuju kompetisi tersebut, Acha dan Iqbal menyadari apa yang mereka mau dan mulai menyadari perasaan masing-masing.

Film Mariposa akan kembali tayang lagi di bioskop pada 31 Desember 2020.

5. Milea: Suara dari Dilan Extended

5. Milea Suara dari Dilan Extended
Instagram.com/fajarbustomi

Film Milea:Suara dari Dilan akan kembali tayang pada akhir tahun ini sejak penayangannya pada Februari lalu. Film ini merupakan seri terakhir pada film Dilan. Film ini menceritakan tentang kisah cinta Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Film ini merupakan adaptasi dari novel Milea karya Pidi Baiq.

Dilan yang merupakan panglima tempur Bandung tahun 90-an ini berpacaran dengan Milea seorang siswi pindahan dari Jakarta. Mereka menjalin hubungan dengan bahagia dan membuat Dilan semakin jauh dengan teman geng motornya.

Suatu ketika terjadilah peristiwa yang merenggut nyawa anggota geng motor bernama Akew. Akew dikroyok oleh sekelompok orang dan meninggal dunia. Mendengar hal itu, Milea khawatir dengan Dilan. Akhirnya Milea memutuskan Dilan agar Dilan mau menjauh dan ikut geng motor lagi.

Perpisahan ini terjadi sampai Milea dan Dilan telah dewasa. Setelah dewasa mereka bertemu di acara reuni akbar. Namun, Dilan dan Milea telah sama-sama mempunyai pasangan. Film Milea ini secara garis besar menceritakan cara bagaimana ia mengingat Dilan dan kisah cinta mereka berdua. 

Film Milea: Suara dari Dilan Extended akan tayang di bioskop pada 31 Desember 2020 nih, Ma. 

6. The Science of Fictions

6. The Science of Fictions
Imdb.com

The Science of Fictions, termasuk film karya Yosep Anggi Noen ini sudah tayang pada 10 Desember 2020. Film ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu Hiruk Pikuk Si Al-kisah. Film The Science of Fictions menceritakan tentang Siman (Gunawan Maryanto), laki-laki pendiam yang menyaksikan proses syuting pendaratan di bulan di daerah Gemuk Pasir, Bantul pada 1960-an.

Siman pun ditangkap oleh para penjaga dan lidahnya dipotong agar tidak mengungkapkan hal tersebut ke warga setempat.

Akhirnya Siman hidup tanpa mengeluarkan kata-kata dan bertingkah layaknya astronot dengan gerakan slow motion. Namun, warga setempat menganggap Siman tak waras. Padahal Siman hanya ingin mengungkapkan kebohongan orang-orang di masa lalu tentang astronot.

7. Wonder Woman 1984

7. Wonder Woman 1984
Imdb.com

Film Wonder Woman 1984 merupakan sekuel dari film Wonder Women sebelumnya. Film Wonder Woman 1984 ini rencananya akan tayang pada 16 Desember 2020 mendatang. Film Wonder Woman 1984 menceritakan tentang Putri Diana (Gal Gadot) seorang putri kerjaan amazon. Putri Diana harus menghadapi musuhnya yaitu Max Lord (Pedro Pascal) dan The Cheetah (Kristen Wing).

Selain Putri Diana, film Wonder Woman 1984 juga akan dibintangi oleh Chris Pine atau Steve Trevor. Sekuel dari film Wonder Women ini disutradarai oleh Patty Jenkins.

Itulah beberapa film yang tayang pada akhir tahun 2020 ini di bioskop. Walau sudah bisa menonton film secara langsung di bioskop, namun Mama tetap perlu mematuhi protokol kesehatan. 

Dari deretan film di atas, kira-kira ada yang mau ditonton nggak nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.