Selain Bikin Bahagia, Orgasme pada Perempuan Bisa Beri Banyak Manfaat

Ini dia manfaat orgasme bagi perempuan!

16 April 2019

Selain Bikin Bahagia, Orgasme Perempuan Bisa Beri Banyak Manfaat
Unsplash/Matheus Vinicius

Entah karena kurang pengalaman soal orgasme, malu-malu, awam, sibuk membayangkan hal lain, atau terlalu mementingkan kesenangan pasangannya tapi luas diketahui bahwa perempuan cenderung lebih sulit merasakan orgasme.

Bahkan ada pula yang sudah mencapai orgasme namun ia tidak menyadarinya. Sudah merasakan kenikmatan yang hebat, namun ia tak sadar, itulah yang namanya orgasme perempuan.

Apakah kamu termasuk yang sudah paham atau belum? Berikut penjelasan Popmama.com mengenai apa itu orgasme pada perempuan.

Apa Itu Orgasme Perempuan?

Apa Itu Orgasme Perempuan
Unsplash/Vladislav Muslakov

Orgasme adalah perasaan lega yang luar biasa setelah mengalami rangsangan seksual dan memberikan efek bahagia, lemas dan lelah. Orgasme pada perempuan adalah saat merasakan kenikmatan yang memuncak dan mungkin menimbulkan efek samping tersendiri. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda.

Efek samping yang mungkin dirasakan setelah orgasme pada perempuan adalah:

  • Sakit kepala,
  • lemas,
  • kelelahan,
  • halusinasi,
  • pegal,
  • nyeri,
  • mengompol.

Manfaat Orgasme pada Perempuan

Ada beberapa manfaat orgasme pada perempuan yang baik untuk kesehatan. Selain kamu bisa merasakan efek sampingnya, kamu mungkin juga memerhatikan beberapa manfaatnya seperti yang dilansir dari laman Womensdaily berikut ini:

1. Orgasme mampu menghilangkan rasa sakit

1. Orgasme mampu menghilangkan rasa sakit
Pinterest.com/elitedaily

Punya sakit kepala? Mungkin kamu perlu melakukan hubungan seks. Jangan marah-marah saat sakit kepala, kamu perlu relaksasi dan merasakan sensasi orgasme setelah menikmati sebuah rangsangan seksual.

"Ada beberapa bukti bahwa orgasme dapat meredakan semua jenis rasa sakit, termasuk rasa sakit akibat arthritis, rasa sakit setelah operasi dan bahkan rasa sakit saat melahirkan," kata Lisa Stern, RN, MSN, seorang praktisi perawat yang bekerja dengan Planned Parenthood di Los Angeles

"Mekanisme ini sebagian besar karena pelepasan tubuh dari bahan kimia yang disebut oksitosin selama orgasme," katanya.

Oksitosin membuat terjadinya ikatan, relaksasi, dan keadaan emosional positif serupa, sehingga hal tersebut dapat mengurangi sakit yang kita rasakan. Kamu beruntung jika merasakan efek kerja oksitosin dalam tubuh.

Editors' Picks

2. Ada 30% perempuan mengalami kesulitan mencapai orgasme

2. Ada 30% perempuan mengalami kesulitan mencapai orgasme
Freepik

Menurut statistik Planned Parenthood, sebanyak 1 dari 3 wanita mengalami kesulitan mencapai orgasme saat berhubungan seks. Apakah kamu salah satunya?

"Disfungsi seksual perempuan (FSD), yang meliputi ketidakmampuan untuk orgasme, sangat umum, yaitu setinggi 43 persen, menurut beberapa survei, dan telah menjadi topik perdebatan dan penyelidikan medis akhir-akhir ini," menurut penjelasan Lisa.

3. Orgasme lebih menyenangkan setelah kamu bertambah usia dan semakin berpengalaman

3. Orgasme lebih menyenangkan setelah kamu bertambah usia semakin berpengalaman
Unsplash/Kristina Flour

Tentu, ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan ketika menyangkut usia, tetapi kehidupan seks kita mungkin benar-benar meningkat, khususnya kualitas dan frekuensi orgasme, menurut Dr. Herbenick.

Namun ada juga yang berpendapat jika hal itu karena semakin bertambahnya usia maka pengalaman tentang seks pun lebih banyak.

4. Bantu orgasme pada perempuan dengan mencoba banyak hal

4. Bantu orgasme perempuan mencoba banyak hal
Unsplash/Sarah Diniz Outeiro

Jika kesulitan mencapai orgasme selama hubungan seksual, pertimbangkan untuk beralih, kata Dr. Herbenick.

"Secara signifikan lebih mudah bagi perempuan untuk mengalami orgasme ketika mereka terlibat dalam berbagai tindakan seks yang bertentangan dengan hanya satu tindakan," katanya.

"Misalnya, seks vaginal plus seks oral akan dikaitkan dengan kemungkinan orgasme yang lebih tinggi daripada salah satunya saja.

Ini mungkin karena lebih banyak tindakan seks berarti orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berhubungan seks," tambahnya

5. Orgasme dapat terjadi tanpa rangsangan genital dan ini jarang terjadi

5. Orgasme dapat terjadi tanpa rangsangan genital ini jarang terjadi
mensaxis.com

Ternyata tanpa adanya rangsangan genital, tanpa melakukan aktivitas seksual bersama pasangan, seorang perempuan bisa terangsang. Seorang perempuan bisa mencapai puncak dan mengalami orgasme.

Pernahkah mendengar tentang perempuan yang bisa orgasme saat duduk? Pernah ada juga orgasme perempuan terjadi saat dipijat meski bukan di area genitalnya.

"Alasan untuk orgasme spontan selama kegiatan tertentu ada dua, peningkatan aliran darah ke alat kelamin dan getaran atau kontak dengan klitoris. Aliran darah yang meningkat dan relaksasi secara umum dari pijatan juga dapat menyebabkan orgasme." Pungkasnya.

Ada efek relaksasi, lega dan perasaan senang setelah orgasme jenis ini terjadi. Jika kamu pernah mengalami ini, kamu beruntung berarti bisa merasakan orgasme secara spontan.

Itulah 5 manfaat orgasme perempuan yang bisa terjadi pada tubuh kamu. Jika mengalaminya, ikuti saja dan jangan dilawan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!