Lama Berkiprah di Kancah Kuliner, Sisca Soewitomo Gantung Panci

Sempat mengisi program memasak yang legendaris, benarkah Sisca Soewitomo segera pensiun?

5 Agustus 2020

Lama Berkiprah Kancah Kuliner, Sisca Soewitomo Gantung Panci
Instagram.com/sisca.soewitomo

Hampir sebagian Mama Millennial pasti sudah mengenal sosok Sisca Soewitomo. Seorang chef legendaris yang mengisi acara memasak populer tahun 90-an, Aroma.

Tak heran jika perempuan yang akrab dipanggil Bu Sisca ini memiliki keahlian memasak luar biasa. Ia bahkan pernah mendapat beasiswa dari American Institute of Baking di Manhattan, Kansas, Amerika Serikat.

Sepanjang perjalanannya di dunia tata boga, Bu Sisca telah menulis hampir 150 buku resep. Salah satu penghargaan yang pernah diterimanya adalah Ubud Food Festival LIfetime Achievement Award pada tahun 2016.

Lama tak aktif di acara televisi, netizen dikejutkan dengan unggahan terbaru di media sosial miliknya. Bu Sisca mengunggah fotonya sedang menggantung panci yang diiringi caption serupa.

Apakah ia bersiap pensiun? Simak cerita selengkapnya yang telah Popmama.com susun di bawah ini.

Editors' Picks

1. Mengunggah foto menggantung panci di akun Instagram miliknya

1. Mengunggah foto menggantung panci akun Instagram miliknya
Instagram.com/sisca.soewitomo

Netizen bertanya-tanya soal unggahan foto terbaru Bu Sisca, di akun Instagram @sisca.soewitomo miliknya. Pasalnya, dalam foto tersebut tampak Bu Sisca sedang menggantung panci di sebuah dapur yang ditemani buku-buku resep karyanya.

Unggahan tersebut dilengkapi caption yang menyatakan bahwa dirinya telah berkiprah di dunia kuliner selama puluhan tahun dan sudah menciptakan ribuan resep. Kini, mungkin saat yang tepat baginya untuk gantung panci.

Netizen menduga bahwa masa tugas Bu Sisca dari kancah kuliner akan selesai, terkait dengan istilah pensiun bagi para atlet bulu tangkis, yaitu gantung raket.

2. Sebagai chef sekaligus pengisi acara memasak, Aroma di salah satu TV swasta

2. Sebagai chef sekaligus pengisi acara memasak, Aroma salah satu TV swasta
Youtube.com/Emperor Edutainment

Nama Sisca Soewitomo mulai melejit sejak mengisi program memasak di salah satu TV swasta di Indonesia berjudul Aroma. Acara yang menghiasi layar kaca pada akhir pekan sekitar tahun 1996 ini, sudah melekat dengan Bu Siska.

Apalagi masyarakat sudah akrab dengan jargonnya dalam acara tersebut, "Bagaimana, Pemirsa? Mudah bukan membuatnya?". Selain itu, lagu tema acara Aroma pun sudah sangat familier di telinga para penontonnya.

Meski kini sudah tidak terlalu aktif di televisi, tapi Bu Siska sempat beberapa kali menjadi bintang tamu di acara-acara memasak, salah satunya Masterchef Indonesia.

3. Sering mengisi acara bersama anaknya yang juga berkiprah di dunia kuliner, Novia Soewitomo

3. Sering mengisi acara bersama anak juga berkiprah dunia kuliner, Novia Soewitomo
Dok. Jakarta Culinary Festival

Salah satu anak Bu Siska yang mengikuti jejaknya di bidang kuliner adalah Novia Soewitomo.

Awalnya, Novia hanya menemani dan membantu sang Mama saat demo masak. Tapi kini, ia telah percaya diri turut terjun ke dunia kuliner.

Rutinitas memasak yang dilakukan secara terus menerus, membuatnya jatuh cinta pada dunia kuliner. Bahkan, ia kerap kali mengisi acara bersama sang Mama hingga disebut dengan duet maut.

Berkat dedikasi Bu Siska di dunia masak-memasak, ia dijuluki dengan sebutan Ratu Boga Indonesia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.